Huruf Jepang A sampai Z Hiragana

Huruf Jepang A sampai Z Hiragana

Huruf Jepang A sampai Z Hiragana

Apakah Anda tertarik untuk belajar huruf Jepang Hiragana? Jika iya, artikel ini akan memberikan informasi yang berguna untuk Anda. Hiragana adalah salah satu aksara Jepang yang digunakan untuk menulis kata-kata asli Jepang, partikel, dan membaca kanji. Dalam artikel ini, kami akan membahas huruf Jepang A sampai Z Hiragana secara lengkap. Mari kita mulai!

1. Huruf A (あ)

Huruf pertama dalam hiragana adalah A (あ). Huruf ini memiliki bunyi yang mirip dengan huruf A dalam bahasa Indonesia. Contoh kata yang menggunakan huruf A ini adalah あさごはん (asagohan) yang berarti sarapan dalam bahasa Indonesia.

2. Huruf I (い)

Selanjutnya adalah huruf I (い). Huruf ini memiliki bunyi yang mirip dengan huruf I dalam bahasa Indonesia. Contoh kata yang menggunakan huruf I ini adalah いえ (ie) yang berarti rumah dalam bahasa Indonesia.

3. Huruf U (う)

Huruf ketiga adalah U (う). Bunyi huruf ini mirip dengan bunyi huruf U dalam bahasa Indonesia. Contoh kata yang menggunakan huruf U ini adalah うみ (umi) yang berarti laut dalam bahasa Indonesia.

4. Huruf E (え)

Selanjutnya adalah huruf E (え). Bunyi huruf ini mirip dengan bunyi huruf E dalam bahasa Indonesia. Contoh kata yang menggunakan huruf E ini adalah えんぴつ (enpitsu) yang berarti pensil dalam bahasa Indonesia.

5. Huruf O (お)

Huruf terakhir dalam kategori huruf vokal adalah O (お). Bunyi huruf ini mirip dengan bunyi huruf O dalam bahasa Indonesia. Contoh kata yang menggunakan huruf O ini adalah おにぎり (onigiri) yang berarti nasi berbentuk segitiga dalam bahasa Indonesia.

6. Huruf Ka (か)

Selanjutnya, kita akan membahas huruf konsonan. Huruf pertama dalam kategori huruf konsonan adalah Ka (か). Bunyi huruf ini mirip dengan bunyi huruf Ka dalam bahasa Indonesia. Contoh kata yang menggunakan huruf Ka ini adalah かさ (kasa) yang berarti payung dalam bahasa Indonesia.

7. Huruf Ki (き)

Huruf kedua adalah Ki (き). Bunyi huruf ini mirip dengan bunyi huruf Ki dalam bahasa Indonesia. Contoh kata yang menggunakan huruf Ki ini adalah きっさてん (kissaten) yang berarti kafe dalam bahasa Indonesia.

8. Huruf Ku (く)

Huruf selanjutnya adalah Ku (く). Bunyi huruf ini mirip dengan bunyi huruf Ku dalam bahasa Indonesia. Contoh kata yang menggunakan huruf Ku ini adalah くるま (kuruma) yang berarti mobil dalam bahasa Indonesia.

9. Huruf Ke (け)

Selanjutnya adalah huruf Ke (け). Bunyi huruf ini mirip dengan bunyi huruf Ke dalam bahasa Indonesia. Contoh kata yang menggunakan huruf Ke ini adalah けいたいでんわ (keitai denwa) yang berarti telepon genggam dalam bahasa Indonesia.

10. Huruf Ko (こ)

Huruf terakhir dalam kategori huruf konsonan adalah Ko (こ). Bunyi huruf ini mirip dengan bunyi huruf Ko dalam bahasa Indonesia. Contoh kata yang menggunakan huruf Ko ini adalah こども (kodomo) yang berarti anak-anak dalam bahasa Indonesia.

11. Huruf Sa (さ)

Setelah huruf vokal dan huruf konsonan, kita akan membahas huruf kombinasi. Huruf pertama dalam kategori huruf kombinasi adalah Sa (さ). Bunyi huruf ini mirip dengan bunyi huruf Sa dalam bahasa Indonesia. Contoh kata yang menggunakan huruf Sa ini adalah さくらんぼ (sakuranbo) yang berarti ceri dalam bahasa Indonesia.

12. Huruf Shi (し)

Huruf kedua adalah Shi (し). Bunyi huruf ini mirip dengan bunyi huruf Si dalam bahasa Indonesia. Contoh kata yang menggunakan huruf Shi ini adalah しんかんせん (shinkansen) yang berarti kereta cepat dalam bahasa Indonesia.

13. Huruf Su (す)

Selanjutnya adalah huruf Su (す). Bunyi huruf ini mirip dengan bunyi huruf Su dalam bahasa Indonesia. Contoh kata yang menggunakan huruf Su ini adalah すみません (sumimasen) yang berarti maaf dalam bahasa Indonesia.

14. Huruf Se (せ)

Huruf berikutnya adalah Se (せ). Bunyi huruf ini mirip dengan bunyi huruf Se dalam bahasa Indonesia. Contoh kata yang menggunakan huruf Se ini adalah せんせい (sensei) yang berarti guru dalam bahasa Indonesia.

15. Huruf So (そ)

Huruf terakhir dalam kategori huruf kombinasi adalah So (そ). Bunyi huruf ini mirip dengan bunyi huruf So dalam bahasa Indonesia. Contoh kata yang menggunakan huruf So ini adalah そら (sora) yang berarti langit dalam bahasa Indonesia.

16. Huruf Ta (た)

Selanjutnya, kita akan membahas huruf kombinasi lainnya. Huruf pertama dalam kategori ini adalah Ta (た). Bunyi huruf ini mirip dengan bunyi huruf Ta dalam bahasa Indonesia. Contoh kata yang menggunakan huruf Ta ini adalah たまご (tamago) yang berarti telur dalam bahasa Indonesia.

17. Huruf Chi (ち)

Huruf kedua adalah Chi (ち). Bunyi huruf ini mirip dengan bunyi huruf Chi dalam bahasa Indonesia. Contoh kata yang menggunakan huruf Chi ini adalah ちょっと (chotto) yang berarti sedikit dalam bahasa Indonesia.

18. Huruf Tsu (つ)

Selanjutnya adalah huruf Tsu (つ). Bunyi huruf ini mirip dengan bunyi huruf Tsu dalam bahasa Indonesia. Contoh kata yang menggunakan huruf Tsu ini adalah つくえ (tsukue) yang berarti meja dalam bahasa Indonesia.

19. Huruf Te (て)

Huruf berikutnya adalah Te (て). Bunyi huruf ini mirip dengan bunyi huruf Te dalam bahasa Indonesia. Contoh kata yang menggunakan huruf Te ini adalah てがみ (tegami) yang berarti surat dalam bahasa Indonesia.

20. Huruf To (と)

Huruf terakhir dalam kategori huruf kombinasi adalah To (と). Bunyi huruf ini mirip dengan bunyi huruf To dalam bahasa Indonesia. Contoh kata yang menggunakan huruf To ini adalah とうきょう (Tokyo) yang berarti Tokyo dalam bahasa Indonesia.

Itulah 20 huruf Jepang Hiragana dari A sampai Z. Dengan mempelajari huruf-huruf ini, Anda akan dapat membaca dan menulis kata-kata dalam bahasa Jepang dengan lebih baik. Teruslah berlatih dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mempelajari huruf Jepang Hiragana.