Wajah Bebas Jerawat, Begini 6 Cara Mengatasi Wajah Berminyak!

Memiliki kulit wajah berminyak memang seringkali membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Meski produksi minyak alami atau sebum sendiri sejatinya punya manfaat untuk melembabkan kulit. Namun, produksi yang berlebihan justru dapat memicu timbulnya jerawat dan membuat wajah tampak mengkilap. Oleh sebab itu, yuk kenali cara mengatasi wajah berminyak berikut ini!

Mengatasi Kulit Berminyak

1. Rutin Membersihkan Kulit Wajah

Guna menjaga agar produksi sebum terkendali dengan baik, maka kamu perlu rajin membersihkan kulit wajah setiap harinya. Disarankan untuk mencuci wajah maksimal 2 kali dalam sehari, yakni di pagi hari serta malam hari atau bisa juga setelah berolahraga dan ketika wajah terasa sedang berkeringat banyak.

Untuk jenis kulit berminyak sendiri, sabun cuci muka yang baik digunakan adalah dengan kandungan asam salisilat atau benzoil peroksida karena kandungannya tergolong lembut. Dalam hal ini, hindari penggunaan sabun cuci muka yang mengandung alkohol maupun wewangian, karena berisiko menyebabkan kulit iritasi, dan malah membuat kulit jadi lebih banyak memproduksi sebum. Namun penting untuk diingat, cara mengatasi wajah berminyak setelah mencuci muka harus dikeringkan dengan benar dan lembut, karena banyak sekali orang yang mengeringkan wajah dengan cara menggosoknya menggunakan gerakan menarik, bahkan handuk yang digunakan berbahan kasar, padahal ini bisa memicu kulit untuk kembali memproduksi lebih banyak sebum.

2. Mengaplikasikan Toner

Kelebihan minyak dapat menyumbat pori-pori kulit dan membuat timbulnya jerawat. Untuk itu, pengaplikasian toner penting untuk dilakukan. Toner dengan kandungan salicylic acid dan glycolic acid, dapat membantu mengurangi kelebihan minyak dan mengikis kotoran yang menempel di wajah, bahkan kandungan ini juga sekaligus membuat tekstur kulit wajah menjadi lebih baik. Kendati demikian, penggunaan toner juga sebaiknya jangan berlebihan jika tidak ingin membuat wajah menjadi kering, terlebih jika tipe kulit kamu ternyata adalah jenis kombinasi. 

Untuk itu, sebaiknya aplikasikan toner di area T zone atau pada bagian dagu, hidung, dan dahi yang mana produksi minyak biasanya lebih banyak di area ini. Kamu bisa mendapatkan berbagai produk skincare dan perawatan wajah lainnya melalui Ecommerce kecantikan lokal yakni Beauty Haul.

3. Oleskan Pelembab

Cara mengatasi wajah berminyak ternyata tetap membutuhkan pelembab. Hal ini biasanya membuat orang salah kaprah, karena sebagian besar orang mengira bahwa penggunaan pelembab akan membuat kulit tambah berminyak sehingga bisa menimbulkan jerawat. Namun, kulit berminyak pun butuh pelembab agar tetap terhidrasi dan mengurangi dampak penuaan dini. Agar tidak membuat wajah mengkilap, pilihlah pelembab yang berbahan dasar air alih-alih cream. 

Produk yang berlabel oil free juga bisa mencegah pori-pori tersumbat karena banyaknya produksi minyak. Kamu juga bisa memilih produk pelembab berupa gel lidah buaya, karena kandungan gel lidah buaya diyakini baik untuk mengobati jerawat pada kulit wajah berminyak. 

4. Melakukan Eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi secara rutin dapat membantu mengangkat sel sel kulit mati di wajah sehingga penting untuk dilakukan pemilik kulit berminyak, karena sel sel kulit mati ini bisa menyebabkan pori pori tersumbat dan memicu timbulnya jerawat. Apalagi, eksfoliasi juga dapat mengecilkan dan menyamarkan pori pori, sehingga wajah akan lebih sulit terpapar radikal bebas.

Akan tetapi, pastikan kamu tidak melakukan eksfoliasi setiap hari sebagai cara mengatasi wajah berminyak. Karena eksfoliasi kulit ini adalah mengangkat sel sel kulit mati yang ada pada lapisan terluar kulit. Dengan kata lain, kulit kamu bisa bertambah tipis apabila dilakukan terlalu sering. Oleh karena itu, penggunaan produk eksfoliasi juga tidak boleh berlebihan.

5. Rutin Memakai Masker Wajah

Rutin menggunakan masker wajah bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan kulit wajah sehat. Bagi kulit yang berminyak, produk seperti clay mask atau mud mask merupakan produk yang dinilai paling manjur, karena masker ini mengandung mineral seperti bentonite dan smectite, yang bisa mengangkat minyak berlebih pada wajah. Namun, sama halnya dengan eksfoliasi kulit, aplikasi masker wajah seperti clay mask atau mud mask juga tidak boleh setiap hari. 

Sebaiknya gunakan masker seminggu sekali agar wajah terlihat kurang mengkilap tanpa membuatnya iritasi. Lalu jangan lupa untuk mengoleskan pelembab setelahnya, agar kulit wajah tetap terhidrasi dengan baik.

6. Gunakan Kosmetik Khusus Kulit Berminyak

Tidak hanya terkait produk skincare saja, cara mengatasi wajah berminyak juga harus memperhatikan produk kosmetik yang digunakan. Pasalnya untuk para wanita, kosmetik merupakan produk sehari hari yang digunakan ketika beraktivitas di luar rumah. Ternyata pemilihan kosmetik pun tidak boleh sembarangan, dan harus memperhatikan kondisi kulit wajah.

Dalam hal ini, sebaiknya gunakan kosmetik yang water based dan memiliki label oil free agar hasil penggunaannya menjadi matte di wajah. Selain itu, kamu juga bisa mencari berbagai produk kecantikan yang memiliki kandungan L-carnitine, teh hijau, niacinamide, atau ekstrak licorice yang dikenal mampu mengontrol minyak berlebih. Disarankan juga untuk menggunakan skincare untuk kulit berminyak agar kulit bisa kembali normal. 

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kulit wajah berminyak. Di samping itu, kamu juga dapat menerapkan pola hidup sehat dan menjaga pikiran agar terhindar dari stress, sebab makanan yang dikonsumsi hingga stress termasuk sebagai salah satu faktor pemicu jerawat dan membuat kulit memproduksi sebum lebih banyak.



No comments

Post a Comment