Berprestasi dan Berevolusi Bersama Teman Belajar di Ruangguru PET

Melihat apa yang terjadi saat ini, saya betul-betul dibuat kagum oleh perkembangan teknologi. Kemajuan teknologi betul-betul dapat dirasakan di semua sektor, termasuk pendidikan salah satunya. Saya mencoba mengingat-ingat kembali 13 tahun yang lalu, saat saya berusaha mati-matian belajar untuk menghadapi UAN (yes, I'm that old) lalu membandingkannya dengan cara belajar adik-adik saat ini, saya langsung merasa kala itu saya primitif sekali. Kenapa saya bilang primitif? Karena "belajar" yang saya lakukan saat itu rasanya hanya sebuah kewajiban yang harus saya lakukan, suka atau tidak. Dan, tentu saja, saya tidak suka. Setiap mendengar kata "belajar", yang terlintas adalah komat-kamit mengulang teori berkali-kali di dalam kepala sambil memejamkan mata, mengerjakan soal hitungan dengan menuliskan kembali angka-angka yang ada dalam soal tanpa tau harus diapakan, dan ya, yang terlintas adalah SKS, sistem kebut semalam. Tentu saja, kita semua tau betul hukum sistem kebut semalam, materi hanya akan mampir di memori jangka pendek. Bisa ingat sehari dua hari saja sudah untung, tapi ya jika dipahami kembali esensi belajar itu apa, rasanya SKS itu sia-sia, bukan?

Tunggu, sebetulnya poin utama yang ingin saya bahas bukan itu. Bukan tentang cara belajar saya yang saat itu primitif, tapi tentang betapa zaman sudah berubah, dan teknologi adalah salah satu alasan yang paling berpengaruh di sini. Siapa sangka, teknologi bahkan bisa membuat "belajar" menjadi sesuatu yang menyenangkan. Padahal, membuat seorang anak mencintai pelajaran bukanlah hal yang mudah, tapi ternyata Ruangguru dapat mewujudkannya, Ya, Ruangguru. Bagi yang belum familiar dengan namanya, Ruangguru merupakan aplikasi belajar online terbaik di Indonesia. Mereka mengembangkan berbagai layanan berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasinya.

Ruangguru Pet Mission

Dari banyaknya fitur menarik yang ditawarkan Ruangguru, ada satu fitur yang menurut saya sangat menarik dan sudah pasti akan saya gunakan jika saja saya masih seorang pelajar, yaitu fitur PET MISSION. Di dalam Pet Mission, anak-anak dapat memilih teman belajar yang akan menemani mereka dalam tumbuh dan berkembang semakin berprestasi. Pilihannya adalah Modo (Komodo), Harry (Harimau Smatra), dan Candra (Burung Cenderawasih). Ketiga karakter ini diambil dari hewan-hewan langka di Indonesia yang terancam punah,

Teman belajar ini dapat terus berkembang dan berevolusi jika kamu merawatnya. Bukan, bukan dengan diberi makan, tapi dengan menyelesaikan misi-misi yang ada di dalamnya. Semakin sering kamu menyelesaikan misi yang ada, semakin cepat teman belajarmu tumbuh berevolusi. Contohnya seperti di bawah ini, untuk mendapatkan 1 elemen evolusi, kamu harus belajar minimal 15 menit per hari selama 4 hari. 

Ruangguru Pet Mission

Sekilas mungkin terdengar sepele, apa sulitnya sih belajar 15 menit? Tapi hey, bagi yang belum terbiasa menyediakan waktu untuk belajar, 15 menit akan terasa lama dan membosankan. Tapi tenang saja, metode belajar yang disediakan oleh Ruangguru, jauh dari kata membosankan. Guru-guru terbaik tersedia di sana. Cara belajar yang disediakanpun gak monoton dan interaktif, sehingga anak-anak akan terbiasa mengasosiasikan belajar sebagai kegiatan yang menyenangkan, bukan membosankan.

Menurut saya,  fitur Pet Mission ini adalah sebuah inovasi yang cerdik karena ya.. People, especially the young one, loves challenges, apalagi jika dikaitkan dengan fitur-fitur semi game seperti ini. Secara gak langsung juga, fitur ini menunjukkan pada anak-anak, bahwa belajar adalah suatu proses yang berkepanjangan yang merupakan tanggung jawab diri sendiri. Harry, Modo, dan Candra bukan saja menjadi teman belajar anak-anak, tapi juga sebagai visualisasi bahwa butuh usaha yang optimal untuk dapat terus berkembang menjadi lebih baik dan lebih kuat, seperti yang terjadi pada Modo, Harry, dan Candra dalam berevolusi. Dari sini saja kita dapat melihat bahwa Ruangguru dapat membuat anak lebih baik dari segi nilai mapun karakter.

Jadi bagaimana, sudah putuskan siapa yang akan menjadi teman belajarmu?

No comments

Post a Comment