Mau Bisnis Setelah Lebaran? Peluang Usaha Kue Bisa Jadi Pilihan Terbaik!

Gak kerasa lebaran tahun ini sudah terlewat. Selesainya Bulan Ramadhan dan lebaran ini juga berdampak pada pelaku bisnis yang menjalankan bisnis musiman saja, contohnya penjual takjil, penjual parcel, dan penjual fashion baju-baju lebaran. Lalu, bagaimana dengan usaha kue? Apakah masih tetap menjanjikan setelah lebaran usai?


Jawabannya? Ya.. Tentu saja tetap menjanjikan, karena memang bisnis yang satu ini prospek atau peluangnya sangat bagus. Ada alasan mengapa berjualan kue bisa menjadi bisnis dengan prospek bagus. Kue merupakan makanan ringan yang juga kerap kali dijadikan sebagai makanan penutup atau dessert, atau bisa juga dijadikan teman untuk ngeteh di sore hari. Jadi gak heran kalau seandainya banyak orang yang tetap gemar untuk membelinya.

Kalau kamu masih bingung jenis kue apa yang akan kamu bisniskan, berikut ini adalah beberapa varian ide bisnis kue yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk dijual, yaitu:
 
1. Aneka kue basah atau jajanan pasar

Siapa bilang jajanan pasar sudah ketinggalan zaman? Nyatanya ada banyak sekali diantaranya masyarakat yang tetap menggemari menu makanan yang satu ini (termasuk saya!). Apalagi, sekarang juga sudah banyak jajanan pasar yang dimodifikasi dengan rasa-rasa yang lebih modern, misalnya surabi dengan topping  coklat bubuk, sehingga tak kalah jika dibandingkan dengan makanan kekinian.

2. Kue kering

Jika tidak ingin ambil resiko karena kue atau jajanan basah mudah rusak, maka gak ada salahnya buat kamu mencoba bisnis kue kering, karena jenis kue yang satu ini bisa tahan lebih lama untuk disimpan. Pemasarannya juga lebih luas karena bisa dijual secara online juga. Saya sendiri termasuk penggemar kue kering. Sejujurnya, saya termasuk yang sering nyetok kue kering di rumah (buatan kakak ipar), untuk teman nyemil saya kalau lagi baca buku.

3. Kue Zaman Now

Sekarang ini juga tengah musimnya usaha kue kekinian, dimana bukan cuma rasa saja yang ditonjolkan, melainkan juga dari segi tampilannya (atau kalau kata Chef Juna "presentasinya") lebih instagramable, enak untuk dilihat dan juga di foto. Umumnya makanan semacam ini sangat disukai oleh anak muda, contohnya saya yang baru menginjak 20 tahun ini. (dilarang protes!). Kenapa kue-kue kekinian bisa mudah menarik anak muda? Karena yaa namanya anak muda, suka benget mencoba hal-hal yang baru. Mencoba kue yang belum pernah dicoba sebelumnya kan termasuk sebuah pengalaman baru.

4. Cake

Menjual aneka macam cake juga bisa dijadikan sebagai pilihan, apalagi untuk kamu yang memiliki keahlian dekorasi kue, maka ini sangat menjanjikan untuk dicoba. Kamu bisa terima pesanan kue ulang tahun dalam berbagai model atau tampilan. Saya pernah liat cake yang tampilannya karakter-karakter Marvel, unik banget! Kalau di ulang tahun saya yang ke 20 nanti, saya juga mau nih dikasih cake dengan tema karakter-karakter Princess Disney!
 
Kalau sudah terlintas ide bisnisnya, kamu tinggal memikirkan bahan-bahan yang harus disiapkan dalam membuat kuemu. Gak perlu bingung, belanja beragam jenis bahan baku di toko bahan kue terdekat saja mulai dari tepung terigu, gula, susu, sampai dengan mentega lebih mudah di TokoWahab. Selamat berbisnis!

No comments

Post a comment