REVIEW : Maybelline Super Stay Matte Ink, 6 Warna Favorit Ini Bakal Bikin Bibirmu Jatuh Cinta!

by - December 20, 2019

Berapa banyak produk lippen yang kamu punya di pouch? di meja rias? di tas kerja? Coba hitung. Pasti jumlahnya bikin kamu sedikit kaget dan berpikir bisa-bisanya punya produk sebanyak itu, dan masih saja merasa gak cukup puas dengan koleksi yang udah bejibun itu, iya kan? Wajar saja. Apalagi sekarang makin banyak brand baru yang mengeluarkan produk lippen, bikin kita makin bingung untuk milih.

Koleksi lippen orang beda-beda. Ada yang ngoleksi karena warnanya, ada yang ngoleksi karena brandnya, ada yang ngoleksi karena formulanya, ada juga yang koleksinya random, gak sadar cuma bikin meja rias makin "meriah" aja. Saya termasuk kelompok ketiga, yang memilih untuk mengoleksi lippen karena formulanya. Meskipun warnanya adalah warna kesukaan saya, kalau formulanya gak oke,  saya gak tertarik.

Sejauh ini, koleksi lip cream menduduki peringkat 1 sebagai produk lippen terbanyak dalam koleksi saya. Formulanya yang gak mudah hilang seperti lipstick pada umumnya, membuat saya nyaman untuk menggunakannya seharian. Tapi, sejago-jagonya lip cream andalan saya, paling lama tahan setengah hari. Kalau mau tahan seharian, ya gak makan dan minum sama sekali. Tapi, ya masa?

Sampai pada akhirnya, lagi-lagi, saya diracun oleh sahabat saya si Markonah alias Ken Paramitha Aryana (ya, silahkan google orang aneh ini), yang selama seharian jalan sama saya, bibirnya tetap fresh tanpa touch up.  Padahal, seharian itu, kami kerjanya makan mulu, dan bukan makan makanan cantik ala restoran, sebutlah cimin, seblak, baso aci, ya.. makanan-makanan penuh 'gizi' itu loh. Belum sempat nanya produk lippen apa yang dia pakai, seperti biasa, doi selalu lebih dulu menyombongkan bibirnya. "Liat dong bibir gue tetep on kan, keren kan?". Saya bilang "nggak, biasa aja", biar dia gak gede kepala. Padahal dalam hati saya penasaran juga. Seperti bisa membaca hati saya, doi langsung mengeluarkan produk lippen yang dia pakai saat itu. Maybelline Super Stay Matte Ink dengan shade 210 Versatile.


REVIEW Maybelline Super Stay Matte Ink

Maybelline Super Stay Matte Ink ini memang sedang jadi "bintang" di dunia per-lippen-an. Bukan saja karena staying powernya yang oke, karena bisa tahan 16 jam, tapi juga warna yang ditawarkanpun banyak dan cantik-cantik. Sempat bingung untuk pilih warnanya, tapi akhirnya saya nemuin 6 warna terbaik yang seringkali jadi favorit banyak orang. Mau tau apa aja?
Tunggu dulu.
Seperti biasa, saya akan review satu-satu, supaya kalian juga enak bacanya.

KEMASAN

Sebelum saya bicara lebih jauh mengenai kualitas produk ini, saya akan sedikit mengulas tentang kemasannya. Berbentuk kotak yang kokoh dengan warna yang menunjukkan shade produk tersebut, memudahkan kita untuk mengambil produknya tanpa melihat nama shade di bagian bawahnya.

REVIEW Maybelline Super Stay Matte Ink

Gak ada komentar apapun untuk kemasannya, selain aplikatornya yang menjadi favorit banyak orang. Saya gak tau ide darimana, tapi bentuk aplikator seperti ini enak banget dipakai. Beda dengan lip cream lain, aplikator ini lebih lembut, lalu bentuknya yang lancip dan pipih memudahkan saya untuk mengaplikasikan produk di bibir saya yang tipis ini. Jadi gak bleberan keluar garis bibir seperti yang seringkali terjadi.

KANDUNGAN

Kalau biasanya kebanyakan produk lippen menulis kandungan-kandungannya di plastik yang membungkus produknya sehingga seringkali terbuang dan kita gak bisa ngecek lagi, kandungan Maybelline Super Stay Matte Ink ini ditulis pada stiker yang menempel langsung di kemasannya. Adapun kandungan dari produk ini adalah :

Dimethicone, Trimethylsiloxysilicate, Isododecane, Nylon-611 (Dimethicone Copolymer), Dimethicone Crosspolymer, C30-45 Alkyldimethylsilyl Polypropylsilsesquioxane, Lauroyl Lysine, Alumina, Silica Silylate, Disodium Stearoyl Glutamate, Phenoxyethanol, Caprylyl Glycol, Limonene, Aluminum Hydroxide, Paraffin, Benzyl Benzoate, Benzyl Alcohol, Citronellol, Parfum/​Fragrance

CARA PAKAI

Sebetulnya, cara pakai itu kan gimana orangnya ya. Bebas bebas aja. Cuma menurut pengalaman saya, cara terbaik menggunakan produk ini adalah dengan menggunakan lip balm terlebih dahulu, lalu blot dengan tissue, baru ditimpa dengan Maybelline Super Stay Matte Ink. Dengan begitu, produk ini akan tahan lama di bibir tanpa membuat bibir menjadi kering.

PILIHAN WARNA

Nah, bagian ini pasti yang ditunggu-tunggu. Dari 24 warna yang super cantik ini, berat rasanya kalau harus milih warna-warna favorit. Inginnya sih koleksi semua warnanya. Tapi, saya juga paham kalau kita masih banyak cicilan lain, belum buat makan, buat SPP anak, buat arisan, ina inu, mau gak mau terpaksa pilih hanya beberapa di antaranya, ya khaaan? Di bawah ini ada 6 warna favorit yang bisa jadi referensi kalau kamu bingung pilih warna.

REVIEW Maybelline Super Stay Matte Ink
REVIEW Maybelline Super Stay Matte Ink

MAYBELLINE SUPER STAY MATTE INK NO 80 RULER

REVIEW Maybelline Super Stay Matte Ink 80 Ruler
REVIEW Maybelline Super Stay Matte Ink 80 Ruler

Maybelline Super Stay Matte Ink 80 Ruler ini punya warna mauve, merah dengan hint pink ini bisa jadi pilihan buat kamu yang suka warna bold, tapi gak mau kelihatan menor. Dalam satu kali oles saja, warnanya mampu menutupi bibir dengan sempurna, bahkan garis bibir hitam sayapun langsung tertutup. Warnanya masih termasuk warm tone sehingga cocok untuk dipakai segala jenis kulit, dari mulai kulit putih, kuning langsat, sawo matang, sampai tan.

MAYBELLINE SUPER STAY MATTE INK NO 115 FOUNDER

REVIEW Maybelline Super Stay Matte Ink 115 Founder
REVIEW Maybelline Super Stay Matte Ink 115 Founder

Maybelline Super Stay Matte Ink 115 Founder ini punya warna yang biasa disebut warna wine. Merah keunguan, yang cocok banget dipakai di acara glam. Untuk sehari-hari, buat saya ini bukan jadi warna favorit. Tapi kalau untuk di acara-acara khusus, terutama di malam hari, I will definetely choose this one.

MAYBELLINE SUPER STAY MATTE INK NO 125 INSPIRER

REVIEW Maybelline Super Stay Matte Ink 125 Inspirer
REVIEW Maybelline Super Stay Matte Ink 125 Inspirer

Maybelline Super Stay Matte Ink 125 Inspirer ini sering saya bilang warna barbie, warna cantik. Meskipun warna pink, pinknya masih termasuk warm tone, bukan pink moronyoy yang bikin kulit muka jadi abu-abu (pasti kalian yang punya kulit sawo matang seperti saya paham maksudnya).

MAYBELLINE SUPER STAY MATTE INK NO 205 ASSERTIVE

REVIEW Maybelline Super Stay Matte Ink 205 Assertive
REVIEW Maybelline Super Stay Matte Ink 205 Assertive

Maybelline Super Stay Matte Ink 205 Assertive ini awalnya saya pikir warna orange. Tapi setelah diperhatikan lebih jelas, masih ada hint coklat di dalamnya, seperti merah bata, jadi masih cocok untuk dipakai sehari-hari. Kalau sekilas dilihat warnanya seperti menyala, tapi tunggu hingga produknya menyerap di bibir, warnanya malah jadi bibir terlihat cantik natural.

MAYBELLINE SUPER STAY MATTE INK NO 210 VERSATILE

REVIEW Maybelline Super Stay Matte Ink 210 Versatile
REVIEW Maybelline Super Stay Matte Ink 210 Versatile

Maybelline Super Stay Matte Ink 210 Versatile ini adalah produk yang bikin saya jatuh cinta pada pandangan pertama. Tipe warna kesukaan saya (dan saya yakin jadi favorit kebanyakan orang juga). Warnanya peachy warm tone, cantik dan kalem, bisa banget untuk dipakai sehari-hari. Kalau saya bilang, ini adalah on the go lippen saya, karena pasti akan cocok dipakai dalam situasi apapun.

MAYBELLINE SUPER STAY MATTE INK NO 225 DELICATE

REVIEW Maybelline Super Stay Matte Ink 225 Delicate
REVIEW Maybelline Super Stay Matte Ink 225 Delicate

Maybelline Super Stay Matte Ink 225 Delicate ini juga saya pastikan akan jadi favorit banyak orang. Warnanya secantik itu! Sepakat kan? Pertama saya pikir agak mirip dengan Versatile, tapi ternyata delicate ini warna mauve yang lebih kalem. Sama seperti yang lainnya, dalam 1 kali oles, produknya langsung menutup warna bibir dengan sempurna.

HASIL PEMAKAIAN

Pertama kali yang saya rasakan saat menggunakan produk ini adalah tekstur dan konsistensinya. Teksturnya creamy, tapi sangat mudah diaplikasikan, "ngegeleser" gitu loh, gak menggumpal apalagi dibantu dengan aplikator yang benar-benar enak dipakai. Banyak yang bilang kalau pemakaian Maybelline Super Stay Matte Ink ini agak sedikit tricky. Memang ada sedikit rasa lengket dan gak nyaman saat mengatupkan kedua bibir di awal pemakaian. Akan tetapi, rasa lengket itu akan hilang seiring dengan keringnya produk.

REVIEW Maybelline Super Stay Matte Ink

Setelah beberapa lama menggunakan produk ini, Maybelline Super Stay Matte Ink ini memang punya kelebihan di daya tahannya yang mampu bertahan selama 16 jam. Untuk definisi produknya sendiri, saya rasa Maybelline menggunakan kata "ink" pun mengacu pada daya tahan tinta yang memang tahan lama dan sulit hilang. Seperti yang saya bilang sebelumnya tentang pengalaman teman saya yang bibirnya tetap on setelah makan berbagai macam jajanan, Maybelline Super Stay Matte Ink adalah produk yang sejauh ini punya daya tahan yang super keren. Tahan air, tahan gesekan, cukup tahan minyak. Kenapa saya hanya bilang cukup tahan minyak? Karena memang ada produk yang terambil saat saya makan gorengan, tapi itupun hanya sedikit dan gak begitu saja bikin produk di bibir jadi hilang atau bikin jadi belepotan.

Di sini saya coba uji ketahananan Maybelline Super Stay Matte Ink, untuk membuktikan staying power produk ini. Apa betul sebagus itu?

REVIEW Maybelline Super Stay Matte Ink

Saya mencoba ketahanan produk ini dengan minum teh dan memblotnya dengan tissue. Hasilnya, gak ada cap bibir saya di gelas, seperti yang biasanya terjadi, hanya titik-titik samar dari produk ini. Lalu setelahnya, saya blot dengan tissue, produk yang ter-transfer hanya sedikit, seperti yang terlihat di foto. Saya jamin kalian juga akan takjub dengan ketahanan produk ini. Oh iya, dengan catatan produknya sudah kering di bibir ya, kalau masih basah ya pasti dia akan transfer dengan  mudah.

Ada hal lain yang juga bikin saya takjub saat menggunakan Maybelline Super Stay Matte Ink. Kalau biasanya saya hanya mengandalkan Micellar Water untuk menghapus seluruh make up di wajah saya, dan biasanya semuanya terangkat dengan mudah. Menghapus Maybelline Super Stay Matte Ink ini gak akan hilang jika hanya dibersihkan dengan Micellar Water. Saya coba usap pakai Micellar Water, dari mulai usapan halus sampai gosokkan kasar, produk ini benar-benar gak keangkat. Akhirnya saya pakai lip&eye make up remover, yang memang mengandung minyak, barulah produknya dapat terangkat dalam beberapa kali usap. Memang ya, namanya juga "tinta yang tahan lama", butuh usaha lebih untuk menghapusnya.

REVIEW Maybelline Super Stay Matte Ink

Untuk warnanya, saya masih bingung untuk memutuskan warna favorit saya, karena semua warnanya cantik banget. Tapi, akhirnya saya putuskan berdasarkan warna yang sepertinya akan sering saya pakai, yaitu 125 Inspirer, 210 Versatile, dan 225 Delicate. Boleh kan ya pilih 3 warna sekaligus? Dari pilihan warna, ketahuan banget ya kalau saya anaknya cari aman. :D

KESIMPULAN

+ Pilihan warna banyak dan cantik cantik
+ Staying power terbukti oke
+ Tekstur creamy pas, gak menggumpal
+ Mudah ditemukan (offline/online)
+ Transferproof, waterproof
+ Hanya 1x oles sudah dapet mengcover bibir dengan sempurna
+ Aplikatornya oke
- Ada sensasi lengket pada saat awal digunakan
- Bibir terasa sedikit kering apabila penggunaan tidak diawali dengan penggunaan lip balm

Nah, setelah baca ulasan di atas, udah kebayang mau beli shade apa? Atau jangan-jangan, kalian udah koleksi produk ini juga? Kalau iya, let me know dong, warna favorit kalian apa.
Dan bagi kalian yang mau re-stock koleksi kalian atau malah baru pengen beli, langsung aja di beli di Shopee, Lazada, Sociolla, AyuBeautyHouse maupun offline store Maybelline dengan harga Rp 115.000 saja untuk ketahanan 16 jam di bibirmu!

You May Also Like

22 comments

  1. Maybelline Superstay Matte Ink ini juga jagoanku banget kalo lagi butuh lipstik yang tahan banting dan ga gampang pudar :D Punyaku yang 135 Globetrotter, bikin muka kelihatan fresh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Kalau acara seharian kan paling males kl bolak balik touch up ya

      Delete
  2. semua shadenya cakep ya teh wearable makin cakep deh looknya hehe

    ReplyDelete
  3. Pernah cobain punya temen dan emg bagus banget...drdl pengen beli tapi belum kesampean

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo. Minimal punya 1 nih lip cream andalan sepanjang hariu

      Delete
  4. Aku pernah pake lip matte ini, emang beneran super matte ya beb. Cuma sayangnya kurang cocok di bibir aku karena bikin kering, mungkin aku terlalu pilih shade terlalu muda, karena tiap shade kan kandungannya beda-beda ya huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya. Kadang emang gitu si. Kalau yg 6 ini hamdallah cocok smua di aku formulanya

      Delete
  5. Aku juga pake lipbalm dulu kalo mau pake si superstay..soalnya emang nampol banget kadang pas bersihinnya kulit bibir ikut kebawa haha

    ReplyDelete
  6. Bagusss...😍 aku lom pernah nyoba sih tapi liat review teh anis jadi mupeng 😄😄

    ReplyDelete
  7. Cakep banget ih warna-warnanya, maybeline makin top nih sekarang

    ReplyDelete
  8. Nis, ini warna-warnanya cakep semua deh. Aplikatornya beneran unik dan keliatan enakeun. Dipakai sama kamu jadi bagus gitu. Gatau deh kalau di aku. Hahaha.

    ReplyDelete
  9. Yaampun ini warnanya cantik dan wearable semuaa jadi mupeng aku tuh hihi

    ReplyDelete
  10. warna-warnanya Maybelline super stay matte ink ini kok pada cakep-cakep semua sih teh Nisaaaaa. Aku jadi tau habis ini mau beli yg mana, 115 founder!

    ReplyDelete
  11. aku juga punya maybelline ini yg no. 55 sama yg 225 biasanya ku pake ombre emg gak perlu touchup lg stay bgt

    ReplyDelete
  12. Cocok banget nih buat orang males touch up kayak aku. Tahan 16 jam, tetep cakep seharian.

    ReplyDelete
  13. Aku sukaaaaa! Apalagi yg amazonian beuhh udh deh itu ride or die bgt wkwk

    ReplyDelete
  14. harganya lumayan,cuman sebanding dengan kualitas jadi tertarik untuk coba

    ReplyDelete
  15. Beruntung aku lihat swatch nya dulu di sini. Yang warna versatile ang bagus banget ya, pantes banyak yang suka.

    ReplyDelete
  16. lipen paporit udah punya warna versatile dan amazonian.. makan yg berminyak2 aman banget.

    ReplyDelete