Tips Wisata Akhir Pekan Mengasyikkan di Batam

by - September 16, 2019


Gak kerasa kita udah masuk ke Bulan September, ya. Bulan-bulan berakhiran “ber” selalu menjadi alarm bagi saya bahwa waktu liburan akan segera datang (padahal sih Desember masih jauh juga ya). Tapi, sebetulnya, merencanakan liburan gak perlu menunggu masa liburan panjang. Jika kamu hanya punya akhir pekan untuk liburan, gak masalah! Tren liburan masa kini adalah menghabiskan waktu semaksimal mungkin dalam periode jalan-jalan yang singkat. Justru, saya sendiri malah menghindari peak season saat merencanakan waktu liburan, menghindari suasana yang terlalu ramai. Namanya liburan, apalagi dengan orang-orang terdekat, enaknya justru mencari suasana yang berbeda dari hari-hari biasa. Ya gak?

Bahagianya tinggal di Indonesia, kita memiliki beraneka ragam destinasi wisata yang super keren, yang terkadang sering kita lewatkan, salah satunya Batam. Kebanyakan dari kita lupa, bahwa  Batam memiliki beraneka macam tempat wisata yang gak kalah menarik dengan kota pariwisata lain yang sering kita kunjungi. Bukan apa-apa, kebanyakan dari kita kurang mendapatkan informasi dan referensi mengenai wisata di Batam. Padahal, kalau kalian tau, begitu banyak tempat yang bisa kita datangi selama kita ada di sana, bahkan jika kamu hanya memiliki 3 hari untuk berlibur di sana.

Jika kamu pergi ke Batam pada Jumat malam, misalnya, kamu punya waktu sepanjang Sabtu dan Minggu pagi sebelum pulang. Pastikan kamu sudah memesan hotel di Batam agar bisa beristirahat nyaman setelah jalan-jalan. Lalu apa saja yang bisa dilakukan di sana dalam waktu yang singkat ini? Tenang.. Berikut contoh kegiatan menyenangkan selama akhir pekan di Batam yang bisa jadi referensimu.

Hari Sabtu: Jembatan Barelang dan Pulau Mubut Darat

Jembatan Barelang adalah ikon arsitektur di Batam yang wajib kamu lihat selama berada di sini. Jaraknya sekitar 30 menit berkendara dari Bandara Internasional Hang Nadim. Kamu sebaiknya menyewa mobil untuk menuju ke sini. Jembatan Barelang sebenarnya terdiri dari enam jembatan, tetapi kamu bisa saja menjelajahi beberapa jembatan untuk berfoto.

Tips Wisata Akhir Pekan Mengasyikkan di Batam
(Sumber: bintantravel.net)

Dari Jembatan Barelang, kamu bisa langsung menuju Ex-Camp Vietnam (dekat dengan jembatan kelima). Situs sejarah ini dulunya adalah lokasi hunian kaum pengungsi dari Vietnam. Tempat ini dulu didirikan dengan kerja sama Indonesia dan PBB untuk menampung pengungsi yang tiba pada akhir tahun 1970-an. Kamu bisa melihat replika klinik, toko, gereja, wihara, kuil, penjara, dan pos polisi. Biaya masuknya hanya Rp10.000.

Manfaatkan hari pertamamu di Batam untuk menikmati keindahan pulau kecil. Pergilah ke Dermaga Sembulang dan gunakan kapal sewaan untuk menuju ke Pulau Mubut Darat. Tarif perahunya hanya Rp50.000 untuk perjalanan pergi dan pulang. Kamu bisa bermain di pantai, menyewa tempat tidur gantung, berenang, dan tentunya selfie. Sebelum pergi, jangan lupa mencicipi hidangan laut di warung pulau tersebut.
 
Hari Minggu: Batam Center, Nongsa, dan Nagoya


Batam Center dekat dengan beberapa tempat wisata ikonik. Kamu bisa ke Ocarina Park, taman bermain tepi pantai seluas 40 hektar. Di sini, kamu bisa menjajal beberapa permainan seperti bianglala, Spin Tower (semacam komedi putar), 360 Madness (semacam ayunan yang berputar 360 derajat), trampolin, dan Sky Runner (semacam egrang dengan pegas). Ada juga wahana kolam Waterpark Ocarina, lengkap dengan perosotan, air mancur, dan kolam dangkal untuk anak-anak.

Tips Wisata Akhir Pekan Mengasyikkan di Batam
(Sumber: batam.go.id)
Setelah puas bermain, kamu bisa berkendara ke Pantai Nongsa, yang jaraknya sekitar 30 menit dengan mobil. Pantai ini adalah tempat populer untuk snorkeling, berenang, atau melihat kegiatan di kampung nelayan tradisional. Kamu juga bisa menyewa perahu untuk melihat keindahan Pulau Putri, yang letaknya tidak jauh dari bibir pantai. Biaya masuk ke Nongsa adalah Rp10.000.

Tutup perjalananmu dengan mengunjungi kawasan Nagoya. Area bisnis dan dagang ini memiliki banyak toko yang menjual produk-produk murah, seperti tas, sepatu, pakaian, jajanan impor, hingga barang elektronik. Kamu bisa belanja barang impor dengan harga murah karena barang-barang di sini bebas bea. Area ini juga memiliki banyak tempat makan, sehingga kamu tidak perlu khawatir kelaparan

Solusi Menginap Akhir Pekan di Batam

Booking hotel online dengan mudah menggunakan aplikasi Airy Rooms. Kamu bisa menyewa kamar kelas homestay, hotel bintang 3, atau kamar mewah. Harganya relatif murah dan tanpa biaya tersembunyi, cocok untuk menghemat uang saat kamu hanya ingin berlibur sebentar.

 Tips Wisata Akhir Pekan Mengasyikkan di Batam

Kamar Airy Rooms juga memastikan kenyamananmu selama berlibur akhir pekan. Setiap kamar memiliki fasilitas standar seperti Wi-Fi, AC, pancuran air panas, dan TV layar datar. Perlengkapan mandi dan air mineral dalam botol juga tersedia untuk kenyamananmu. Menyewa kamar lewat aplikasi Airy adalah solusi mudah dan murah untuk jalan-jalan singkat di Batam.

Nah, itu adalah referensi itinerary yang bisa kamu pakai untuk liburan singkatmu di Batam. Jadi, kamu gak perlu khawatir kalau jatah cutimu habis sedangkan kepalamu sudah mumet dan gak tahan ingin pergi berlibur. Dengan waktu yang singkatpun, kamu bisa menikmati aneka wisata yang mengasyikkan, yang bisa mengembalikan semangatmu lagi! Yeay! Happy holiday!

You May Also Like

0 comments