REVIEW : Some By Mi Truecica Mineral 100 Calming Sunscream, Sunscreen Untuk Kulit Sensitif

by - September 17, 2019

Sebagai seorang beauty blogger, saya ingin membuat pengakuan dosa selama hamil, bahwa saya melewatkan step terpenting dalam rutinitas skincare selama hampir 4 bulan lamanya. Kira-kira step terpenting dalam rutinitas skincare itu apa coba? Ya, suncreen atau sunblock!

Maafkan saya ya kulit, telah mengabaikan bahayanya sinar matahari. Bukannya kenapa-kenapa, tapi memasuki trimester kedua, kulit wajah saya menjadi lebih sensitif. Gak ada satupun skincare terutama sunscreen yang cocok dengan kulit saya. Saya juga terlalu parno untuk mencoba produk-produk baru yang belum pernah saya coba sebelumnya. Alhasil, kulit wajah saya jadi super kusam dan gelap selama hamil. Tapi, di penghujung trimester 3 ini, akhirnya saya menemukan sunscreen rekomendasi sahabat saya, yang katanya jadi favorit orang-orang yang punya kulit sensitif karena produk ini gak mengandung 20 jenis bahan berbahaya yang biasanya ada di produk lain. Udah mulai penasaran produk apa? Ini dia, Some By Mi Truecica Mineral 100 Calming Suncream.

Review Some by Mi Truecica Mineral 100 Calming Sunscreen

Brand Korea ini sudah sering saya dengar. Orang-orang heboh tentang betapa ajaibnya brand ini, terutama produk Miracle Tonernya yang mengandung AHA BHA PHA. Justru untuk produk suncream ini belum pernah saya dengar sebelumnya. Makanya, saya berusaha meracuni kalian, siapa tau kalian yang baca sama seperti saya, punya kulit sensitif dan sulit untuk cocok dengan kandungan sunscreen.

KEMASAN

 Review Some by Mi Truecica Mineral 100 Calming Sunscreen

Kemasannya gak istimewa. Design kemasannya hijau, sama seperti kebanyakan produk Some By Mi. Dikemas dalam tube yang berukuran lebar, menurut saya kemasannya terlalu besar. Kenapa? Karena sebetulnya produknya gak mengisi penuh tubenya. Banyak juga konsumen yang mengeluhkan soal ini, disangka produknya sudah pernah dipakai, karena saat beli terlihat gak penuh. Jadi saya pikir, kenapa mereka gak pakai kemasan yang lebih kecil, yang sesuai dengan isi produknya. Tapi, saya yakin, mereka punya alasan khusus untuk itu.

Review Some by Mi Truecica Mineral 100 Calming Sunscreen 

Di samping itu, saya suka dengan kemasan boxnya yang menyertakan segel hologram Some By Mi. Meskipun terkesan bukan hal penting, tapi menurut saya ini sedikit membantu meyakinkan kita saat belanja online.

KLAIM

Review Some by Mi Truecica Mineral 100 Calming Sunscreen

Sejujurnya, jika mengandalkan kemampuan saya, saya gak akan paham sama sekali fungsi dari produk ini, karena semua informasi ditulis dalam Bahasa Korea, Tapi, terima kasih U Dictionary yang mempermudah pekerjaan saya ini. Jadi, di sini saya akan menerjemahkan secara singkat, informasi yang dituliskan di bagian kemasan produk ini.
    • Tabir surya yang melindungi kulit yang sensitif dari sinar UV dan polusi lingkungan yang berbahaya
    • UVA, UVB menghalangi sinar UV, serta kandungan Truecica yang alami membuat kulit menjadi sehat
    Kegunaan : Melindungi kulit dari sinar UV. (SPF 50 dan PA++++) membantu mencerahkan kulit wajah. Membantu mengurangi garis halus pada kulit.

    Perhatian : Apabila timbul gejala yang tidak normal setelah penggunaan, seperti kemerahan, bengkak, atau rasa gatal, segera hubungi dokter.

    KANDUNGAN

    Water, Cetyl Ethylhexanoate, Butylene Glycol, Glycerin, Dipropylene Glycol, Zinc Oxide, Silica, 1,2-Hexanediol, Niacinamide, Polyglyceryl-3 Methylglucose Distearate, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Water, Titanium Dioxide(CI 77891), Sodium Polyacryloyldimethyl Taurate, Cetearyl Olivate, Sorbitan Olivate, Stearic Acid, Citrus Aurantium Dulcis (Orange) Peel Oil, Lauroyl Lysine, Disodium EDTA, Acrylates/C10-30 lkyl Acrylate Crosspolymer, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil, Adenosine, Centella Asiatica Extract, Artemisia Vulgaris Extract, Caprylyl Glycol, Madecassoside, Asiaticoside, Asiatic Acid, Madecassic Acid

    CARA PAKAI

    Gunakan di akhir rangkaian skincare, ambil produk dengan jumlah cukup. Gunakan pada wajah dan leher. 

    TEKSTUR, AROMA, DAN WARNA

    Tekstur dari suncream ini adalah cream yang gak terlalu kental. Mudah diratakan dan juga cepat menyerap. Aromanya lembut, gak terlalu menyengat, mirip-mirip dengan aroma day creamnya Sukin. Buat saya, wangi seperti ini gak terlalu ganggu, jadi gak ada masalah sama sekali. Untuk warnanya, warnanya putih seperti sunblock kebanyakan. 

    HASIL PEMAKAIAN

    Jadi ceritanya, awalnya saya gak ada pikiran untuk mencoba produk baru di masa kehamilan ini. Tapi karena sudah terlalu lama saya skip sunscreen, saya merasa berdosa karena sudah membiarkan kulit ini dijahatin sinar UV. Akhirnya, saya minta rekomendasi ke sahabat saya (yang juga beauty enthusiast) kalau saya lagi cari sunscreen untuk kulit sensitif yang gak mengandung paraben, fragrance, dan bahan-bahan yang biasanya memang saya hindari selama ini, terutama saat saya hamil. Akhirnya, sahabat saya bilang kalau Some By Mi Truecica Mineral 100 Calming Suncream ini lagi jadi favorit banyak orang, termasuk orang-orang dengan kulit sensitif dan acne prone, yang biasanya memang sulit cocok dengan produk sunscreen. Atas dasar itulah, saya tertarik untuk mencoba suncream keluaran Korea ini.

    Pertama kali saya coba produk ini, saya langsung notice aromanya yang mirip dengan aroma day creamnya Sukin. Seperti yang pernah saya ceritakan sebelumnya, bahwa Sukin adalah brand skincare dengan aroma yang masih bisa saya toleransi, karena memang aromanya gak mengganggu dan gak menyengat juga. 

    Waktu saya baca kandungannya, suncream ini mengandung beberapa bahan physical sunscreen, sunscreen yang memang lebih ditujukan untuk kulit berjerawat dan sensitif. Tapi ya, seperti yang kita tau, kelemahan dari physical sunscreen adalah efek whitecast yang bikin kulit menjadi putih. Tapi buat saya gak masalah, whitecast masih bisa ditutup oleh makeup yang benar.

    Suncream ini, meskipun berbentuk cream, tapi bukan cream padat. Bahkan bisa dibilang teksturnya menyerupai gel. Sekali diaplikasikan di wajah, sangat mudah diratakan dan juga mudah menyerap. Gak sampai 10 detik, produknya terserap di kulit dengan sempurna. Biasanya, kebanyakan sunscreen bikin wajah lengket dan kusam, tapi nggak dengan suncream ini. Saat dipegang, gak ada sama sekali sensasi lengket, justru kulit terasa lebih halus. Efek whitecastnya gak begitu ketara. Memang sih, suncream ini bikin kulit setingkat lebih terang, tapi bukan jadi putih, buat saya malah terlihat seperti menggunakan tone up cream. 

    Review Some by Mi Truecica Mineral 100 Calming Sunscreen

    Review Some by Mi Truecica Mineral 100 Calming Sunscreen
     
    Hal lain yang saya rasakan setelah menggunakan suncream ini adalah sensasi ademnya. Suncream ini membuat kulit lebih dingin, bikin kulit lebih rileks. Sunscream dengan SPF 50 dan PA++++ ini terasa ringan di wajah, sama sekali gak kerasa berat seperti yang biasa saya rasakan saat menggunakan sunscreen. Terlebih lagi, yang terpenting adalah, suncream ini sama sekali gak menimbulkan reaksi negatif di kulit sensitif saya. Justru saya merasa kulit saya lebih bersih, entah hanya sugesti, tapi ya kita gak bisa menyangkal juga betapa pentingnya sunscreen bagi kesehatan kulit kita. Ya kan?

    Karena sudah merasakan efek yang luar biasa oke ini, saya jadi kepikiran untuk melengkapi rangkaian Some by Mi yang lain. Ternyata, Some By Mi ini bisa heboh karena memang kualitasnya sebagus itu, bukan sekedar rame-rame sesaat doang. Kalau kalian, ada produk Some By Mi yang jadi favorit kalian? Coba sharing dong!

    KESIMPULAN

    + SPF 50 dan PA++++
    + Teksturnya ringan, mudah diratakan, dan mudah menyerap
    + Aromanya lembut
    + Terdapat segel hologram Some By Mi
    + Kemasan tube ulir, aman dibawa berpergian
    + Efek whitecast gak mengganggu
    + Gak mengandung 20 bahan kosmetik yang berbahaya
    + Cocok di kulit saya yang sensitif
    + Sensasi adem saat diaplikasikan
    + Gak berat/lengket di wajah
    - Informasi ditulis dalam Bahasa Korea (harus cari tau sendiri informasinya)
    - Harus beli online
    - Kemasannya lumayan besar untuk ukuran 50ml

    Harga : 130.000 - 150.000 untuk 50 ml
    Nilai : 4/5

    Disclaimer : Artikel ini ditulis atas pengalaman pribadi penulis, bukan sponsor maupun endorsement.

    You May Also Like

    1 comments

    1. Aku belum sempat cobain apapun dari SBM, sebetulnya udah lama ngincer exfo tonernya, tapi kok ya sampe sekarang belum kebeli juga haha.

      Wah ini ada efek tone up-nya ya? Aku jarang beruntung sama produk produk dengan efek tone up karena kulitku hitam banget. Seringnya muka jadi kelihatan abu malah :(

      ReplyDelete