Sinopsis Film Indonesia : Orang Kaya Baru (2019)

by - August 15, 2019

Sebetulnya, saya bukan pengikut film-film bioskop Indonesia. Hmm.. sebetulnya bukan hanya film Indonesia saja, film-film box office pun jarang saya ikuti, kecuali ada aktor favorit saya yang ikut bermain di dalamnya. Dengan alasan yang sama juga, saya tiba-tiba tertarik dengan film Indonesia yang dibintangi oleh dua aktor yang saya sukai, Lukman Sardi dan Cut Mini, yaitu film Orang Kaya Baru (2019). Selain penampilan Cut Mini dan Lukman Sardi, yang bikin saya tertarik adalah keunikan antara plot cerita dengan aktor-aktor yang memainkannya, karena di sini saya bisa melihat si cantik Raline Shah yang berperan sebagai orang miskin.

Sinopsis Film Indonesia Orang Kaya Baru 2019

Film OKB ini memiliki plot cerita yang sebetulnya gak baru-baru banget, bahkan mungkin sering diangkat di FTV siang hari. Tapi, tentu saja, dengan Joko Anwar sebagai penulis, cerita yang ringanpun bisa berubah menjadi lebih bermakna dan meninggalkan kesan yang dalam. 

Film ini diawali oleh narasi yang disampaikan oleh Tika (Raline Sah). Secara singkat, Tika menceritakan kondisi keluarganya. Keluarganya terdiri dari 5 orang, termasuk dirinya. Selain ada Bapak (Lukman Sardi), Ibu (Cut Mini), ia memiliki seorang kakak yang bernama Duta (Derby Romero), dan seorang adik yang bernama Dodi (Fatih Unru). Meskipun kondisi keuangan keluarganya pas-pasan, dikarenakan Bapak hanya bekerja di bengkel, Bapak selalu menyekolahkan anak-anaknya di sekolah yang berkualitas, yang tentunya membutuhkan biaya yang besar. Tapi, Bapak tidak pernah mengeluh dengan keadaan, justru beliau selalu mengingatkan keluarganya untuk selalu bersyukur dan menikmati segala yang sudah dimiliki, contohnya kehangatan dan keharmonisan keluarga mereka, yang belum tentu dimiliki oleh setiap keluarga yang ada di dunia ini.

Sinopsis Film Indonesia Orang Kaya Baru 2019

Keterbatasan ekonomi gak membuat Tika, Duta, dan Dodi menjadi minder atau apapun itu namanya. Gak ada drama-drama menyalahkan orang tua karena terlahir miskin seperti yang umum ada di sinetron. Duta, Tika, dan Dodi memang banyak menemukan masalah di luar rumah, terlebih di sekolah mereka, sekolah-sekolah yang mayoritas berisi anak orang-orang kaya. Bahkan, dibully sudah menjadi hal yang biasa bagi mereka. Tapi, ya itu tadi, ketiga anak ini cukup tangguh, bukan tipe menye-menye yang sekali dibully dan dikatain miskin, langsung nyalahin orang tua dan nangis-nangis meratapi nasib yang diberi Tuhan.

Lalu tibalah suatu malam, awal dari perubahan hidup mereka. Secara mendadak, Bapak meninggal di halaman rumah, tidak diawali sakit apapun. Kepergian Bapak secara mendadak membuat seisi rumah tergoncang. Apalagi dengan status ibu mereka yang hanya sekali-kali berjualan, sulit membayangkan bagaimana meneruskan hidup mereka. Duta dan Tika mengusulkan agar mereka berdua berhenti sekolah saja, dan mulai mencari pekerjaan. Tentu Ibu menolak, Ibu memilih untuk menjual rumah dan pindah ngontrak dibanding harus mengorbankan pendidikan anak-anak. 

Sinopsis Film Indonesia Orang Kaya Baru 2019

Esok paginya, seorang pengacara mengetuk rumah mereka. Sempat merasa ketakutan karena berpikir bahwa pengacara akan membawa kabar hutang Bapak, mereka berempat akhirnya mempersilahkan pengacara dan asistennya masuk. Di luar dugaan, pengacara ini ternyata ingin menyampaikan perihal harta warisan yang ditinggalkan oleh Bapak. Melalui video yang direkam sendiri oleh Bapak, Bapak menyampaikan rahasia terbesarnya, bahwa sebetulnya Bapak adalah orang kaya, bukanlah pekerja bengkel. Bapak sengaja berpura-pura menjadi orang miskin, agar istri dan anak-anaknya dapat selalu menghargai apa yang disebut sebagai kerja keras. Kendati demikian, Bapak ingin memberikan kebahagiaan terakhir kepada keluarganya, yaitu sejumlah uang yang akan terus menerus dicairkan kapanpun Ibu, Duta, Tika, dan Dodi butuh.

 Sinopsis Film Indonesia Orang Kaya Baru 2019

Sinopsis Film Indonesia Orang Kaya Baru 2019

Reaksi awal mereka mendengar pesan Bapak adalah bingung dan marah, terutama Ibu. Selama hidupnya Ibu mengalami kesulitan, membantu Bapak mencari uang dengan sedikit berjualan. Tapi, fase marah itu dapat dilewati dengan cepat. Mengetahui bahwa mereka bukan lagi orang miskin, membuat mereka kalap membeli segala sesuatu yang sejak dulu mereka inginkan. Rumah, motor, mobil mewah, perhiasan, apapun, you name it. Duta yang bermimpi menjadi sutradara, dapat dengan mudah menjadi produser drama teaternya sendiri, Tika yang daridulu memang pintar, dapat mengoptimalkan potensinya untuk menjadi arsitek, Dodi bisa mengganti sepatu bututnya dengan Adidas keluaran terbaru, Ibu gak ketinggalan, segala bentuk dan jenis perhiasan, ia beli. Gak takut uangnya habis? Ya kalau habis, tinggal minta lagi.

Sinopsis Film Indonesia Orang Kaya Baru 2019

Sinopsis Film Indonesia Orang Kaya Baru 2019

Sinopsis Film Indonesia Orang Kaya Baru 2019

Semuanya terasa menyenangkan. Mereka merasakan betapa mudahnya menjadi orang kaya. Namun, seperti yang kita tahu bahwa kesedihan gak mungkin bertahan lama, begitupun dengan kebahagiaan. Satu persatu masalah mulai muncul, membuat mereka sadar dan mengerti maksud dari Bapak selama ini. Penasaran bagaimana kelanjutannya? Kalian bisa tonton di Iflix sekarang juga.

Sinopsis Film Indonesia Orang Kaya Baru 2019

Plot cerita tentang orang tua yang pura-pura miskin selalu bikin orang mupeng. Kadang saya juga ngarep, apa jangan-jangan sebetulnya Ayah saya adalah turunan ningrat yang sedang berpura-pura hidup sederhana #ngarep. Seperti yang saya bilang, ceritanya ringan dan menarik untuk diikuti. Meskipun saya bisa menebak alur ceritanya, saya tetap bisa menikmatinya. Aksi Lukman Sardi dan Cut Mini memang menjadi maskotnya, tapi yang lainpun gak kalah kerennya. Raline Shah, meskipun saya masih melihat aura kaya di balik kaos oblong, celana pendek, dan muka polos tanpa make up, tapi kemampuan aktingnya semakin oke. Yang saya sayangkan justru Derby Romero, perannya gak bergitu menonjol, karakternya pun kurang menunjukkan bahwa ia ini adalah seorang laki-laki yang berambisi sebagai sutradara. Tapi, itu bisa jadi karena scene tentang kehidupan Duta ini memang hanya ditampilkan sedikit saja. 

Tapi overall saya terhibur banget! Film ini saya rekomendasikan buat kalian yang menyukai film drama keluarga yang berisi komedi dan cinta di dalamnya. Banyak pesan yang bisa diambil dari film ini, terutama pesan-pesan dari Bapak. Tentang betapa kita akan lebih menghargai hidup dengan keterbatasan yang dimiliki. Betul memang jika dibilang uang memudahkan kita untuk mendapatkan yang kita inginkan, tapi apakah uang dapat selalu memberikan segala yang kita butuhkan?

You May Also Like

1 comments