Keseruan Festival Bunda Generasi Maju di Taman Tegallega Bandung

by - July 31, 2019

Beberapa waktu lalu saya diundang untuk menghadiri salah satu festival yang diselenggarakan oleh SGM Bunda. Siapa sih yang gak tau SGM Bunda, susu khusus ibu hamil itu lho. Begitu saya diinformasikan mengenai rundown acaranya, saya langsung mengiyakan untuk hadir di acara tersebut, tepatnya pada 28 Juli 2019 lalu di Taman Tegallega Bandung. Festival Bunda Generasi Maju, namanya. Keren yah? Acara ini memang mengangkat tema betapa pentingnya kesehatan bunda sebagai langkah awal mendukung generasi maju. Karena temanya memang dispesialkan untuk ibu hamil, festival ini menyediakan area-area yang bertujuan untuk menciptakan suasana yang menyenangkan bagi ibu hamil.

Saya datang tepat pukul 08.00. Saat itu acaranya belum dimulai, tapi pengunjung yang datang sudah membludak. Antusias masyarakat yang begitu besarnya membuat saya terharu, bahwa ternyata masyarakat kita peduli betapa pentingnya kesehatan Bunda di masa kehamilan. Antrian pendaftaran gak cuma dipenuhi oleh Bunda-Bunda saja, tapi juga Bapak-Bapaknya. Huhu, seandainya Pak Suami ada di Bandung, pasti sudah saya bawa juga. 

Setelah acara resmi dibuka, talkshow bersama Obgyn ada pada urutan pertama. Buat saya yang masih banyak bingung tentang masa-masa kehamilan, paparan dari DR. dr. H. Ridwan Abdullah Putra, SpOG (K FM) CH benar-benar mencerahkan dan meluruskan persepsi saya selama ini. Rasanya seperti sedang konsultasi langsung dengan dokter kandungan, hanya saja durasinya lebih lama daripada di rumah sakit yang kadang gak pernah lebih dari 15 menit.

dr. Ridwan menjelaskan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan selama kehamilan dan dipastikan jangan sampai ada yang dilewatkan, yaitu :
1. Nutrisi
2. Pemeriksaan Kehamilan
3. Pengelolaan Stress
4. Olahraga

Keempat hal tersebut sebetulnya bukan hal yang baru, tapi seringkali kita sepelekan, terutama no 3. Sayapun kadang masih sering menghadapi stress yang muncul tiba-tiba dan mengalami kesulitan untuk mengendalikannya. Berbeda dengan no 1, 2, dan 3 yang sebetulnya lebih mudah dipenuhi, karena kita punya kontrol penuh untuk melakukannya. Padahal, stress pada kehamilan dapat memberikan risiko-risiko terhadap janin dalam kandungan, di antaranya risiko alergi, risiko abortus, dan menyebabkan sistem kekebalan bayi berkurang.

Talkshow Obgyn Festival Bunda Generasi Maju Taman Tegallega Bandung

Untuk masalah nutrisi, Bunda hamil perlu lebih aware dengan segala sesuatu yang dikonsumsi. Pastikan apapun yang dikonsumsi adalah makanan atau minuman yang memang memiliki kandungan yang bermanfaat, yang mengandung zat gizi makro dan zat gizi mikro. Zat gizi makro biasa kita temukan pada makanan yang kita makan sehari-hari, yaitu karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan zat gizi mikro adalah vitamin dan mineral. Susu SGM Bunda sendiri termasuk pada zat gizi mikro karena SGM Bunda ini merupakan susu yang complinutri, mengandung minyak ikan, tinggi zat besi, tinggi asam folat, kalsium, dan vitamin D.  Nutrisi-nutrisi tersebut sangat diperlukan Bunda selama hamil untuk menunjang tumbuh kembang janin di dalam rahim. Tujuannya tentu untuk menghasilkan generasi maju dengan karakteristik berpikir kreatif, supel, percaya diri, mandiri, dan kuat.

dr. Ridwan juga menganjurkan beberapa olahraga yang dapat dilakukan oleh bumil, karena tentunya gak semua olahraga bisa dilakukan oleh bumil. Gak ribet kok, beliau merekomendasikan olahraga-olahraga sederhana dan beberapa bisa kita lakukan kapan saja dan di mana saja, misalnya jalan kaki, senam hamil, sepeda statis, yoga, berenang, dan yang paling sering kita lakukan (bagi muslim) adalah shalat.

Paparan dr. Ridwan ini sangat lengkap sampai gak terasa sudah di akhir materi. Sayangnya, beliau hanya memberikan 3 kesempatan bagi Bunda-Bunda yang hadir untuk bertanya, dan sedihnya saya gak termasuk di antaranya. Tapi ternyata, pertanyaan-pertanyaan 3 Bunda yang lainpun sudah mewakili pertanyaan-pertanyaan yang saya miliki. Nah, ini adalah keuntungan hadir di acara ini, saya merasa gak sendirian. Di kelilingi Bunda-Bunda lainnya yang juga sedang hamil, saya merasa punya banyak teman seperjuangan. 

Setelah dr. Ridwan menutup talkshownya, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari marketing brand SGM Bunda. Saya cukup terkejut dengan apa yang disampaikan, bahwa kampanye SGM Bunda ini gak cuma berbentuk temu Bunda seperti Festival Generasi Maju ini saja, tapi juga dalam bentuk lain, yaitu mini mobi dan edukasi online. Mini mobi sendiri adalah fasilitas yang disediakan SGM Bunda untuk memberikan edukasi terhadap bumil-bumil yang berada di area-area yang tersebar di Indonesia. Sedangkan edukasi online bisa Bunda dapatkan di media-media sosial yang dikelola oleh SGM Bunda, baik di halaman Facebooknya, maupun di akun instagram @sgmbunda. Di dalam akun-akunnya, SGM Bunda banyak memberikan informasi-informasi yang tentunya berguna bagi bumil seputar kehamilan.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan Prenatal Couple Yoga. Tadinya ini adalah sesi yang saya tunggu-tunggu, tapi karena ternyata suami gak bisa stay di Bandung, saya terpaksa skip sesi ini dan memilih untuk menonton Bunda lain dengan suami-suaminya yang mempraktekkan prenatal couple yoga. Hanya dengan menonton saja, saya merasa rileks dan santai, apalagi yang melakukannya, ya?

Prenatal Couple Yoga Festival Bunda Generasi Maju Taman Tegallega Bandung

Sambil menunggu acara selanjutnya, saya berkeliling di Festival Bunda Generasi Maju dan menemukan 4 area yang menarik, yaitu :

1. Area Bunda Sehat

Di area ini, Bunda bisa melakukan pemeriksaan kemahilan. Dari mulai pemeriksaan berat badan, tensi darah, hingga USG. Saya sudah berniat untuk antri, tapi tiba-tiba saya ingat kalau outfit yang saya gunakan hari itu agak ribet kalau untuk periksa USG. Agak nyesal juga sih kenapa gak pake baju yang simple aja, tapi ya sudahlah, masih banyak bumil yang mengantri juga.
 
2. Area Bunda Jajan

Area Bunda Jajan Festival Bunda Generasi Maju Taman Tegallega Bandung 

Kalau masalah makanan sih siapa yang gak semangat. Area Bunda Jajan ini menyediakan berbagai macam snack dan kue yang lezat, gak lupa dengan susu SGM Bundanya.  

3. Area Bunda Santai
 
 Area Bunda Santai Festival Bunda Generasi Maju Taman Tegallega Bandung

Ini adalah area paling menyenangkan buat saya. Gak usah jauh-jauh dan mahal-mahal ke salon atau tempat spa. Di sini, Bunda-Bunda bisa menikmati foot massage dan totok wajah. Massage emang salah satu hiburan yang paling menyenangkan bagi saya selama hamil. Kalau suami sedang di Bandung, saya seringkali gak minta apa-apa selain minta dipijat. Efek massage tuh ya subhanallah, rileks sampai ke sanubari~

4. Area Bunda Cerdas

Area ini berisi game seputar kehamilan dan mitos-mitos yang banyak beredar. Di sini Bunda bisa mengukur seberapa jauh pengetahuan Bunda seputar kehamilan, apakah masih dipengaruhi oleh mitos dan hoax-hoax yang sering beredar di grup WA keluarga? :p

Setelah saya puas mengelilingi area-area tersebut, saya kembali mengikuti rundown acara, yaitu sesi cooking class. Bukan hanya sekedar cooking class biasa, cooking class kali ini menggunakan resep yang bermanfaat bagi bumil. Jadi gak sekedar masak masakan biasa, Chef Ricky Sulaiman sengaja menciptakan dessert-dessert yang menggiurkan dengan menggunakan SGM Bunda sebagai salah satu bahan utamanya. Kebayang kan? Selain rasanya lezat, juga kaya akan nutrisi. 

Event SGM Bunda Festival Bunda Generasi Maju di Taman Tegallega Bandung

Event SGM Bunda Festival Bunda Generasi Maju di Taman Tegallega Bandung

Awalnya saya sempat skeptis "memangnya gak enek ya mencampur susu hamil sebagai bahan dessert?" . Tapi ternyata, saat saya berkesempatan mencoba, rasanya ingin saya bungkus dessertnya, buat dibawa pulang ke rumah. *Naluri ibu-ibu*

Event SGM Bunda Festival Bunda Generasi Maju di Taman Tegallega Bandung

Selanjutnya, acara terakhir adalah sesi beauty class yang diisi oleh salah satu brand kecantikan lokal yang terkenal dengan produk-produk halalnya. Ya, Wardah! Materi seputar tips cantik selama kehamilan memang banyak menjadi perhatian para bumil. Perubahan hormon dan kadar minyak yang berlebih selama hamil memberikan dampak yang cukup besar terhadap kondisi kulit bumil. Contoh masalah kulit yang sering dialami oleh bumil adalah jerawat dan bercak hitam. Saya sendiri mengalami keduanya, yang kadang bikin saya ngerasa kusam dan kucel banget selama hamil ini. Wardah memahami kondisi-kondisi seperti itu, sehingga memberikan tips-tips untuk merawat kulit wajah selama hamil agar Bunda hamil tetap merasa cantik selama hamil.

Event SGM Bunda Festival Bunda Generasi Maju di Taman Tegallega Bandung

Beauty class dari Wardah ini merupakan acara terakhir dari Festival Generasi Maju kali ini. Sebagai penutup, tim SGM Bunda mengumumkan pemenang bagi pengunjung yang berfoto dan update di Instagram seputar keseruan hari ini. Cukup terkejut saat saya dipanggil sebagai pemenang, karena foto yang saya upload sebetulnya gak istimewa, masih banyak Bunda-Bunda dengan foto yang gak kalah kecenya. 

Event SGM Bunda Festival Bunda Generasi Maju di Taman Tegallega Bandung

Acara akhirnya ditutup pada pkl 12.30. Gak langsung pulang, saya sempat ngobrol ina inu dengan Bumil lainnya. Sharing seputar kehamilan, tentunya. Padahal banyak Bumil yang gak saya kenal, tapi gak menghalangi kami untuk saling bertukar informasi dan pengalaman yang kami lewati selama masa kehamilan. Terima kasih SGM Bunda, sudah memfasilitasi Bumil-Bumil Indonesia dengan berbagai aktivitas yang seru dan menyenangkan. Semoga dengan adanya festival ini, menjadi langkah awal dalam mendukung generasi maju, ya. Aamiin.

Event SGM Bunda Festival Bunda Generasi Maju di Taman Tegallega Bandung

You May Also Like

0 comments