BHB Milad 1, Ngumpul Cantik dan Pintar bareng Pocari Sweat

by - May 05, 2019

Jadi, selama setahun bergabung dengan komunitas Bandung Hijab Blogger, belum sekalipun saya bertemu dengan para anggotanya. Tentu saja alasannya apalagi kalau bukan domisili saya yang gak menentu. Tapi takdir Tuhan akhirnya membuat saya kembali lagi ke Bandung, sehingga berkesempatan untuk datang ke acara 1 tahunnya BHB. Tanpa ba bi bu, saya langsung mengiyakan bisa datang waktu diundang, mengundur jadwal-jadwal lainnya. #soksibuk

BHBMilad1 Bandung Hijab Blogger X Pocari Sweat

Saya memang seorang yang introvert, bertemu orang baru adalah hal yang melelahkan dan terasa menguras energi. Tapi, beda cerita kalau orang-orang baru ini adalah orang-orang yang punya minat sama. Meskipun, saat itu adalah pertama kalinya saya bertemu dengan semua anggota BHB, mereka sangat hangat dan menyenangkan. BHB Milad ini diselenggarakan di Greentea Holic Jl. Guntur No.21, pada Sabtu, 27 April 2019 pkl 12.00 dan selesai tepat pukul 15.00.

BHBMilad1 Bandung Hijab Blogger X Pocari Sweat

Acara dibuka oleh MC, Teh Puspa, anggota BHB yang juga merangkap sebagai MUA. Saya sering nonton videonya di Instagram karena dia sering bermain makeup sambil bernyanyi. Beda dengan saya, suara beliau merdu. Sungguh Tuhan menganugerahinya banyak bakat. Teh Puspa menjelaskan rangkaian acara BHB Milad yang pertama, salah satu yang menarik perhatian saya adalah bahwa akan ada sesi berbagi ilmu gizi oleh ahli gizi dari tim pocari sweat.

Dari dulu saya tertarik dengan ilmu-ilmu gizi. Yang kenal dekat dengan saya pasti tau alasannya. Selama 28 tahun di dunia ini, dengan tinggi 165 cm, berat saya gak pernah lewat dari 44 kg. Jelas, underweight. Jangan kira bodyshaming hanya didapatkan teman-teman yang overweight, saya sering kali dibilang kurang gizi. Bahkan ibu saya gak jarang kena dampaknya, dipikir gak pernah kasih makan anaknya. Saya ingat jaman-jaman saya SMA, kala itu berat saya 39 kg. Tiap orang bertanya berat badan saya, lalu saya jawab 39, mereka pikir saya keliru menjawab atau sedang bercanda. "Gue tanya berat badan lo, bukan no sepatu lo."

Makanya, waktu saya tau akan ada ahli gizi yang datang untuk membahas tentang pola makan yang sehat dan penuh dengan gizi, saya tertarik. Saya memang perlu untuk memperbanyak pengetahuan seputar hal ini, jangan-jangan selama ini memang pola makan saya salah. Dan memang, selama kurang lebih 30 menit saya mendengar informasi yang diberikan tim pocari sweat, saya baru paham kalau banyaknya kalori yang kita butuhkan, diperngaruhi oleh aktivitas kita sehari-hari. Jadi, saya yang kerjaannya banyak di rumah bermalas-malasan, sebetulnya hanya membutuhkan kalori yang lebih sedikit dibanding dengan orang-orang yang bekerja di lapangan.

BHBMilad1 Bandung Hijab Blogger X Pocari Sweat

Selain itu, saya juga baru tau kalau ada beberapa buah atau sayur yang gak mengandung kalori sama sekali, misalnya tomat dan timun. Sebetulnya, memang ada perhitungan pasti untuk mengukur berapa jumlah kalori yang sebetulnya dibutuhkan tubuh kita, makanya ada rumus untuk mengetahui dengan pasti jumlah kalori yang sebetulnya kita butuhkan. Selama ini saya kalau makan, ya makan aja. Kalau inget ya saya cek, kalau enggak ya dikira-kira aja. Hehe.

BHBMilad1 Bandung Hijab Blogger X Pocari Sweat

Nah, materi ini memang cocok dibahas menjelang Bulan Ramadhan. Kenapa? Pasti kalian juga mengalami bingungnya mengatur pola makan dan jam makan yang baik saat puasa. Jadi, ahli gizi menyarankan agar pola makan kita lebih diatur. 40% pada saat sahur, 25% saat berbuka, dan sisanya setelah shalat tarawih. Bisa gak? Selama ini sih saya belum pernah coba, biasanya ya waktu ada suara adzan mahrib, segala makanan yang ada depan mata, ya saya lahap-lahap aja. Kamu juga gak? Haha.

Di antara hal-hal lainnya, poin terpenting dari diskusi kemarin adalah tentang betapa pentingnya ion dalam tubuh. Apa sih ion tuh? Ion adalah bagian dari elektrolit, yaitu garam-garam mineral yang secara alami ada di dalam tubuh yang membantu semua proses yang ada di dalam tubuh. Ion ini gak gitu aja ada di dalam tubuh, tentu harus didapatkan melalui makanan atapun minuman yang kita konsumsi. Pada prinsipnya, komposisi minuman elektrolit terdiri atas air, gula, dan garam. Garam pada minuman isotonik berfungsi untuk mengganti ion-ion tubuh yang hilang bersama cairan. Garam dalam minuman isotonik juga berfungsi untuk mengikat cairan yang ada di dalam tubuh. Jadi, segala bentuk cairan yang kita minum, gak sekedar numpang lewat. Mendengar hal ini, saya langsung paham kenapa selama saya puasa saya selalu cepat haus, padahal saat sahur saya bisa meminum 1.5 liter air putih. Ternyata kalau gak diikat oleh ion, ya airnya cuma numpang lewat aja, jadinya beser iya, haus iya. 

BHBMilad1 Bandung Hijab Blogger X Pocari Sweat

Setelah materi seputar ilmu gizi disampaikan, tim Pocari Sweat mengadakan kuis online yang super seru, yang sayangnya gak bisa saya menangin karena masalah teknis (alasan). Tapi, ternyata selain tim Pocari Sweat, panitia #BHBMilad1 pun mengadakan kuis tentang seberapa banyak kami mengenal satu sama lain. Dengan ingatan yang tumpul, saya dengan sukarela memberikan kesempatan kepada teteh-teteh yang lain untuk mendapatkan hadiah berupa cireng salju, yang sebenernya bikin saya mupeng juga.

Saya dan beberapa teteh lainnya sempat menertawakan nasib kami yang merasa gak ada kemauan untuk memenangkan kompetisi, betapa rendahnya motive achievement kami. Saat kami sedang tertawa, saya mendengar nama saya disebut dan diminta maju ke depan. Sampai di depan, saya dapat hadiah berupa kerudung organik dari @zanayaorganic, kerudung yang sudah cukup lama saya idam-idamkan. Bodohnya, sampai sesi foto selesai dan saya pulang, saya masih bertanya-tanya tentang kerudung yang saya dapatkan ini, saya belum tau kenapa saya dapat hadiah. Akhirnya, sewaktu saya konfirmasi ke ketua BHB, Rara, tentang alasan saya dapat kerudung, Rara bilang kerudung itu sebagai apresiasi untuk Best Blog Of The Year. Saya sih bersyukur, gak mau kufur nikmat, tapi masih bingung juga, mbo ya semua teteh-teteh BHB ini jago nulisnya, dan saya merasa gak pernah nyogok panitia untuk bisa dapet apresiasi ini. Ya gitulah hidup, penuh kejutan.

BHBMilad1 Bandung Hijab Blogger X Pocari Sweat

Anyway, sebelum saya tutup tulisan ini, sekali lagi, Met Milad BHB. Waktu saya diminta untuk nulis ucapan selamat untuk BHB di kertas kecil, sebetulnya saya bingung mau nulis apa. Apa yang saya tulis kadang bikin orang bingung, jadi saya nyontek teteh sebelah, yang sayangnya saya lupa namanya, tapi saya masih ingat wajahnya, cantik.

BHBMilad1 Bandung Hijab Blogger X Pocari Sweat

You May Also Like

12 comments

  1. seru bangeeeet. Bisa ngumpul, dapet wawasan dan ilmu baru, plus dapet juga produk2 bermanfaat. Semoga milad kedua nanti mah aku bisa ikutan. Hepi milad BHB. Makin keen, dan makin mempererat silaturahmi member2nya :)

    ReplyDelete
  2. Lagi lagi blog tentang keseruan milad BHB. Huhu sayang banget ga bisa ikut kemaren. Semoga next bisa joint dan ketemu sama kamu say hehe aamiin

    ReplyDelete
  3. Banyak tips menjelang ramadan ya dan happy bisa kumpul itung-itung munggahan ya. Hehehe


    Seneng banget tapi sayang berhalangan hadir. Hiks-hiks

    ReplyDelete
  4. Seneng banget bisa dateng ke event bhb ini, happy milad bhb

    ReplyDelete
  5. Bete ih mestinya kita bisa ketemu nih wkwk aku nya malah ada acara lain hikzz

    ReplyDelete
  6. ya ampun nis jauh jauh datang sayang aku berhalangan waktu itu huhu. Happy bday BHB :)

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah senengnya bisa silaturahmi sambil ngopcan di acara Milad BHB kemarin
    See u next event Teh!

    ReplyDelete
  8. Seru ya acaranya semoga tahun DPM mkn seru lg

    ReplyDelete
  9. Tehhhh jauh-jauh yaaa dateng masya Allah, sehat terus bumil :) selamat jugaaaa best blog nya, emang tersuka sih sama blog nya teteh

    ReplyDelete
  10. seneng banget aku tuh bisa ketemu tteh.. smoga next event bisa ktmu lagiii

    ReplyDelete
  11. Beneran seruuu . . .wow yaa semoga tahun depan Bunda bida hadir

    ReplyDelete
  12. Bunda ndak bisa hadir semoga tahun depan jumpa

    ReplyDelete