Pindahan Anti Ribet dengan Kargo.co.id

by - April 12, 2019

Pertama kali saya ngontrak rumah di Pringsewu, Lampung, saya sudah tau kalau saya dan suami gak akan tinggal di sana dalam waktu lama. Ya, paling lama 3 tahun lah. Jadi, saya selalu galau untuk membeli perabotan rumah. Bingung, gimana nasibnya nanti ketika kami harus pindahan. Kebayang ribetnya kayak apa. Tapi kalau ngebiarin rumah kosong melompong tanpa perabotan, kok ya rasanya kaya bukan rumah. Jadi, ujung-ujungnya, kam tetap membeli beberapa perabotan yang menurut kami penting, kulkas, lemari, rak buku, meja belajar, sofa, kasur, dan beberapa perabot lain yang ukurannya gak seberapa. Masalah pindahan nanti, kami pikir.. ya.. gimana ntar aja.

 

Benar saja, tepat 1 tahun kami tinggal di sana, suami dapat kabar mutasi ke Sleman, Jogja. Surat mutasi baru diterima suami di tanggal 31 Maret 2019, dan mulai ditugaskan di Sleman pada tanggal 15 April 2019. Jadi kami hanya disediakan waktu 2 minggu untuk beres-beres dan pindahan. Belum lagi, ternyata 1 minggu terakhir, suami harus meeting di Bandar Lampung, yang artinya waktu pindahan saya dipersingkat hanya 1 minggu saja. Di suratnya juga tertulis, bahwa tidak boleh ada penundaan. Jadi, suami gak bisa minta perpanjangan waktu untuk hal apapun.

Pertama kali dengar kabar itu, tentu kami senang karena akhirnya kami kembali ke Pulau Jawa, tapi juga pusing memikirkan hal-hal yang harus kami urus untuk pindahan ini. Ada 2 opsi yang bisa kami lakukan dengan perabotan-perabotan di sini. Yang pertama, menyewa truk untuk pindahan, dan yang kedua, menjual semua perabotan ke penduduk sekitar.

Masalahnya, untuk opsi pertama, saya sama sekali gak punya informasi tentang truk untuk pindahan di sini. Betul-betul gak ada informasi sama sekali. Kalaupun ada, saya membayangkan tarifnya yang selangit. Saya ingat waktu kakak saya pindahan dari Jakarta ke Bandung, tarifnya 2 juta. Sesekali saya cek iseng di beberapa website, tarif pindahan dengan Colt Diesel mencapai 7 juta, bahkan banyak yang memasang harga di atas itu. Sedangkan opsi kedua, kendalanya adalah di waktu. Dalam waktu 1 minggu, apa saya bisa jual perabotan-perabotan ini? Lantas, kalau nanti ada yang gak kejual, mau diapain? Pusingnya malah 2x lipat.

Saya, suami dan akuntan pribadi saya, Markonah, akhirnya menghitung harga total perabotan, melihat untung ruginya. Opsi pertama akan menjadi untung jika biaya pindahan di bawah 5 juta. Sedangkan, jika biaya di atas itu, lebih baik dijual saja. Setelah itu, saya mencoba mencari jasa-jasa truk pindahan, tentu saja, hal pertama yang saya lakukan adalah googling, mencari jasa pindahan Lampung - Bandung, karena kami memutuskan untuk menyimpan perabotan di Bandung. Banyak sekali informasi yang saya dapatkan, tapi gak ada yang jelas selain satu website dengan alamat www.kargo.co.id

Apa itu kargo.co.id? 
Jadi, ini adalah sebuah marketplace logistik truk antar kota, antar pulau di Indonesia. Mulai dari Engkel, Colt Diesel, Fuso, Wingbox, Tronton, Cargo hingga Kontainer. Mereka punya banyak vendor di dalamnya yang bisa kita pilih. Berikut langkah-langkah penggunaan kargo:
  1. Masuk ke laman www.kargo.co.id
  2. Klik "Cek Tarif" di bagian atas web
  3. Isi data yang diminta, berupa pindahan dari mana ke mana, dan jasa apa yang dibutuhkan
  4. Akan keluar estimasi biaya, dengan beberapa opsi kendaraan
  5. Isi form pengiriman barang dengan lengkap (barang-barang apa yang akan diangkut, berapa harga barang yang akan diangkut, dll)
  6. Setelah formulirnya terisi dengan lengkap, data saya langsung terpampang di website kargo
Setelahnya, saya hanya menunggu. Formulir yang saya isi, ternyata langsung dilihat oleh vendor-vendor kargo. Mereka akan memberikan penawaran harga yang beragam. Kebanyakan vendor bahkan langsung menghubungi saya secari pribadi melalui Watsapp. Awalnya saya ragu, karena kargo gak bertanggung jawab jika vendor melakukan penipuan. Tapi, vendor-vendor yang terdaftar di kargo sebetulnya sudah memiliki surat-surat izin usaha yang lengkap, sehingga meminimalisir terjadinya penipuan.

Setelah saya berkomunikasi dengan beberapa vendor, akhirnya pilihan saya jatuh kepada Deska Trans. Deska Trans ini saya pilih karena responnya sangat cepat dan informatif. Saya berkali-kali meminta data, seperti foto KTP, SIM driver beserta STNK nya, dan semua diberikan dalam waktu yang singkat. Harganyapun termasuk terjangkau jika dibandingkan dengan vendor yang lain. Adminnya, Mbak Fitri, sangat kooperatif dan fleksibel terkait jadwal pindahan yang belum pasti. Beliau bilang gak masalah jika ada perubahan jadwal, yang penting diinformasikan sehari sebelumnya. Nah, untuk sistem pembayarannya 50% pada saat barang diangkut, sisanya 50% pada saat barang sudah sampai tujuan.

Sesampainya di Pringsewu, sang driver langsung menghubungi saya. Drivernya, Mas Fajar, pun sangat kooperatif. Orangnya ramah dan suka bercanda. Awalnya saya gak tega waktu malam-malam dia mulai mengangkut perabot-perabot yang besar, terutama saat mengangkut sofa bed. Meskipun dibantu oleh tukang angkut dan suami, mengangkut sofa bed tetap terasa sulit. Karena salah posisi sedikit saja, sofanya langsung terbuka menjadi kasur. "Ni kursi nggaweni", celetuk Mas Fajar sambil tertawa.

Setelah semua barang diangkut, mereka gak langsung menuju ke Bandung, tapi  bermalam dulu di Jakarta, dan akan mulai berangkat besok siangnya. Semua sudah diperhitungkan, agar truk sampai di Bandung pada malam hari, sesuai dengan jadwal keberangkatan saya dan suami. Intinya biar kita sampai di waktu yang bersamaan.

Esoknya, kami berangkat menuju Bandung. Selama perjalanan, Mas Fajar selalu menginformasikan lokasinya, sehingga kami sampai bersamaan di malam hari, tepat sesuai rencana. Semua perabotan sampai dengan selamat, tanpa lecet sedikitpun. So, terima kasih Kargo, dan terutama Deska Trans, yang membuat pindahan ini gak serumit yang saya bayangkan!

You May Also Like

9 comments

  1. Makasih banget teh infonya sangat membantu nih kalo aku pindahan ntr ga usah ribet2 jadinya hehe

    ReplyDelete
  2. Waah baru tau ada Kargo.co.id ini yang bisa bantu buat pindahan
    Menarik dan sangat membantu yaa

    ReplyDelete
  3. harga segitu lumayan ya teh.. tapi kita dapet valuenya.. jaman skrg emang semuanya di bikin praktisss hihi

    ReplyDelete
  4. wah, pindahan lagi ke pulau jawa mbak. welcome to jawa island mbak. makasih niy sharing tentang kargo nya

    ReplyDelete
  5. sekarang pindahan rumah pun bisa sangat dimudahkan ya

    ReplyDelete
  6. Kalo ak pindahan selalu males bongkar muatnya 😂😂😂

    ReplyDelete
  7. gara gara postingan teteh ini aku jadi punya ancang2 kalau nanti pindahan mau pake apa nih, huaaa maacih binggo loh

    ReplyDelete
  8. Maksih th infonya, berguna banget buat aku yg dulu pernah di sulawesi dan sekarang mau bener2 pindah ke banndung

    ReplyDelete
  9. Bener yah skrg itu serba praktis dan simpel..
    Nice share teh bermanfaat bgt

    ReplyDelete