Wisata Lembang : Farmhouse, Berkunjung ke Rumah Hobbit

by - March 05, 2019

Waktu di Lembang kemarin, tadinya saya dan suami cuma ingin staycation aja. Menikmati Bandung yang dingin, mencoba merekam suasana di sana, untuk nanti dikenang setelah kami berdua kembali bercengkrama dengan panasnya Lampung. Tapi, tiba-tiba saya teringat dengan ejekan Ibu yang sering menyombongkan diri atas prestasinya dalam menjelajahi wisata-wisata kekinian di Lembang. Ya, itulah Ibu. Beliau dan teman pengajiannya memang senang sekali piknik dan mengambil foto di tempat-tempat wisata. Pulangnya, beliau selalu membagikan foto-fotonya ke grup Watsapp keluarga (tanpa tau apa maksud dan tujuannya), yang kadang bikin aplikasi Watsapp saya ngeheng. Gimana nggak, di 1 tempat, beliau bisa menghasilkan 200 lebih foto, sedangkan beliau bisa mendatangi 3 tempat di hari yang sama. RIP, my phone.

Bukan cuma karena Ibu yang sombong, tapi ada hal lain yang akhirnya memicu kami berdua untuk berwisata di tempat-tempat yang lagi hits di Lembang. "Biar kalau ditanya, bisa jawab."
Nasib hidup membuat kami berdua harus pindah-pindah tempat. Sekali kami datang di tempat yang baru, pertanyaan yang paling sering kami dapatkan adalah, "Di Bandung tempat yang lagi hits apa? Katanya banyak tempat-tempat keren ya di Lembang?"
Seringkali saya dan suami memberikan jawaban dangkal, "Ya gitu aja.. Kebanyakan kuliner sih kalau Bandung. Kalau tempat-tempat wisatanya, sama-sama aja lah..." Padahal, kami cuma gengsi buat jawab gak tau.

Jadi, akhirnya selama 3 hari kami di Lembang, saya dan suami mendatangi tempat-tempat wisata Lembang yang katanya ngehits, yaitu Farmhouse, Floating Market, Kebun Begonia, Maribaya Lodge, dan Fairy Garden. Sepengetahuan saya, yang tadi saya sebutkan masih sebagian dari wisata-wisata Lembang. Tapi, karena kami merasa sudah cukup puas, bahkan terlalu puas, dengan tempat-tempat yang tadi saya sebutkan, jadi untuk tempat-tempat lainnya mungkin akan kami kunjungi di lain waktu.

Tempat pertama yang ingin saya bahas adalah Farmhouse.
__________________________________________
INFORMASI TEMPAT 

Nama Tempat : Farmhouse Susu Lembang
Alamat : Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Operasional : 08.00 AM - 07.00 PM 
Telepon: (022) 82782400
HTM : IDR 25.000 / orang (termasuk voucher minum susu) 


Farmhouse ini disebut-sebut sebagai tempat wisata yang instagramable, dan sesampainya di sana, saya langsung setuju! Bagian dalam Farmhouse ini dipeta-petakan dengan tema yang berbeda. Dari mulai tema bangunan Eropa, pagar gembok cinta, area binatang-binatang jinak, dan yang paling ngehits di antara semuanya yaitu rumah hobbit.

Tempatnya luas dan gak monoton. Mengingat namanya, Farmhouse, awalnya saya pikir konsepnya ya Farm House, rumah pertanian gitu. Ada tanaman, pemandangan, binatang, dan kita bisa kasih makan binatangnya, gitu doang. Tapi saya bersyukur karena ternyata Farmhouse ini di atas ekspektasi saya. Karena memang Farmhouse ini terkenal dengan spot-spotnya yang instagramable, maka di sini saya akan coba ceritakan tiap spot yang saya datangi.
1. Jalanan Eropa

Jalanan Eropa Farmhouse Lembang

Berjalan di sini rasanya seperti jalan di dalam telenovela. Ada gerobak-gerobak bunga, coffee shop, toko kue dengan warna-warna yang mencolok, bahkan penjual souvenir di pinggir-pinggir jalannyapun dikonsep ala Eropa. Oh ya, saya lupa bilang, kalau di Farmhouse, kita bisa menyewa kostum yang disediakan, contohnya yang disediakan khusus di spot ini, yaitu kostum Holland. Ini gemas banget, cuma saya gak kepikiran untuk pakai. Harga sewanya IDR 75.000 / 2 jam.

2. Jembatan Cinta/ Gembok Cinta

gembok cinta farm house

Tempat dengan konsep ini udah banyak banget ya sebenarnya, udah gak aneh, tapi selalu mencuri perhatian orang-orang. Ratusan atau bahkan ribuan gembok warna-warni bertuliskan inisial pasangan, tergantung di pagar jembatan. Kalau misalkan kamu tertarik untuk menggantungkan gembok dengan inisialmu dan pasangan, kamu bisa beli gemboknya di sini seharga IDR 25.000 saja.

3. Area Binatang Jinak

Mini Zoo Farmhouse Lembang

Nah, ini biasanya jadi spot favorit anak-anak. Layaknya kebun binatang mini, di sini ada beberapa kandang binatang-binatang jinak yang bisa didekati, diberi makan, dan difoto bareng. Dari mulai kelinci, sugar glider, ayam, bebek, dan domba (saya gak tau pasti jenis dombanya apa, tapi gembul banget so kyut!). Kemarin saya hanya sempat melihat kandang domba dan kelinci, dan gak lupa beli pakannya di crew Farmhousenya. Ya, mereka menyediakan wortel yang dihargai IDR 10.000 untuk seikat wortel, yaa cukuplah untuk ngasih makan 4 domba..

4. My Secret / Rumah Hobbit
 
Saya bisa bilang kalau area My Secret ini adalah bintang utama dari Farmhouse. Begitu saya masuk ke dalamnya, saya gak heran kalau untuk masuk ke area My Secret ini, harus merogoh kocek IDR 20.000 / orang. Area ini cukup luas. Lalu, karena untuk masuk area ini harus bayar, jadi di sini gak terlalu banyak orang. Menguntungkan buat kamu-kamu yang senang ambil foto berbagai pose karena gak akan terganggu oleh orang-orang yang lewat. Selain bisa foto di depan rumah hobbit, di area My Secret juga ada lorong yang (mungkin) ceritanya adalah isi rumah hobbit.

rumah hobbit farmhouse lembang

Masuk ke lorong ini rasanya seperti masuk ke dalam film... Hobbit (plis deh, Nis!). Tapi serius, suasananya tuh berasa beda aja, apalagi karena saya ke sini saat weekday, jadi waktu itu area ini sepi banget. Di sini banyak banget properti yang mendukung kesan rumah hobbit. Dari mulai furnitur klasik, buku-buku tua, botol-botol, ramuan-ramuan, jam kuno, banyak lah pokoknya! Tapi jangan salah, pihak Farmhouse betul-betul menjaga area ini, sehingga kita gak boleh menggunakan alas kaki selama di dalam lorong ini. Selain itu, beberapa barangpun ada yang ditandai/ dilarang untuk disentuh. 

rumah hobbit farmhouse lembang

Di ujung lorong ini, sebelum pintu keluar, ada ruangan yang dibuat seperti ruang makan untuk pesta. Kursinya banyak, dengan bunga-bunga yang menggantung. Ini adalah spot terakhir yang bisa kamu ambil. Lalu, sebelum kamu keluar, kamu akan mendapatkan 1 buah pie susu. Lumayan, untuk nyemil!

rumah hobbit farmhouse lembang

Udah gitu doang? Eits, tunggu dulu! Rumah hobbitnya belum selesai. Di sini kita juga bisa lihat rumah hobbit yang ada di atas pohon. Di sini, kalian bisa lebih banyak melihat pemandangan. Baik pemandangan ke dalam area rumah hobbit, ataupun pemandangan alam. Saking gemes sama tempat-tempatnya, saya malah kadang suka lupa buat foto-foto. 

rumah hobbit farmhouse lembang

Selain 4 spot utama tadi, di Farmhouse ini banyak banget toko oleh-olehnya. Bahkan di setiap area kayaknya ada. Belum lagi toko-toko kecil yang ada di pinggiran jalannya. Harga souvenirnya pun variatif. Mulai dari IDR 10.000, sampai sejutaan. Yang saya suka, di toko souvenir ini mereka menyediakan tempat untuk charge handphone.

rumah hobbit farmhouse lembang

rumah hobbit farmhouse lembang

Secara keseluruhan, Farmhouse ini bisa dibilang sangat terawat. Sepanjang jalan, tanaman hijau dan bunga warna-warni bermekaran. Jadi, kalaupun cuma foto di pinggir jalan, tetap lucu-lucu aja. Bahkan saya beberapa kali bisa foto kupu-kupu yang sedang hinggap di bunga. So pretty!

farmhouse lembang

You May Also Like

13 comments

  1. Tenang teh, akupun yang asli bandung belum semua tempat di lembang terjamah haha, salah satunya Farmhouse ini. Beberapa kali bolak balik ke lembang kayaknya belum dikasi kesempatan buat dateng kesini padahal spot2 disini bikin gemass semua ya. Mudah2an weekend nnti bisa main2 ke farmhouse hehe

    ReplyDelete
  2. Uwow gembok cintanya udah banyak aja yah sekarang. Maklum aku kesana pas awal-awal banget farmhouse buka wkwkw ga mau kalah sama abege. Sampe sekarang belum kesana lagi sih. Masih dapet free susu or sosis ga say masuknya?

    ReplyDelete
  3. Haha suka malu ya, kalau orang Bandung sendiri gatau kalau ditanya tempat hits apa yg ada di Bandung. Padahal Lembang kan kabupaten, lumayan jauh dari kota Bandung, wkwk alesan.
    Jadi makin banyak tempat wisata di daerah Lembang yaa. Ditunggu cerita tempat wisata lainnya di Lembang.. 😁

    ReplyDelete
  4. aku belum pernah kesini euy mbak, padahal gak jauh dari rumah. kalo weekend selalu macet jadi selalu mundur teratur mo antri masuknya..padahal pengen banget berkunjung

    ReplyDelete
  5. Bandung emg terkenal bgt dengan tempat wisatanya, apalagi di lembang tuh yaa aku jg pernah ke farmhouse ini tempatnya asik dan bagus ditambah harga tiket masuknya menurut ku juga murah

    ReplyDelete
  6. wah waktu pertama kali aku kesana belum bisa masuk rumah hobbit , sekarang udah bisa ya jadi pengen kesana lagi

    ReplyDelete
  7. Huwooowww beruntung banget teh bisa datang pas agak sepi semua sudutnya instagramable ya hihi

    ReplyDelete
  8. Hihi, aku juga kadang suka bingung kalo ditanya rekanan soal tempat wisata yang lagi hits di Bandung. Soalnya belum pernah ngunjungin semua. Maklum kalo weekend udah hopeless buat keluar rumah, nyerah sama macetnya. Hihihi

    ReplyDelete
  9. Asli aku belum pernah ke semua tempat yang kamu tulis dong Nis, banyak turis weekend mah tua di jalan nanti, jadi mending bobok 😂

    ReplyDelete
  10. Beneran ya ini masuknya cuma 25rb aja? Dari pertama buka sampai sekarang belum pernah kesini. Padahal pengen banget. Urung soalnya dulu dapet info masuknya 100rb. 😂

    ReplyDelete
  11. Sekarang udah ada gembok cintanya ya pas terakhir aku kesana blm ada

    ReplyDelete
  12. Pas aku kesana kok belum ada jembatan gembok cinta ini deh teh wkwkw, tahun 2017 an lah. Trus aku juga ga masuk k rumah hobbit loh, antrian foto d depannya aja lama haha

    ReplyDelete
  13. Berkunjung ke situ enaknya pas sepi deeh. Biar pepotoannya leluasa. Haha...

    ReplyDelete