REVIEW : The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%, Serum Untuk Kulit Acne Prone

by - February 02, 2019

Masih seputar skincare, kali ini saya ingin membahas brand yang beberapa waktu ini sedang naik daun, yaitu The Ordinary. Brand The Ordinary ini adalah brand skincare yang menurut saya paling gak neko-neko, to the point, gak banyak basa basi. Seperti yang pernah saya bilang, dalam memilih skincare yang tepat kita perlu jatuh cinta pada kandungannya, bukan label atau klaim yang mereka sampaikan. Nah, brand The Ordinary adalah salah satu brand yang "menjual" kandungan, bukan sekedar janji manis. Pada kemasannya, mereka secara gamblang menuliskan kandungan dari produknya.

The Ordinary Naicinamide 10% + Zinc 1%

Bagi saya, tentu ini membantu saya dalam memilih produk yang kemungkinan besar akan cocok di kulit saya. Tapi bagi orang-orang yang gak familiar terhadap kandungan-kandungan skincare mungkin agak bingung dan perlu banyak cari referensi untuk menentukan produk The Ordinary yang mana yang mereka perlukan. 

Dari sekian banyak produk The Ordinary, pilihan saya jatuh pada The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%. Selain karena saya mendapat review yang baik tentang produk ini dari sahabat saya (yang punya problematika kulit serupa dengan saya), sudah lama saya penasaran dengan kandungan Niacinamide,  jenis vitamin B3 yang katanya bagus untuk kulit yang berjerawat.

KEMASAN
 
The Ordinary Naicinamide 10% + Zinc 1%

Hampir semua produk The Ordinary dikemas dalam botol kaca dengan aplikator pipet. Botolnya sebenarnya tebal, tapi tetap harus hati-hati, karena saya pernah dapat cerita yang botolnya jatuh dan pecah. So, better safe than sorry.

KANDUNGAN

Kandungan / Ingridients The Ordinary Naicinamide 10% + Zinc 1%

Tentunya serum sebanyak 30 ml ini gak cuma berisi Niacinamide dan Zinc. Ada kandungan lain sebagai campurannya, yang juga dituliskan dalam kemasannya seperti ini. Aqua (water), Niacinamide, Pentylene Gylcol, Zinc PCA, Dimethyl Isosorbide, Tamarindus Indica Seed Gum, Xanthan Gum, Isoceteth-20. Ethoxydiglycol, Phenoxyethanol, Chlorphenesin. 
Plusnya lagi, produk ini fragrance free!

KLAIM

Manfaat The Ordinary Naicinamide 10% + Zinc 1%


Walaupun tulisannya kecil dan kurang mencolok, pada kemasannya juga dituliskan manfaat dari serum tersebut. Jadi buat yang awam sama kandungan-kandungan skincare, mungkin ini akan cukup membantu. Walaupun, seperti yang selalu saya bilang, jatuh cinta harus pada kandungannya ya.

Manfaat The Ordinary Naicinamide 10% + Zinc 1%

Jadi untuk The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% ini bermanfaat untuk mengontrol minyak dan mengecilkan pori-pori. Walaupun hanya 2 poin yang dituliskan, sebenarnya masih banyak manfaat-manfaat lain dari Niacinamide ini, misalnya mengatasi hiperpigmentasi pada kulit. Jadi kalau misalnya kulit wajah kalian lebih gelap dari leher karena terlalu sering terpapar sinar matahari, niacinamide ini dapat membantu meratakan warna kulitmu.

TEKSTUR
 
 Tekstur The Ordinary Naicinamide 10% + Zinc 1%

Teksturnya cairan bening. Agak sedikit kental, tapi cukup cepat menyerap. Teksturnya yang ringan membuat The Ordinary Niacinamide ini biasa saya gunakan sebagai skincare di layer pertama yang saya pakai setelah toner. Itu juga yang disarankan oleh pihak The Ordinary, bahwa serum ini lebih baik untuk dipakai di awal, sebelum pemakaian skincare yang berbentuk krim atau yang teksturnya lebih berat dari serum The Ordinary ini. Ada yang lucu dari tekstur The Ordinary Niacinamide ini. Serumnya jadi berwarna keputihan kalau tercampur dengan air. Jadi kalau dipakai saat kulit wajah belum benar-benar kering, rasanya seperti bedak yang kecampur air gitu, putih-putih dengan sedikit tekstur.
 
AROMA

Ada aroma yang sangat samar, yang gak bisa saya deskripsiin. Tapi gak perlu khawatir, aromanya yang gak menyengat gak akan bikin hidung kita gak nyaman kok.

HASIL PEMAKAIAN

Tulisan ini sudah saya revisi berkali-kali, mengikuti pemahaman saya tentang produk ini. Pada saat tulisan ini saya publish, tentu ini sudah kesimpulan akhir yang saya dapat setelah sekitar 2 bulan menggunakan produk ini. Satu hal yang saya amati, produk ini cukup awet, dalam 2 bulan hanya menghabiskan setengah botolnya.

Cara Pemakaian The Ordinary Naicinamide 10% + Zinc 1%

Saya selalu bilang kalau pertama kali menggunakan skincare baru, usahakan jangan tercampur dengan skincare baru yang lain. Alasannya adalah untuk mempermudah penilaianmu terhadap produk tersebut. Jadi tidak ada yang berbeda dengan rutinitas skincare saya selain menyelipkan The Ordinary Niacinamide ini sebelum memakai moisturizer. Tapi ada satu hal yang saya lupa, bahwa ada kandungan-kandungan yang tidak bisa tercampur dengan si Niacinamide, yaitu vitamin C. Saya juga lupa, kalau Farsali, si kesayangan saya, mengandung vitamin C. Makanya, minggu pertama pemakaian The Ordinary Niacinamide ini malah bikin kulit saya break out.

Setelah saya ingat kalau Farsali ini mengandung vitamin C, minggu-minggu setelahnya saya hanya menggunakan The Ordinary Niacinamide ini tanpa dilayer dengan apapun, kecuali  di pagi hari, yang tentunya saya layer dengan sunblock. Hasilnya? Saya takjub sih. Minyak di wajah lebih terkontrol, kulit wajah lebih kenyal dan lembut saat dipegang. Saya juga merasa produk ini mengembalikan warna kulit saya yang hiperpigmentasi karena sering panas-panasan. Kerennya lagi, The Ordinary Niacinamide ini bikin jerawat saya lebih terkontrol, hanya menyisakan 1 atau 2 jerawat, itupun jerawat PMS.  Sebenarnya Niacinamide juga dikatakan dapat mengecilkan pori-pori, tapi saya belum merasakannya. Saya gak protes sih, masalah pori-pori besar memang gak bisa cuma berharap dengan 1 produk skincare, apalagi hanya dalam waktu 2 bulan.

Jadi, review orang-orang yang bilang kalau The Ordinary Niacinamide ini bagus, terbukti benar, khususnya untuk orang-orang yang memiliki kulit cenderung mudah berjerawat. Tapi sekarang-sekarang, saya bikin jadwal untuk penggunaan Niacinamide ini. Alasannya? Karena saya juga masih ingin mendapatkan efek glowy dari Farsali, dan Niacinamide ini termasuk skincare yang gak bisa dipakai berbarengan dengan Farsali. Jadi, mau gak mau, harus mengalah dipakai terpisah.

KESIMPULAN

+ Mudah menyerap
+ Harga terjangkau
+ Mengontrol minyak di wajah
+ Dapat meratakan warna kulit wajah
+ Mengontrol jerawat dan beruntusan
+ Isinya banyak

- Gak bisa digabung dengan vitamin C
- Teksturnya berubah aneh kalau terkena air
- Sulit dicari, harus online

Harga : 130.000 untuk 30 ml
Nilai : 4/5
Rekomendasi : Ya, apalagi untuk kalian yang punya kulit acne prone.

You May Also Like

21 comments

  1. saya teemasuk yang kurang paham dengan kandungan skincare. Beruntung mampir di sini, jadi tahu tentang vit C yang ga boleh ketemu Niacinamide. Makasih sudah berbagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe ku juga masih belajar, cari tau sana sini teh. Nuhunn apresiasinya 😘

      Delete
  2. Penting ya dicoba, mau .

    mau . . . mau

    ReplyDelete
  3. ku juga pakai dan udah habis 2 botol sih. aku ga berjerawat tapi ngefek banget buat mencerahkan . dan temen temen bilan muka aku cerahan. apalagi kalau abis panasan ke gunung pantai, harus banget pakai ini. rekomen deh !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneeer banget. Gak harus cerahan, seenggaknya gak bikin muka belang ya. Segitu aja udah seneng..

      Delete
  4. Waah ternyata semantul itu yaa produk ini baru tau deh hehe
    Btw, kemasannya botol kaca yaa jadi harus hati2 pas dibawa travelling

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh.. dr kaca jadi emg harus super hati2..

      Delete
  5. NOted. Jadi kalau pake serum ini ga boleh ya tercapur dengan produk skincare lain yang mengandung vitamin C. Aku baru tau, dan jadi tahu setelah baca artikel ini, makasih sharing nya teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Aku juga ngikutin mas danang sm mba affi makanya tau hehehe.

      Delete
  6. Aku mau coba ini tapi maju mundur terus tp ini beneran bagus yg acne pro ya teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah banyak yg pake dan banyak yg cocok si. Tp ya skincare mak cocok2an hhe

      Delete
  7. Selaluuuu penasaran pembahasan skincare dari kacamata teh anis super komplit plit hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nuhun teh yesi.. jadi malu manjah kan aku dibilang gitu~

      Delete
  8. wah..info skincare baru niy dari mbak anis, ada salah satu keuntungannya 'meratakan warna kulit' hmm, perlu dicoba niy kalo habis gosong berpetualang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa. Aku juga gak ingin kulit putih sih. Yang penting rata dan bersih aja. Gak belang2 gitu haha.

      Delete
  9. Habis baca review nya teteh, jadi pengen beli banget aku ini. Karena tipe kulitku yg acne prone dan berminyak banget. Tengkyu teh udah memberikan ilmu baru nih!

    ReplyDelete
  10. Pengen nyoba banget ini tapi keburu hamil waktu itu. Aman gak ya buat ibu menyusui?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bumil amannya sih skincarenya yg ringan2 aja kali ya teh. Pake sunblock aja jg cukup..

      Delete
  11. Aku juga lagi pake TO Niacinamide ini dan yang aku suka dari brandnya tuh klaimnya ga heboh, to the point, dan memang stay true to its claim :D

    ReplyDelete