REVIEW : Melanox Premium Face UV Protector SPF 30 PA++, Sunblock Underrated Untuk Kulit Acne Prone

by - February 17, 2019

Kalau kalian udah tau kondisi kulit saya, pasti gak aneh kalau saya sering banget gonta-ganti sunblock. Sekalipun saya pernah bilang produk A bagus, produk B bagus, tapi selalu ada minusnya yang bikin saya ingin mencari yang lebih baik. Masalahnya, sunblock ini skincare yang essential, yang akan saya pakai seumur hidup. Jadi saya perlu lebih berusaha untuk nemu sunblock terbaik, supaya gak usah gonta-ganti lagi.

Buat yang belum tau, kondisi kulit saya yang acne prone ini agak sulit bersahabat dengan sunblock. Walaupun saya pakai sunblock dengan embel-embel untuk kulit berjerawat, tapi tetap saja, gak ngefek apa-apa, selalu ujung-ujungnya repot sama whitehead.

Ceritanya kemarin saya kehabisan sunblock. Sebenarnya sunblock Etude saya masih banyak, tapi lain kali saya akan cerita kenapa si Sunprise itu gak cocok juga di kulit saya. Akhirnya, saya memutuskan untuk ke Watson, untuk beli Skin Aqua. Tapi ternyata, agak sulit nemu sunblock Skin Aqua, banyaknya Skin Aqua yang versi BB creamnya. Lalu, Mba SPG nya nawarin Biore, sunblock sejuta umat. Karena pernah coba Biore dan merasa aneh dengan bau, tekstur, dan hasilnya, saya nolak. Lalu, entah gimana ceritanya, saya langsung tertuju sama sunblock Melanox ini.
.
INFORMASI PRODUK

 Melanox Premium Face UV Protector SPF 30 PA++
______________________

Melanox Premium Face UV Protector SPF 30 PA++
Manufactured by PT. Surya Dermato Medica Laboratories
Rungkut Industri III/31
Surabaya - Indonesia
NA181617000358

KEMASAN

Kemasan Melanox Premium Face UV Protector SPF 30 PA++

Review awal langsung ke minusnya dari produk ini. Dengan harga sekitar 64.000 dan embel-embel "premium", kemasannya seperti pelembab dengan harga belasan ribu, yaitu tube plastik model ulir. Menurut saya, ada baiknya kalau tim Melanox melakukan sedikit inovasi kemasan supaya lebih enak diliat, karena sekarang banci kemasan sudah mendunia. Sayapun kalau kemarin gak urgent butuh sunblock, kayaknya gak akan kepikiran buat beli Melanox ini.

KLAIM

Manfaat Melanox Premium Face UV Protector SPF 30 PA++

Krim pelindung sinar matahari yang diformulasikan khusus untuk melindungi wajah dari pengaruh buruk sinar ultraviolet matahari. Mengandung bahan alami Sodium carboxymethyl betaglucan, ekstrak teh hijau dan vitamin E yang memberikan perlindungan pada kulit sehingga mampu memperlambat timbulnya tanda-tanda penuaan dini, menjaga kelembapan serta elastisitas kulit, dan diperkaya dengan Melanox C-Bright complex yang mengandung vitamin C, ekstrak pepaya dan ekstrak lemon yang menjaga kulit agar tetap halus, lembut, dan tampak putih berseri. Dapat dipergunakan sebagai alas bedak yang baik.

Jadi dari deskripsinya, selain sebagai pelindung wajah dari sinar matahari, ada 3 manfaat penting lainnya dari Melanox Premium Face UV Protector ini, yaitu:

1. Sebagai perlidungan kulit
Bahan alami Sodium carboxymethyl betaglucan bekerja memberikan perlindungan pada kulit.

2. Sebagai pertahanan kulit
Teh hijau adalah antioksidan yang membantu melindungi kulit dari pengaruh buruk radikal bebas.

3. Perawatan Keremajaan Kulit
Melanox C-Bright complex dan vitamin E bekerja sebagai antioksidan dan menjaga kelembapan serta elastisitas sel-sel kulit wajah sehingga menjadi lebih halus, lembut, terasa kencang, dan tampak putih berseri.

Manfaat Melanox Premium Face UV Protector SPF 30 PA++

Di samping itu, Melanox Premium Face UV Protector ini dikatakan cocok untuk kulit-kulit yang berminyak dan mudah berjerawat, karena formulanya yang oil free, non comedogenic, dan juga non acnegenic.

KANDUNGAN

Kandungan Melanox Premium Face UV Protector SPF 30 PA++

Purified water, Octy methoxycinnamate, Titanium dioxide, C12 15 Alkyl benxoate, Cetyl alcohol, Propylene glycol, 4-Methylbenzylidene camphor, Glyceryl stearate, Caprylic/ capric trigyceride, PEG-40 stearate, Zinc Oxide, Octyl triazone, Diethylamino hydroxybenxoyl hexyl benzoate, Sodium ascorbyl phosphate, Tocopheryl acetate, carbomer, Triethanolamine, PEG 90, Carica Papaya fruit extract, BHT, Cl 77491, Sodium carboxymethyl betaglucan, Lemon (Citrus medica limonum) extract, Triethoxycaprylylsilane, Butylene glycol, Cl 77492, Cl 77499, Methylisothiazolinone, Iodopropynyl butylcarbamate, Sodium chloride, Green tea (Camellia sinensis) extract, Phenoxythanol, Methylparaben

Kandungan Melanox Premium Face UV Protector SPF 30 PA++

Yang saya suka, selain memberikan proteksi terhadap sinar UV, produk ini mengandung bahan-bahan yang punya fungsi perawatan kulit, di antaranya vitamin C, ekstrak pepaya, ekstrak lemon, BGlucan, dan ekstrak green tea. Bahan-bahan tersebut memiliki fungsi sesuai klaim yang mereka tuliskan.
.
TEKSTUR, WARNA, DAN AROMA

 Tekstur, Warna, Aroma Melanox Premium Face UV Protector SPF 30 PA++

3 hal ini adalah yang menarik dibahas karena ketiganya meningatkan saya dengan sunblock Parasol. Tau kan? Yang krimnya warna beige itu? Dari tekstur, warna, dan aromanya, mirip banget. Gak heran sih, karena dua-duanya produksi dari PT. Surya Dermato Medica Laboratories. Bedanya, tekstur Melanox ini lebih blendable. Enak dan mudah diratakan, dan pentingnya lagi, gak menggumpal dan gak ada efek whitecast. Warna sunblock Melanox ini juga beige. Kalau dibandingkan dengan Parasol yang bikin wajah saya malah jadi kusam, Melanox ini memberikan efek sedikit lebih cerah pada wajah. Mungkin kalau yang kulitnya flawless, kalian bisa jadiin sunblock ini sebagai alas bedak, tanpa foundation lagi. 

HASIL PEMAKAIAN

Hasil Pemakaian Melanox Premium Face UV Protector SPF 30 PA++

Ini sudah masuk bulan kedua saya pakai Melanox Premium Face UV Protector. Dalam sebulan pemakaian, rasanya saya sudah bisa bilang kalau saya cukup terkesan dengan produk ini. Walaupun dari kemasannya kelihatan kurang menarik, tapi ternyata performa produknya sendiri bisa dibilang cukup bersahabat untuk jenis kulit saya yang mudah berjerawat. 

Selain produknya gak menggumpal dan gak menimbulkan whitecast, teksturnya enak dan mudah diratakan. Walaupun bentuknya krim, saya merasa produk ini ringan di wajah, sama sekali gak bikin wajah berat. Menurut saya, sunblok ini punya hasil akhir yang semi matte. Gak lengket, tapi masih terasa efek lembapnya. Makanya, saya selalu suka kalau pakai make up setelah menggunakan produk ini. Hasilnya, make up lebih halus dan rata.

Walaupun produk ini gak mengandung minyak, bukan berarti setelah memakai ini, wajah saya langsung matte sepanjang hari. Permasalahan utama saya kan memang kadar minyak di kulit wajah yang berlebih, jadi gak bisa diapa-apain juga. Tapi seenggaknya, produk ini gak nambahin minyak di wajah saya. Jadi, kalau muka saya berminyak setelah pakai ini, ya ini memang minyak dari kulit wajah saya, bukan karena produknya yang bikin berminyak.  

Jika dibandingkan dengan sunblock-sunblock yang sebelumnya pernah saya pakai (Wardah, Skin Aqua, Biore, Etude, dan yang lainnya), produk ini masih jauh lebih bersahabat dengan kulit berminyak saya. Klaimnya yang mengatakan bahwa produk ini non comedogenic dan non acnegenic sebetulnya belum bisa saya akui. Betul kalau sunblock ini sama sekali gak bikin kulit saya jerawatan, sama sekali enggak. Tapi untuk non comedogenic, saya masih bingung. Saya masih sering lihat whiteheat di daerah hidung dan pipi. Tapi, sepertinya sih, Melanox Premium Face UV Protector ini bukan penyebab utama banyaknya whitehead di wajah saya, tapi karena itu memang nasib seseorang yang kulit wajahnya memproduksi minyak berlebih. Jadi saya gak nyalahin sunblocknya, tapi ya memang salah kulitnya. Tapi, ya, masa saya harus ganti kulit?

KESIMPULAN

+ Teksturnya blendable, mudah diratakan
+ Mudah menyerap ke kulit
+ Ringan, gak terasa berat di wajah
+ Gak menimbulkan whitecast
+ Gak menggumpal
+ Hasil akhirnya lembap
+ Cocok dipakai sebagai base make up
+ Gak bikin jerawatan
- Design kemasan kurang menarik

Harga : 64.000 / 25 gr (Harga Watson TSM) 
Nilai : 4/5

You May Also Like

1 comments