REVIEW : Imah Seniman Resort Lembang, Menginap di Tengah Hutan!

by - February 02, 2019

Kalau kemarin saya sudah cerita tentang pengalaman bermalam di tepi danau, kali ini berbeda. Masih di sekitar Lembang, resort dengan sentuhan alam lainnya, yaitu Imah Seniman Resort. Sejujurnya, saya merasa Imah Seniman ini gak seeksis Sapulidi. Malah saya baru tahu tahun ini, dari Mas Suami. Tapi, gak tau juga kalau ternyata sebetulnya saya yang gak update.

Sekilas saya lihat di google, foto-foto yang keluar tentang Imah Seniman ini gak terlalu menarik. Tempat dan konsepnya setipe dengan Sapulidi. Tadinya saya mau skip aja, tapi waktu lihat review-reviewnya kok kayaknya menarik. Jadi sehari sebelum saya check in, saya booking tipe Suite Forest View dengan harga 588.000 melalui Traveloka.

 Imah Seniman Resort Lembang Suite Forest View


Informasi Resort

Imah Seniman Resort, Resto And Gallery
Alamat: Jalan Kolonel Masturi No.8, Cikahuripan, Lembang, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Telepon: (022) 2787768  
Website : www.imahseniman.com 

Imah Seniman ini ternyata lebih luas dari yang saya bayangkan. Konsepnya jauh di atas Sapulidi. Kamarnya lebih banyak dengan tipe-tipe kamar dan harga yang variatif. Sebetulnya, di sini juga ada tipe kamar tepi danau seperti Sapulidi, tapi untuk suasana yang berbeda, saya pilih kamar yang di tengah-tengah hutan. Kamar hutan ini harganya sedikit lebih mahal dari pada kamar tepi danau. Saya gak tau pasti apa alasannya, tapi jika dibandingkan dengan pengalaman saya bermalam di kamar tepi danaunya Sapulidi, saya merasa kamar di tengah hutan ini lebih sejuk, adem, menenangkan, dan menyegarkan penglihatan.

Tadinya saya mau foto resort ini mulai dari gerbang depannya, tapi sayangnya saat itu hujan, jadi agak rempong. Area Imah Seniman ini sangat luas, untuk resortnya saya perlu masuk lagi ke dalam sekitar 500 meter menggunakan mobil. Buat teman-teman yang gak bawa mobil, jangan khawatir, pihak Imah Seniman menyediakan mobil untuk mengantar tamunya ke kamar. Lalu dari parkiran mobil ke kamarpun, saya harus jalan sekitar 200 meter melewati pepohonan, jembatan kayu, dan sungai.

Basah dan lelah karena lari-lari di tengah hujan, terbayarkan ketika saya sampai di kamar. Kamar ini gak ada balkonnya, tepat di tengah pepohonan, tapi dindingnya terbuat dari kaca. Jadi saya bisa lihat pemandangan di luar tanpa harus ke luar kamar. Cuma mungkin harus hati-hati kalau mau ganti baju atau ina inu jangan lupa ditutup gordennya rapat-rapat, karena keliatan jelas banget dari luar.

Perbedaan mencolok yang saya rasakan begitu sampai di sini adalah, tempat ini jauh lebih bersih dari Sapulidi Resort. Padahal, berdasarkan survey saya di google, saya berasumsi Imah Seniman ini bakal lebih gelap dan gak terawat. Jadi teman-teman, betul kalau ada yang bilang foto gak selalu sama dengan aslinya, di foto jelek, belum tentu aslinya juga jelek. Begitupun sebaliknya, di foto sih cantik, pas dizoom ternyata artis korea #ifyouknowwhatimean.

 Imah Seniman Resort Lembang Suite Forest View

Fasilitas sama dengan Sapulidi, kasur tipe king, TV, meja, kursi, pembuat teh/kopi, air mineral, dan wi-fi. Lalu, tentu saja, jangan berharap sama wifinya.

Imah Seniman Resort Lembang Suite Forest View

Imah Seniman Resort Lembang Suite Forest View

Bedanya dengan Sapulidi, di sini kamar mandinya lebih luas. Lalu, antara bathtub dan toilet gak ada pembatasnya. Jadi kalau misalnya kamu lagi berendam di bathtub terus tiba-tiba teman sekamarmu ingin BAB ya pilihannya cuma 2, keluar atau diam dan menikmati aroma-aroma fantastis.


Imah Seniman Resort Lembang Suite Forest View

Bathtub di sini gak kalah lucunya dengan bathtub Sapulidi. Ukurannya 2x lipatnya, sehingga mungkin cukup untuk 4 orang. Saya sempat mengomel lagi, kenapa resort di Lembang ini bikin bathtub udah kayak bikin kolam ikan, referensinya dari mana? Kerannya sih lumayan kenceng, tapi... airnya gak panas-panas. Saya sempat nanya ke pegawainya, katanya kapasitas air panasnya hanya 50 liter, dan kalau habis, harus menunggu 30 menit - 1 jam agar kembali panas. Tapi, saya nunggu sampai 1 setengah jam, airnya masih hangat suam-suam kuku. Jadi sama seperti Sapulidi, bathtubnya juga gak kepakai. Kecuali kamu mau berendam pakai air setengah hangat. Saya jadi heran kenapa resort-ressort ini bikin bathtub segede gaban tapi kuantitas dan kualitas air hangatnya gak memadai gitu loh. Kan PHP. Bingung Moana.

Setelah selesai bersih-bersih dan ganti baju, tadinya kami berencana untuk mencari makan malam di luar. Tapi berhubung hujannya masih deras dan saya lagi gak mood hujan-hujanan, akhirnya kami pesan ke restonya Imah Seniman. Saya pikir harganya bakal mirip-mirip sama Sapulidi, tapi ternyata, selain menu masakan Imah Seniman gak sebanyak Sapulidi, harganya pun lebih mahal. Waktu itu saya beli nasi timbel komplit (nasi, ayam, tahu, tempe, sayur asam) harganya 56.000. Rasanya B aja. 

Beda dengan Sapulidi yang sarapannya terbatas dan diantar ke kamar, resort Imah Seniman menyediakan sarapan seperti hotel-hotel pada umumnya, walaupun gak begitu variatif. Restorannya di tepi danau, konsepnya lucu, seperti saung yang berjejeran. Sayangnya saya gak sempat foto karena gak bawa kamera maupun HP ke luar. 

Di Imah Seniman ini saya gak terlalu banyak explore sana sini. Selain karena hujan, waktu kami mepet-mepet karena masih ada tempat-tempat yang ingin kami kunjungi. Kalau ada kesempatan, saya sih ingin ke sini lagi. Suasanyanya tenang, adem, harganyapun gak begitu mahal. Kalau kamu ngerasa penat dan ingin staycation di tempat yang tenang, kamu mungkin harus coba menginap di sini! 

You May Also Like

16 comments

  1. Aku sering lewat daerah ini dan ternyata Imah Seniman se-comfy ini yaa tempatnya duh pasti bikin betah

    ReplyDelete
  2. Nah kalo disini aku belom pernah. Spooky juga ga sih? Sekarang soalnya agak woory kalo ke imah seniman takut longsor. Betul banget semua bathtub dilembang knapa ga dibagusin kaya di bali yah. Kalo segede itu knapa ga dibuat private pool aja yah jgn bathtub hehe

    ReplyDelete
  3. tempatnya cozy banget ya ampun. aku tuh dari lama pengen ke sini cuma ragu-ragu huhu

    ReplyDelete
  4. Comfy cmn sayang bath tubnya kagak kepake

    ReplyDelete
  5. Sensasi baru ya teh nginep tengah hutan wkwk banyak binatang binatang gitu ga teh di penginapannya..bisi serangga pada pingin ikut nginep mhehe

    ReplyDelete
  6. Ak penasaran banget sama imah seniman ini sejak beberapa taun lalu, tapi bener banget, review2 yang beredar kurang okeh. Terus katanya aga spooky bener ga sih?
    Tapi baca reviewnya Anis jd pengen coba ksana :-D

    ReplyDelete
  7. oh di imah seniman ada tempat menginapnya juga ya, kirain hanya tempat makan saja, sering lewat tapi belum pernah singgah..makasih mbak

    ReplyDelete
  8. Teh ini kalau malam serem ga?aku cuma lewat aja dulu karena parnoan takut hehe tapi kalau pagi adem banget ya hihi

    ReplyDelete
  9. Ada apa sih Nis sama bathtub di hotel Lembang ini? Hahaha.. Jadi kayak bathtub di penginapan di Cipanas Garut nggak sih yang buat ramean :))

    ReplyDelete
  10. Lagi cari penginapan yg bath tub ny enakeun, tapi ini kurang yaa, huhuhuu

    ReplyDelete
  11. penasaran sama imah seniman ini..
    lewat mulu tpi belom pernah mampir

    ReplyDelete
  12. Pertama kali event kantor di imah Seniman ini lho teh ternyata ada semacam penginapan dan cucmey ya buat staycation

    ReplyDelete
  13. penginapannya asri banget ya ... cocok nich buat liburan keluarga

    ReplyDelete
  14. wah nayman abnget dan dekat alam itu memang asyik

    ReplyDelete
  15. Pertanyaanku dikit aja, nih. Mamamnya di mana? Apakah ada restonya atau bisa masak sendiri? Apakah teman-teman serangga ada di dalam rumah - mengingat lokasinya ada di tengah hutan?

    Pertanyaan yang receh banget tapi sanggup bikin aku mundur teratur meskipun sudah kadung bayar, hahahaha ...

    ReplyDelete
  16. Aku dulu sempet tertarik buat nginap di sana Mba, tapi perasaan kok agak gelap ya suasanannya.. Ternyata enggak ya mba.. Luas banget itu kamar mandinya bisa koprol bolak balik kayaknya ya.. :D Manalah Lembang dingin ya, mau berendem kan biar anget.. Air angetnya malah lama.. :D

    ReplyDelete