REVIEW : Fanbo Ultra Satin Lipstick, Say No to Bibir Kering!

by - February 24, 2019

Setelah tahun 2018 kemarin lip cream matte sempat menjadi bintang di dunia per'lambe'an, tahun 2019 ini disebut akan menjadi tahunnya lipstick lipsctik satin dan glossy. Lipstick-lipstick yang memberi kesan mengkilap atau basah, mengikuti tren glowy make up yang saat ini banyak diminati.

Buat saya yang punya bibir kering, lipstick satin merupakan cara aman untuk tampil cantik tanpa membuat bibir terlihat kering kerontang. Mau secantik apapun warna bibir kita, kalau kering, bakal kelihatan garis-garis bibir yang bikin bibir kita kelihatan gak sehat. Makanya, waktu Fanbo ngeluarin produk terbarunya, yaitu Fanbo Ultra Satin Lipstick, saya excited banget. Apalagi waktu tau kalau saya termasuk salah satu yang beruntung untuk mencoba kedelapan shade lipstick ini. Thank you, Fanbo!

 review fanbo ultra satin lipstick indonesia

KEMASAN

Kemasan dan design Fanbo Ultra Satin Lipstick ini lebih modern dibandingkan dengan kemasan lipstick Fanbo sebelumnya. Bukan lagi berwarna merah dengan sedikit sentuhan warna emas, tapi warna putih dengan corak garis diagonal berwarna pink. Designnya terlihat lebih feminin dan modern. Kalau saya perhatiin sih, produk Fanbo akhir-akhir ini keren-keren, designnya pun gak jadul, saya rasa tim R&D nya jago-jago nih!

KLAIM DAN KANDUNGAN

Maafkan saya harus skip bagian ini. Informasi mengenai produk ini ditulis di plastik yang membungkus lipsticknya. Hanya saja tulisannya yang berwarna putih dan ukuran tulisan yang super mini, gak terbaca oleh mata saya. Bahkan teman saya sempat mencoba baca pakai loop, dan tetap gak kebaca. Tapi, sedikit informasi yang saya dapatkan, produk ini mengandung vitamin E sebagai antioksidan untuk bibir dan UV protection untuk melindungi bibir agar tidak menggelap karena pengaruh buruk sinar matahari.

AROMA

Aromanya masih sama seperti aroma lipstick Fanbo yang seri sebelumnya. Aromanya jadul, tercium saat diaplikasikan, namun kalian gak perlu khawatir, aromanya akan menghilang begitu selesai diaplikasikan.

REVIEW DAN SWATCHES

review fanbo ultra satin lipstick indonesia

Kedelapan warna Fanbo Ultra Satin Lipstick ini punya pigmentasi yang berbeda. Bagi saya yang punya garis hitam di bibir, pigmentasi lipstick merupakan hal yang penting. Gak semua lipstick bisa nutupin garis hitam di bibir saya, makanya syukur-syukur kalau saya nemu lipstick tanpa harus menggunakan concealer bibir sebelumnya. 
 
01 Prom Queen
Warna merah cabe dengan cool undertone. Tekstur buttery, pigmentasi oke. 1x swatch sudah dapat menutup garis hitam di bibir.
02 Nerd 
Setingkat lebih gelap dari no 01, salah satu favorit saya. Tekstur buttery, pigmentasi oke, 1x swatch sudah dapat menutup garis hitam di bibir.
03 Feminine
Warna paling aman dan kalem yang menurut saya bakal jadi favorit banyak orang. Tipe-tipe lipstick mlbb (my lips but better). Butuh 2x swatch untuk menutupi garis hitam di bibir. 
04 Adventurous
Warna ini agak mirip dengan no 02, tapi saya rasa no 04 ini ada sedikit hint orangenya. Tekstur dan pigmentasi, sama persis dengan no 02
05 Fashionista
Warna coklat ini juga saya rasa akan jadi favorit banyak orang. Masuk ke semua warna kulit dan semua undertone.
06 Innocent
Warna paling sheer dan menurut saya bakal cantik banget buat yang bibirnya udah pink, bakal ngasih efek bibir lebih plumpy. Tapi untuk yang punya garis hitam di bibir seperti saya, harus siap-siap concealer sebelumnya.
07 Possesive
Ini adalah favoritku! Saya takjub dengan pigmentasinya yang cukup 1x oles udah nutup dengan sempurna. Warna-warna gini sebenarnya bukan warna saya, tapi yang 1 ini pengecualian. No 07 ini juga cantik banget buat dijadiin ombre lips untuk warna dalam bibirnya.
08 Ambitious
Warna ini termasuk yang sangat buttery juga. Warna pinknya sheer tapi agak sedikit neon/ nyala.. Lebih cocok untuk yang punya cool undertone. 

review fanbo ultra satin lipstick indonesia
 
 review fanbo ultra satin lipstick indonesia

Jika dilihat sekilas, seri warna Fanbo Ultra Satin Lipstick ini terbagi ke dalam 2 tipe warna, bold dan nude. Seri warna bold terbilang lebih banyak, yaitu no 01, 02, 04, 05, 07 , sedangkan sisanya ni 03, 06, 08 merupakan warna-warna yang lebih kalem.

Untuk warna-warna boldnya, saya salut dengan pigmentasinya. Sekali swatch, warnanya benar-benar keluar dan mampu menutup garis hitam di bibir. Teksturnya gak over satin, pas. Gak berminyak, tapi tetap terasa lembab. Hanya sayangnya, beberapa warna bold ini terlihat sangat mirip, yaitu no 01, 02, 04.

Sedangkan untuk warna-warna nudenya, warnanya lebih sheer. Untuk no 03, saya perlu 2x swatches untuk mendapatkan coveraga yang saya harapkan. Tapi untuk no 06 dan 09, saya sama sekali gak bisa berharap untuk coveragenya. warnanya agak sedikit patchy, dan super sheer. Tekstur dari warna nude ini super buttery, meleleh di bibir, dan jatuhnya seperti memakai lipbalm/lipgloss yang berwarna,terutama untuk no 06 dan 09. Jadi walaupun pigmentasinya gak terlalu bagus, lipstick ini masih bisa dipakai untuk memberikan kesan bibir sehat dan natural.

Karena yang namanya satin lipstick ini gak diformulasikan sebagai lipstick yang tahan lama, maka lipstick ini memang akan mudah sekali transfer atau hilang sama sekali saat kita makan atau minum. Tapi menurut saya gak masalah, selama pada saat touch up gak bikin tekstur lipstick di bibir menjadi menggumpal, dan itulah yang saya rasakan selama menggunakan Fanbo Ultra Satin Lipstick.

KESIMPULAN

+ Produk lokal
+ Harga terjangkau
+ Tekstur buttery
+ Melembapkan bibir
+ Pigmentasi warna boldnya juara
+ Tekstur gak menggumpal saat dipakai touch up

- Warnanya kurang variatif, beberapa shade terlihat sangat mirip
- Tekstur sheer untuk warna nude
- Aromanya jadul

Harga : IDR 41.000
Nilai : 3.5/5

You May Also Like

14 comments

  1. Omg fanbo berganti rupa dan warnanya cantik cantik semua hihi

    ReplyDelete
  2. aku juga suka banget lipstik ini, ga bikin bibir kering tapi juga ga terlihat kayak berminyak banget, tapi emang iya beberapa warna terlihat mirip-mirip

    ReplyDelete
  3. Wuih, cantik-cantik ya warnanya. Aku suka yang Nerd sama Adventurous deh. Nyari aaaah. Semoga ada di toko deket2 sini. :D

    ReplyDelete
  4. Feminine sama fashionista nih kayaknya pilihan aku hehe. Aduh mupeng yah punya fanbo lipstick ini

    ReplyDelete
  5. Aku juga dapet nih dan ini aku suka banget sama warna2 merahnya matep. Banget

    ReplyDelete
  6. penasaran sama lipstik fanbo ini, soalnya sedang berkeliaran di blog dan ig hehe

    ReplyDelete
  7. Kemasan fanbo makin modern ya skg. Aku kepincut sama seri feminine nya nih teeehhh

    ReplyDelete
  8. Yang geulis mah mau pake warna apa aja juga cakep hahaha, aku suka shade no.5 deh bisa dipakai buat sehari-hari. Btw, aroma jadul teh kumaha, Nis? :))

    ReplyDelete
  9. Aq paling suka no 5...tsakeppp...yg 3 jugak sukaa..

    ReplyDelete
  10. 01,02,03,06 aku suka warna itu cocok deh

    ReplyDelete
  11. ini udah tersebar di pasaran blm teh? atau hanya bbrp toko saja?

    ReplyDelete
  12. Aroma jadul ya teeeh :"" aku roaming dulu itu aroma yg begimana wkwk
    Keliatannya lumayan sih buat sehari hari dan buat bibur kering kayak aku

    ReplyDelete
  13. warnanya cantik-cantik teh, dulu aku suka pake produknya fanbo ibu aku hehehee

    ReplyDelete
  14. Aku suka banget yang nomer 6 dan 7. Nude gimana gituu.. gemes warnanya.

    ReplyDelete