REVIEW : Make Over Powerstay Matte Powder Foundation W42 (Warm Sand)

by - January 10, 2019

Saya termasuk orang yang antusias tiap Make Over ngeluarin produk baru, karena selama ini Make Over selalu memberikan kesan positif di setiap produk-produknya. Kualitas produknya udah gak perlu diragukan lagi. Begitu pula saat produk ini launching, Make Over Powerstay Matte Powder Foundation, secepat itu juga saya langsung coba produknya.


INFORMASI PRODUK


Make Over Powerstay Matte Powder Foundation 12 gr
Produced by:
PT. Paragon Technology and Innovation
Industri Road IV Blok AG No. 4
Jatake Industrial Area, Tangerang-Indonesia

KEMASAN


Sebenarnya saya bosan kalau harus mendeskripsikan kemasannya Make Over, karena kemasannya sudah pasti saya suka. Warna hitam yang gak berisik, terbuat dari plastik yang cukup kokoh, lalu disertai dengan cermin dan juga puffnya. Tapi kadang saya suka sedih sama kemasannya ini, plek plekan mirip banget sama kemasan tetangga. Tapi, beberapa orang memang bilang kalai ini adalah dupenya. Tapi, apa harus kemasannya juga dimiripin banget? (Lalu saya baru sadar terlalu banyak bilang "tapi")

KLAIM


Diciptakan dengan pigmen warna berteknologi tinggi, formula powder ini memberikan coverage sedang hingga tinggi yang dapat meratakan warna kulit, menghasilkan tampilan kulit mulus. Mengandung mikropartikel, soft focus agent, dan oil absorber, memberikan hasil yang matte, halus, dan tahan lama, yang menyatu dengan baik dengan kulit, juga menyamarkan pori dan garis halus. Cocok untuk kulit normal sampai berminyak.

KANDUNGAN

Talc, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Silica, Isopropyl Myristate, Nylon-12, Octyldodecanol, Dipentaerythrityl, Hexahydroxystearate/ Hexastearate/ Hexarosinate, Zinc Oxide, Phenoxyethanol, Triethoxycaprylylsilane, PCA Dimethicone, Hydrogen Dimethicone, Aluminum Hydroxide, HDI/ Trimethylol Hexyllactone Crosspolymer, Dimethicone,Polymethyl Methacrylate, Ethylhexylglycerin, Methicone, Fragrance, Tocopheryl Acetate, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, Tocopherol.

May Contain: Cl 77891, Cl 77492, Cl 77491, Cl 77499, Cl 42090

TEKSTUR

Teksturnya halus, seperti yang dibilang, produk ini mengangdung mikropartikel. Jadi ya gak heran.

AROMA

Aromanya seperti bedak pada umumnya, tapi samar banget. Kalau diaplikasiin sih gak akan kecium wangi apa-apa, jadi gak ada masalah.

WARNA


Warnanya cukup banyak, ada 8 warna. Saya pilih no W42 (Warm Sand) yang memang sesuai dengan warna kulit saya. Biasanya saya pilih warna yang setingkat lebih terang, takut-takut produknya oxidize, tapi BA nya bilang produk ini gak oxidize, jadi saya pilih warna yang benar-benar sesuai dengan warna kulit saya. Tapi saya lupa perhatiin undertonenya, yang ternyata adalah peach. :(

HASIL PEMAKAIAN

Karena saya ingin tahu betul kualitas produk ini, saya gak pakai foundation ataupun primer sebelumnya. Saya pakai langsung setelah menggunakan sunblock, menggunakan puffnya untuk mendapatkan coverage yang tinggi. Setelah beberapa kali pakai dengan cara tersebut, akhirnya saya punya kesimpulan tentang performa Make Over Powerstay Matte Powder Foundation.
Pertama, saya ingin komentar tentang warnanya. Sebenarnya saya gak bisa komentar banyak karena salah pilih shade.
1. Produk ini oxidizenya lumayan ganggu, sejam setelah saya pakai, muka saya kucel banget, menggelap. Bahkan jauh lebih gelap dari warna asli kulit saya. Jadi saya agak bete waktu BA nya bilang kalau produk ini gak oxidize.
2. Karena saya salah pilih shade yang undertonenya peach, jatohnya di muka ya abu-abu. Lagi-lagi, saya gak nyalahin produknya, karena ini akibat salah pilih shade.

Make Over Powerstay Matte Powder Foundation ini mengklaim kalau formula powder ini memberikan coverage sedang hingga tinggi yang dapat meratakan warna kulit, menghasilkan tampilan kulit mulus. Untuk ini saya setuju, coveragenya memang lumayan untuk menutupi kemerahan dan bekas jerawat. Tapi saya agak kesulitan untuk melayer produk ini tanpa membuat makeup menjadi pecah/ patchy.


Make Over Powerstay Matte Powder Foundation ini juga mengklaim bahwa kandungan soft focus agent, dan oil absorbernya dapat memberikan hasil yang matte, halus, dan tahan lama, yang menyatu dengan baik dengan kulit, juga menyamarkan pori dan garis halus. Untuk oil absorbernya memang sukses membuat wajah saya jauh dari minyak, tapi... saking keringnya, malah bikin pori-pori dan garis halus di kulit saya terlihat. Intinya, powder ini terlalu matte, bahkan di kulit saya yang berminyak.

Jadi saya menyimpulkan kalau powder ini lebih baik dipakai sebagai finishing, setelah menggunakan foundation. Lalu, penggunaannya pun tidak perlu terlalu banyak, cukup pakai brush saja, supaya gak over matte, dan bikin makeup jadi patchy.


KESIMPULAN

+ Pilihan warna cukup banyak
+ Teksturnya halus
+ Oil controlnya juara
+ Coverage lumayan, dapat menutup kemerahan dan bekas jerawat
+ Mudah dicari
- Oxidize
- Terlalu matte, membuat pori-pori dan garis halus terlihat lebih jelas
Harga : sekitar 150.000
Nilai : 2/5

You May Also Like

12 comments

  1. Samaaa.. aku pun bingung kenapa sampe Fatya biya suka banget sama produk ini?? Aku coba untuk suka tapi ga bisaaa :( kalau buat touch up malah patchy dan cakey.. sedih akutuh

    ReplyDelete
  2. Aku malah lebih suka yang hasilnya semi matte, jadi ada glow2nya gitu teh..tapi bagus sih kayanya untuk tipe oily prone yaa..

    ReplyDelete
  3. hmmm ku pikir bakalan sebagus itu ya, pengen beli cuma emang aku ragu sih sama produk ini, padahal aku suka produk MO lainnya

    ReplyDelete
  4. Sayang banget yaa produk ini oxidize :( bedanya sama yg two way cake nya apa teh?

    ReplyDelete
  5. Wah asyik nih reviewnya jadi bikin penasaran. Ada 8 pilihan warna ya...aku tu suka bingung milih yg cocok buat kulit ssndiri..ujung2 nya suka nanya sama spg nya deh...

    ReplyDelete
  6. Waah oil controlnya bagus yaa kayaknya cocok nih di aku

    ReplyDelete
  7. Harganya lumayan juga yah say. Tapi kalo aku sekarang lebih suka bedak tabur dan gak pernah pake foundation, bikin wajah lebih ringan

    ReplyDelete
  8. Wahh ternyata oxidize yaa, jd klo mw beli yg setingkat lbh terang ja ya.. btw mksh infonya y

    ReplyDelete
  9. Waah.. ini sih suka banget sama produknya. Super matte ya? Aku suka sih yang matte.

    ReplyDelete
  10. Aku paling suka kalo teh Anis udah review product gini. Bener-bener simple tapi padat dan jelas. Aku masih harus ngabisin bedak tabur dirumah dulu nih. Oxidize sayang banget yah :'(

    ReplyDelete