Tips Memakai Make Up Saat Berkaca Mata

by - December 05, 2018

Memakai kaca mata dari semenjak SMP sedikit mengganggu penampilan saya. Seenggaknya, itu yang saya rasakan. Walaupun para mantan pacar saya lebih suka saya pakai kaca mata, tapi saya merasa kalau kaca mata ini punya efek menambah usia pada wajah, a.k.a bikin muka keliatan lebih tua. Bahkan rekan kerja saya pernah bilang kalau kaca mata bikin muka saya kelihatan antagonis. Tapi gak mungkin juga saya gak pakai kaca mata, dunia terasa bergoyang. Pakai softlens tiap haripun bukan pilihan ideal bagi saya. Sehari memakai softlens saja cukup bikin mata saya kering kerontang, apalagi kalau setiap hari.

Yang paling mengganggu adalah ketika saya harus memakai make up. Saya sering merasa kalau kaca mata dan make up adalah 2 hal yang sulit disatukan, rasanya saya cuma bisa pilih salah satu. Entah kenapa, pakai make up saat berkaca mata kadang bikin penampilan terlihat berlebihan atau menor. Saya pernah baca di suatu artikel, bahwa kaca mata termasuk "aksesoris" wajah, begitu juga dengan make up. Makanya, saat berkaca mata, banyak orang memilih make up yang minimalis atau natural. Saya termasuk salah satu di antaranya. 

Saya menikmati make up super natural agar dapat tetap memakai kaca mata. Tapi suatu saat saya bekerja di posisi yang mengharuskan saya bertemu banyak orang seharian. Rasanya make up natural gak akan tahan seharian, yang artinya saya harus memakai make up yang sesungguhnya. Dan akhirnya, setelah 5 tahun bekerja, saya mulai terbiasa dengan perpaduan make up dan kaca mata, bagaimana caranya agar dapat tetap bermake up, tanpa harus menggunakan softlens, yang juga akan saya ulas di sini.


Jadi pada dasarnya, memakai make up pada saat berkaca mata gak berbeda dengan bermake up pada umumnya, hanya saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan atau lebih tepatnya dihindari saat kalian ingin bermake up dan berkaca mata. Tujuannya tentu agar tampilan make upmu gak terlihat berlebihan atau menor.

1. Hindari riasan mata yang heboh

Seperti yang tadi saya bilang, kaca mata dan make up termasuk aksesoris wajah. Saat kamu menggunakan kaca mata, berarti kamu harus mengurangi make up di wajah, terutama di bagian mata.

Apa saja yang harus dihindari?
- Eyeshadow yang terlalu menyala
- Eyeliner yang terlalu tebal
- Maskara yang bikin panjang/ bulu mata palsu, ini cuma bikin kaca matamu cepat kotor karena kegesek-gesek dengan bulu mata
- Eyeliner bawah hitam
- Alis yang tebal

Kebayang kan? Jadi, gunakan warna natural, misalnya coklat sebagai eyeshadow, alis natural, maskara yang dikhususkan untuk mempertebal bulu mata, bukan memperpanjang.

2. Usahakan Make Up Matte, Hindari Make Up Dewy

 
Walaupun make up basah-basah begini lagi booming, tapi saya gak pernah cocok dengan efek basah-basah selama saya memakai kaca mata. Tekstur wajah yang basah, akan membuat kaca mata menempel di wajah dan akan memberikan bekas/ tapak kaca mata, dan itu bukan hal yang ingin kamu dapatkan saat memakai make up.

Jadi usahakan selalu memakai teknik baking khususnya di bagian yang terkena kaca mata. Kalau kalian ingin tetap terlihat bercahaya, gunakan saja highlighter yang berbentuk powder, sehingga kamu bisa tetap terlihat glowy tanpa meninggalkan tapak kaca mata.

3. Hindari Warna-Warna Gelap

Karena kaca mata sudah memberikan kamu sedikit tambahan usia, make up yang kamu pakai harus membuatnya netral, jangan membuat wajahmu terlihat semakin tua. Hindari warna bibir yang gelap seperti coklat, merah bata, maroon, apalagi hitam (ya kali). Gunakan warna pink atau peach untuk membuat tampilanmu lebih fresh.

Begitu juga dengan penggunaan blush on. Jangan terlalu tebal, dan gunakan warna yang lembut. Peach atau coral akan menjadi pilihan yang tepat. 

Di bawah ini adalah hasil make up andalan saya, make up natural untuk hari-hari santai, dan make up bold untuk acara-acara formal.

Jadi itu adalah 3 tips buat kamu-kamu yang ingin tetap memakai make up saat berkaca mata. Gimana? Atau kamu lebih suka pakai ? Let me know!

You May Also Like

19 comments

  1. Kadang lebih memilih pake softlens kalau ngga buru2, hehe..btw cakep teh make up nya..

    ReplyDelete
  2. judulnya aku banget ..yang pake kacamata. jadi ga pernah pake makeup...soalnya ketutup juga. nanti aku coba bermain makeup deh ka..dengan tipsnya

    ReplyDelete
  3. Noted tips nyaa.. Tapi aku gabisa me'ap-an. Ajarin dong ๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  4. Tipsnya keren nih wajib di coba

    ReplyDelete
  5. Aq ngga pake kcmata, tp setiapkali ke cinema kudu bw kcmt karena ngliat yg rada jauh udh mulai ngeblur heheh. Thx for the tips yaa..

    ReplyDelete
  6. Kadang suka ngerasa percuma pakai makeup kalau lagi pake kacamata, karena gak bakalan keliatan haha. Apalagi kalau ninggalin bekas di bagian hidung huhu. Tapi itu mungkin karena aku salah stepnya kali yah, boleh nih tipsnya nanti aku coba

    ReplyDelete
  7. Waah mantul nih tips-nya
    Aku selalu suka tulisan-tulisan Teteh yg sangat berfaedah ini hehe

    ReplyDelete
  8. Nah iyaa, sedihnya itu make up pake kacamata bakal ada bekas tapak di hidung, hiksss...

    ReplyDelete
  9. Iya bener banget teh malah akumah males pake mascara karna suka nabrak ckck

    ReplyDelete
  10. Cocok pas makeup nya yang bawah. Hihihi

    Kebayang kalau dewwy ntar kacanya kotor. Hehe

    ReplyDelete
  11. Cantik babget cocok di muka teteh๐Ÿค—

    ReplyDelete
  12. noted.. tipsnya sangat berguna sekali tetehhh...
    terimakasih banyak teteh wkwk, aku jd tau bagaimana tampil cantik walaupun menggunakan kacamata

    ReplyDelete
  13. Aku sih lebih milih pake softlens daripada pake kacamata. Soalnya idung yang cuma seuprit ini kalau dandan dan pake kacamata itu ga banget. Turun turun terus kacamatanya.. haha. Mungkin harus cari model kacamata yang lain..

    ReplyDelete
  14. makasih sharingnya mbak annisa yang cantik :)

    ReplyDelete
  15. Makasih tipsnya yaah.. Berguna banget buat aku

    ReplyDelete
  16. Aku tiap hari pake kacamata Nis kalo ngantor, tapi da boro-boro makeup-an males hahaha

    ReplyDelete
  17. kesemuanya cantik. Dan noted banget buat yg kacamata, bagian mata ga boleh hiperbol, malah jatohnya nerdy banget. Thanks for sharing tete

    ReplyDelete
  18. Aku berkacamata.. Dan selama ini ga pernah ngikutin rules.. Lagi pengen smokey eyes yaudah pake aja hahahah

    ReplyDelete
  19. akuuu pake softlens setiap hari tapi sering memang pengen rehat pake kacamata tapi pengen kece makasi tipsnya ya teh

    ReplyDelete