Rutinitas Skincare di Pagi Hari Untuk Kulit Sensitif dan Acne Prone

by - November 17, 2018


Impian saya sedari dulu adalah punya kulit wajah yang ekonomis, yang cukup dengan air wudhu aja udah kinclong. Tapi nyatanya tidak semudah itu Fulgoso. Siapa di sini yang kaya gitu? I envy you dan please gak usah pakai skincare macam-macam! 

Beberapa tahun lalu, saya pernah cerita kalau saya sempat struggling karena ketergantungan dengan krim dokter *r*a. Jungkir balik buat cari skincare drugstore yang bisa mengganti peran si krim dokter ini. Pada akhirnya saya mendapat beberapa produk yang  dirasa cukup bekerja dengan baik di kulit saya, dan tentunya sudah pernah saya ulas. Kamu bisa baca di sini. Tapi namanya manusia kan ya, susah banget buat puas. Saya masih beberapa kali coba-coba skincare lain yang menawarkan lebih banyak janji dan manfaat untuk kulit. Dulu saya punya pola pikir, semakin mahal harganya, semakin bagus manfaatnya. Makanya saya pernah coba beberapa produk yang cukup menguras kantong, seperti SK II, Lancome, dan Clinique. Tapi ternyata saya salah. Produk-produk tersebut masih kalah dengan produk drugstore yang akan saya ulas sekarang.

Kali ini, bersama Bandung Hijab Blogger, saya akan berbagi tentang rutinitas perawatan kulit di pagi hari untuk kulit sensitif dan acne prone seperti saya. Bagi saya yang gak cocok dengan konsep 7 step skincare ala Korea atau konsep tumpuk-tumpukkan skincare lainnya, postingan ini rasanya gak akan terlalu panjang. Karena kulit saya yang oily, sensitif, dan acne prone, ekspektasi saya pada skincare gak muluk-muluk. Gak harus bikin cerah, atau mengecilkan pori-pori, atau menghilangkan kerutan. Bahkan sekarang saya punya prinsip less is more. Gak perlu banyak-banyak pakai skincare yang sebenarnya gak perlu. Asal gak menimbulkan masalah di kulit saja sudah jadi indikator utama sebagai skincare yang bakal saya repurchase, termasuk 5 produk perawatan kulit saya di pagi hari.


1. Erha21 Acne Care Lab ACSBP


Harga : 89.000/ 60 g
Beli di : Erha Apthecary / E-Commerce

Erha21 Acne Care Lab ACSBP ini pernah saya ulas sebagai produk pembersih wajah favorit saya. Butiran scrubnya sedikit dan sangat halus, bahkan saat dipakai gak begitu kerasa. Kandungan Salicylic Acid dan Sulphurnya membantu saya mencegah minyak berlebih pencegah jerawat. Walaupun mengandung bahan-bahan pengontrol minyak, cleanser ini sama sekali gak bikin wajah kering. Wajah tetap lembap dan halus. Produk ini dijual bebas, gak mesti pakai resep dokter, jadi aman buat kamu pakai sehari-hari.

2. Evian Brumisateur Facial Spray


Harga : 65.000/ 50 ml
Beli di : Watson/ Century/ Guardian/ E-Commerce

Kalau di Bandung, Evian Brumisateur Facial Spray ini saya pakai untuk lebih melembapkan kulit. Kalau di Lampung, saya pakai untuk cuci muka. Sombong banget kan ya? Air di Lampung gak sebagus di Bandung. Tekstur wajah saya tiba-tiba berubah semenjak saya tinggal di Lampung. Semenjak itu, setiap saya selesai cuci muka, saya selalu pakai Evian ini sampai basah semuka-muka, lalu dikeringkan menggunakan kapas. Semacam pakai toner. Evian ini terbukti membantu menghilangkan whitehead akibat air Lampung yang kurang jernih.

3. Wardah Aloe Hydramild Moisturizer Cream


Harga : 18.000/ 40 ml
Beli di : Counter Wardah, Dept. Store, Drug Store, E-Commerce

Pertama kali saya pakai ini waktu kuliah, sekitar 8 tahun yang lalu. Sejak saat itu saya masih gonta-gant skincare, dan masih belum begitu paham tentang cara kerja skincare. Jadi waktu itu saya sempat break out, dan suudzon kalau si Wardah ini penyebabnya. Padahal ternyata penyebabnya adalah toner si Wardah. Harganya yang gak nyampai 20.000, bikin saya underestimate sama pelembab ini. Tapi ternyata teman-teman, pelembab ini bisa bikin minyak di kulit wajah saya lebih terkontrol. Bahagia gak sih si kecil 18.000 ini bisa ngalahin Lancome Genifique Serum? *Sujud syukur*

4. Wardah Sunscreen Gel SPF 30
 
 
Harga : 33.000
Beli di : Counter Wardah, Dept. Store, Drug Store, E-Commerce

Saya juga pernah mengulas tentang sunscreen ini. Bohong kalau saya bilang sunscreen ini yang terbaik. Sejujurnya, sunscreen ini menghasilkan whitecast, yang lama-lama menghilang seiring dengan menyatunya produk ke kulit, dan berganti dengan kekusaman. Iya, kalau pakai sunscreen ini muka saya jadi abu-abu. Tapi karena saya suka teksturnya, dan lagi-lagi, sunscreen ini gak bikin masalah, ya sudahlah. Toh keabu-abuan ini masih bisa saya tutupi dengan bedak toh.

5. Vaseline Lip Therapy Aloe Vera


Harga : 40.000/ 20 g
Beli di : Dept. Store, Drug Store, E-Commerce

Kalau sebelumnya saya pernah cerita tentang madu yang menjadi favorit lipbalm saya, vaseline ini lipbalm kedua yang saya sering pakai. Selain digunakan sebagai pelembap bibir, saya sering menghapus lipstick atau lipcream menggunakan ini.  Sebagai skincare, Lip therapy ini selalu saya pakai pertama setelah cuci muka, agar pada saat saya mengaplikasika lip cream, produknya sudah menyerap dan bibir sayapun sudah lembap.

Ya, perawatan kulit saya di pagi hari hanya 5 produk drugstore itu. Sisanya mungkin ada tambahan seperti masker, tapi itu kan saya gak pakai rutin tiap hari. Walaupun saya belum bisa dapetin wajah mulus hanya dengan air wudhu, untungnya semua produk tadi gak ada yang mencapai 100.000. Jadi masih termasuk wajah ekonomis gak?

Kalau kamu masih cari referensi produk-produk yang jadi favorit beauty blogger, teman saya, Teh Imanda Ayu, juga menulis tentang rutinitas perawatan kulitnya di pagi hari. Mau tau kan rahasia kenapa ibu dari (Insya Allah) 3 orang anak ini bisa tetap kinclong walaupun sibuk ngurus anak? Yuk cari tau di blognya Imanda Ayu.

You May Also Like

13 comments

  1. tidak semudah itu fulgosooo hihi
    Emang perjalanan panjang ya teh nemu skincare yang cocok di kulit teh :)

    ReplyDelete
  2. waaa kusuka semua produknyaaa hihi kecuali erha karena belum pernah coba hehehe

    ReplyDelete
  3. Kalo sensitif skin mah harus hati2 ya milih produknya. Takutnya malah bikin breakout/purging kan repottt

    ReplyDelete
  4. Evian enak banget di muka, cocok buat segala jenis muka juga

    ReplyDelete
  5. Demi apapun aku penasaran bgt sm sunscreennya wardah, fix mau langsung coba

    ReplyDelete
  6. Wah produk nya belum pernah ada yg aku coba hehe, btw thank you udah sharing teh😊

    ReplyDelete
  7. Wah ni mah harus aku coba jenis kulitnya sama kaya aku

    ReplyDelete
  8. Wahh bener nih ada yang ketinggal, salah satu produk wajib dibawa kemana2, face spray, evian hehee...

    ReplyDelete
  9. wihhh.. penasaran sama si wardah
    cuma aku ga cocom huff

    ReplyDelete