REVIEW: Make Over Camouflage Cream Face Concealer, Sepenting Apa Sih?

by - November 01, 2018

Setelah cukup lama gak bahas tentang kecantikan, kangen juga. Maklum, kemarin bulan kemarin saya banyak ngeberesin tulisan-tulisan yang ngegantung di draft. Sampai sekarangpun masih banyak tumpukan draft yang menunggu untuk diberesin. Se yo, siji-siji.

Tadinya saya mau review lipstick, tapi entah kenapa saya lagi ingin banget ngebahas tentang corrector pallete nya Make Over. Beberapa orang udah tau kalau Make Over ini adalah brand lokal terfavorit saya untuk kategori make up. Alasannya? Dari mulai kemasan, kualitas, dan harganya, semua cocok di kantong saya. Saya yakin banyak orang yang berpendapat sama.


Balik lagi ke produk yang akan saya review, Camouflage Cream Face Concealer ini (selanjutnya akan saya singkat CCFC) adalah produk Make Over yang ditujukan untuk orang yang benar-benar suka make up. BA nya pun sering ngasih informasi seperti itu. Kalau kita lagi bingung pilih CCFC ini atau produk lain yang lebih umum, dia biasanya nanya, "Mba nya suka make upan gak? Kalau CCFC ini biasanya untuk orang yang sering dan senang banget make upan".
Saya sebenarnya berpendapat sama, alasannya? Wait, seperti biasa, saya akan review satu-satu. Yuk!

KEMASAN


Disertai dengan box hitam khas Make Over, produk ini berukuran persegi panjang, sekitar 13cm x 5 cm, 3/4 ukuran HP saya. Terbuat dari plastik kokoh, yang menurut saya gak akan gampang patah. CCFC ini juga dilengkapi oleh kaca dan kuas. Kuasnya ketinggalan di Bandung, tapi biasanya saya emang pakai kuas sendiri. Kuas bawaannya agak sedikit keras dan sulit dipakai. Kalau disuruh milih, aku lebih suka pakai jari dibanding kuas bawaannya.

KLAIM



Seperti yang ditulis pada kemasannya, karena di sini ada 5 warna concealer, masing-masing warna punya fungsi yang berbeda.
Dari kiri ke kanan :

1. Light Beige : sebagai tint/ highlight area mata
2. Beige : menyamarkan noda/ bekas jerawat
3. Light Green : menyamarkan tone warna kulit yang kemerahan
4. Light Purple : memberikan efek cerah pada kulit kusam
5. Orange : memberikan efek cerah pada kulit gelap atau bisa digunakan sebagai base blush on (membentuk area tulang pipi)

Mengandung vitamin E yang menjaga kehalusan vitamin E. Tekstur lembut, mudah diratakan, mudah diaplikasikan, dan hasil akhir powdery matte (kering dan tidak berminyak) dan menyamarkan noda dengan sempurna.

KANDUNGAN

Isononyl Isononanoate, Talc, Diisostearyl Malate, Ozokerite, Castor (Ricinus Communis) Oil, Carnauba (Copernicia Cerifera) Wax, Candelilla (Euphorbia Cerifera) Wax, Cetyl Alcohol, Tocopheryl Arcetate, Hydrogen Dimethicone, BHT, Propylparaben, Quaternium-15, Fragrance, Aluminium Hydroxide, Methicone, Hydrogenated Polyisobutene, Palmitic Acid, Phenoxyethanol, Benzoic Acid.

TEKSTUR & COVERAGE 

Teksturnya creamy dan mudah dibaurkan, kalau pakai jari atau kuas yang bagus. Soalnya saya pernah pakai kuas bawaannya, malah jadi garis-garis. Dibanding dengan yang teksturnya cair, saya lebih suka corector yang teksturnya seperti ini. Padat tapi mudah dibaurkan, dan yang terpenting, coveragenya oke. Walaupun pada kemasan ditulis bahwa hasil akhirnya powdery matte, di kulit saya yang berminyak jatuhnya malah satin. Tapi saya sih malah suka, karena kalau teksturnya powdery matte, saya rasa malah bikin tekstur kulit lebih jelas, apalagi di bawah mata, garis-garis halus malah lebih terlihat nantinya.

HASIL PEMAKAIAN

Daerah wajah yang sangat perlu dikoreksi dan membutuhkan CCFC ini adalah bagian under eye. Kebiasaan begadang dan main HP bikin kantung mata saya semakin hitam dan besar,. Saking besarnya dicurigai menyamai kantung ajaib doraemon, bisa buat naro pintu kemana saja.  Jadi untuk make up yang serius, saya gak pernah skip pakai corrector orangenya. Lalu untuk warna-warna lainnya, sebenarnya jarang dipakai. Kenapa? Karena saya lebih suka pakai highlight powder dibanding corrector yang warna light beige ini. Warna beigenya jarang terpakai karena saya masih punya concealer dari Maybelline Fit Me. Untuk yang warna hijau, jarang saya pakai karena saya jarang banget punya masalah kulit yang menyebabkan kemerahan. Dan yang terakhir yang warna ungu, juga jarang saya pakai. Bukan karena wajah saya jauh dari kusam, tapi sebaliknya. Kayaknya wajah saya emang kusam, tapi yo masa ini mau saya pakai semuka-muka? Jadi intinya, kalau bisa, saya sebenarnya ingin beli warna orange nya saja. Seandainya Make Over bersedia bikin corrector dalam bentuk satuan. (Siapa kamu Nduk, ngatur-ngatur Make Over?)


Ini swatchesnya dalam sekali oles. Untuk corrector, menurut saya cukup untuk mengoreksi flaw di wajah, terutama yang orange ini karena ini yang paling sering saya gunakan. Lumayan terlihat perbedaannya pada saat saya pakai dan tidak. Foto di bawah ini adalah penampakan under eye saya sebelum dan setelah diaplikasikan CCFC yang warna orange dan juga dibantu oleh foundation. Kebetulan saya ada jerawat bekas PMS yang agak merah, jadi sayapun pakaikan corrector yang warnanya hijau.


Under eye saya terlihat gak begitu gelap, tapi untuk kantung mata masih terlihat. Lalu jerawat pun tersamarkan, walaupun masih terlihat permukaannya yang gak rata. Ingat ya, corrector ini membantu untuk mengoreksi warna kulit, bukan untuk memperbaiki tekstur kulit. H

Sejauh ini, corrector dari Make Over ini sangat membantu. Hanya seperti yang tadi saya bilang, hanya 1 warna yang saya sering pakai. Sisanya nganggur gitu aja, tinggal nunggu masa keringnya. Heu. Saya jadi paham kenapa Mba BAnya gak terlalu menyarankan produk ini kalau kamu bukan orang yang seneng banget main make up, karena produk ini gak terlalu essential. Tapi CCFC ini akan sangat membantu kalau kamu senang make up, atau bahkan MUA. Selain karena ini produk lokal dan kualitasnya bagus, harganyapun hanya sekitar 120.000 untuk 5 warna.

KESIMPULAN

+ Produk lokal
+ Mudah ditemukan
+ Blendable
+ Kemasan oke
+ Banyak warna corrector, banyak fungsi
+ Cukup mampu menutupi lingkaran hitam bawah mata
+ Harga terjangkau

- Kuasnya tajam

Harga :sekitar 120.000
Nilai : 3.5/5
Rekomendasi : Ya, khususnya buat MUA atau pecinta make up
Beli lagi? No, karena butuh warna orangenya aja, bakal cari corrector brand lain yang jual satuan





You May Also Like

14 comments

  1. biasanya sha cuma pakai yang beige, ternyata ada banyak warna dengan fungsi yang berbeda. thanks for sharing ya!

    ReplyDelete
  2. Asli aku juga cinta mati sama ini bagus banget buat di under eye mata

    ReplyDelete
  3. Setuju makeover salah satu brand yang banyak menelurkan produk bagus tapi ramah di kantong hihi

    ReplyDelete
  4. Udah paling lengkap aja nih concealer nya make over ini..lebih simpel dan praktis sih yaa buat yang butuh banyak

    ReplyDelete
  5. Brand lokal tapi kualitas high end

    ReplyDelete
  6. Aku punya concealer palette sih jarang dipakai karena nggak sempet dan udah keduluan males. Kumaha dek geulis nyak, Nis 🤣

    ReplyDelete
  7. Produk make over memang keren banget, makasih teh Anisa

    ReplyDelete
  8. Aku juga lagi mupeng sama ini nih hehe

    ReplyDelete
  9. Emang terpavorite klo dari makeover

    ReplyDelete
  10. Aku juga tadinya mau beli ini, tapi kayanya sama deh, warna yg kepake buat aku kayanya cuma yg warna ijo aja buat nutupin merah2 di wajah 😅

    ReplyDelete
  11. Berguna banget buat aku yang buta make up ini. Makasih loh ua teh

    ReplyDelete
  12. Aku punya ini, tapi karena jarang dandan dan gak jago-jago banget jadi jarang dipake. Huhu..

    ReplyDelete
  13. Wah aku juga pake ini, kalo aku lebih sering pake yg light beige, beige, sama orange nya teh hehe. Yg warna ungu paling susah di blend, sama ga teh? :(

    ReplyDelete