Pengaplikasian Foundation : Beauty Sponge VS Brush, Mana Yang Lebih Oke?

by - November 21, 2018

Gak semua orang butuh make up tools untuk mengaplikasikan foundation, bahkan masih banyak yang lebih suka menggunakan jari (jari tangan, FYI). Suhu panas tubuh akan membuat foundation lebih mudah menempel di kulit wajah saat kita menggunakan foundation dengan jari. Tapi, banyak juga yang sudah mulai meninggalkan teknik ini, termasuk saya, karena alasan malas ngotorin tangan.

Alat make up pertama yang saya punya dalam pengaplikasian foundation adalah beauty sponge, unbranded tentunya. Boro-boro tau beauty blender, Mahmud aja saya gak tau. Baru beberapa tahun ke belakang aja akhirnya saya jatuh cinta sama spongenya RT dan gak tertarik buat coba brand lain.

Sampai suatu masa, banyak orang yang pakai brush dalam pengaplikasian foundation. Sebagai wanita yang mudah teracuni, besoknya saya juga langsung beli. Gak belajar dari kesalahan masa lalu, saya beli yang unbranded. Lalu kesan pertama saya menggunakan foundation brush? Aneh. Brush ini malah meninggalkan jejak garis kesana kemari, ngingetin saya dengan kegiatan mewarnai, yang bikin saya ngerasa harus ngoles brush ke satu arah yang sama, biar rapi. Pokoknya saya sempat ilfil pakai brush.

Tapi karena tren foundation brush ini makin marak, saya akhirnya beli lagi foundation brushnya Real Technique, dan setelahnya, saya langsung jatuh cinta lagi pada Real Technique. Setelah sekian lama, akhirnya saya paham kenapa banyak orang yang senang menggunakan brush dalam pengaplikasian foundation. Ternyata make up tools untuk pengaplikasian foundation gak boleh main-main, ada harga ada rupa betul terbukti.

Setelah punya 2 alat make up kelahiran Real Technique ini, saya jadi bisa ngeliat perbedaan hasil make up yang dibuat dengan penggunaan brush dan sponge, yang menjadi alasan saya bikin postingan ini, yaitu membandingkan keduanya


DESKRIPSI PRODUK

1. Real Technique Miracle Complexion Sponge 


Harga Miracle Complexion Sponge ini beragam, tergantung paketnya. Normalnya, untuk 1 buah sponge harganya berkisar 70.000, termasuk terjangkau jika dibandingkan dengan beauty blend. Sponge berwarna orange -yang juga merupakan ciri khas Real Technique- sering menjadi andalan para beauty enthusiast. Miracle Complexion Sponge Real Technique ini juga bisa digunakan dalam kondisi basah, maupun kering. Bahannya empuk dan gak terasa latex sama sekali, sehingga sangat nyaman digunakan. Seperti sponge pada umumnya, Miracle Complexion Sponge Real Technique ini juga bisa digunakan dalam kondisi basah, maupun kering.

2. Real Technique Expert Face Brush


Kamu bisa dapatkan Expert Face Brush Real Technique dengan harga sekitar 130.000. Bulunya halus dan padat. Walaupun harganya lebih mahal, tapi saya rasa brush ini lebih awet. Selama ini saya sudah 2x ganti sponge, tapi belum pernah ganti brush. Jauh berbeda dengan brush unbranded yang pernah saya beli, brush ini gak menimbulkan garis-garis di wajah.

HASIL MAKE UP 

  
Walaupun semua produk make up yang saya gunakan sama, ada beberapa hal perbedaan yang saya rasakan saat mengaplikasin foundation dengan menggunakan tools yang berbeda di tiap sisi. 

2. Penggunaan  Real Technique Miracle Compexion Sponge

Untuk yang bagian kiri,  saya menggunakan setengah pump. Tapi seperti yang kita tau, kelemahan sponge ada di pori-porinya yang banyak menyerap produk. Setengah pump foundation menggunakan sponge terasa sangat kurang.  Banyak produk yang terserap di produk menghasilkan make up yang tipis dan terkadang lebih cepat luntur jika kita sering cuci muka/ wudhu. Tapi keunggulannya, sponge memberikan hasil make up yang halus dan gak dempul. Tipe make up sehari-hari. Meskipun di foto terlihat biasa aja, tapi di real life, hasilnya lebih enak dilihat. Warna kulit wajah terlihat lebih cerah dan rata tanpa terlihat dempulan.


2. Penggunaan Real Technique Expert Face Brush

Lanjut ke bagian kanan wajah, saya menggunakan brush dalam pengaplikasian foundation. Kebetulan saya punya beberapa jerawat kemerahan bekas PMS kemarin. Hanya dengan setengah pump foundation, semua flaw di kulit seketika hilang. Warna kulit benar-benar rata. Ini adalah salah satu keunggulan brush, irit produk! Semua produk benar-benar merata di kulit, gak ada produk yang terserap dalam brush. Meskipun terlihat flawless di foto, saya merasa hasilnya di real life terlihat kurang natural. Saya bisa lihat kalau di muka saya ada lapisan foundation. Apalagi untuk bagian-bagian yang kering, foundation terlihat lebih pecah.


KESIMPULAN

1.  Real Technique Miracle Complexion Sponge 
 Harga : 70.000
 
+ Hasil natural, gak dempul
+ Cocok untuk sehari-hari
+ Lebih bagus terlihat irl daripada di foto
+ Cocok untuk segala jenis kulit
- Boros, pori-pori sponge menyerap produk
- Lebih sulit dicuci
- Lebih mudah terkena jamur

2.  Real Technique Expert Face Brush
Harga : 130.000 

+ Hasil full coverage
+ Bagus untuk acara formal/ foto
+ Penggunaan foundation irit
+ Mudah dicuci dan lebih awet
- Irl kelihatan dempulan, kurang natural
- Kurang cocok untuk digunakan pada saat kulit kering, memperjelas bagian kering

Jadi kalau saya ditanya, lebih suka brush atau sponge, sejujurnya saya gak bisa memilih, karena dua-duanya punya kelebihan dan kekurangan, tergantung make up yang ingin saya hasilkan. Untuk foto-foto, atau make up pesta, mungkin saya akan lebih mengandalkan brush, karena hasilnya akan terlihat bagus di foto, dan tahan lama. Tapi untuk sehari-hari, sponge selalu menjadi pilihan saya. Saya paling males kalau dempulan sehari-hari, rasanya gerah. Jadi kalau kalian bingung pilih salah satu di antara tools di atas, kamu tinggal putuskan yang kamu suka. Apakah make up natural, atau make up pesta?

 

You May Also Like

18 comments

  1. Kalo ak lebih suka pake brush karna males sering-sering bersihin sponge :-D Kalo sponge kan banyak nyerep produk, jd harus lebih sering dibersihin dibanding brush :-)

    ReplyDelete
  2. wihhhh.. inimah informasi sangat berguna banget buat aku..
    aku klo pke foundation lebih nyaman pake tangan wkwk

    ReplyDelete
  3. masing2 punya plus minusnya ya teeh.
    tapi kayanya aku teracuni oleh dua duanya haha

    ReplyDelete
  4. selama ini selalu pake sponge atau tangan dan pngen coba pake brush hhe

    ReplyDelete
  5. Aku sih lebih suka tap tap pake jari langsung, kalo ngga pake sponge deh hehe

    ReplyDelete
  6. Aku tim sponge nih tapi ntar mau coba juga ah pake brush hihi

    ReplyDelete
  7. Aku belom pernah nyoba keduanya. Aku biasanya langsung pake tangan. Hehehe... kudu nyoba nih kayaknya. Btw, aku salfok sama tetehnya yang cantik. :)

    ReplyDelete
  8. Nabung ah buat beli RT ini soalnya udah banyak yg review kan jd mupeng cobain. Hiks

    ReplyDelete
  9. Aku lebih suka pake beauty blender di tap tap gitu kadang pake tangan

    ReplyDelete
  10. Aku lebih suka pake beauty blender di tap tap gitu kadang pake tangan

    ReplyDelete
  11. aku sendiri sukanya pake tangan atau sponge sih kek lebih enak gitu makenya

    ReplyDelete
  12. Aku dh cobain semua nya tp ttep sukanya pake tangan wkwkwkwkwk, btw thanks sharing nya

    ReplyDelete
  13. Postingan teteh itu berguna banget buatku yang buta soal per-make up-an ini

    ReplyDelete
  14. aku suka pake sponge mbak hehehehe, lebih nempel gitu lah rasanya (emang permen karet) :)

    ReplyDelete
  15. Punya keduanya tapi jarang dipake. Soalnya udah lama gak make up-an. Huhu..

    ReplyDelete
  16. Aku dong sok2an beli beauty blender (padahal dandan juga jarang. Hehe). Eh, sekalinya beli, dimainin sama si kecil. Nasiiib masih punya batita🤦😄

    ReplyDelete
  17. Informasi yang sangat bermanfaat sekali dan memberikan rekomendasi luar biasa untuk saya,. Terimakasih kak sudah sharing

    ReplyDelete
  18. Ah jadi pengen beli 2-2 nya nih teh

    ReplyDelete