Beauty Tips: Merawat Bibir dengan Madu

by - November 02, 2018

Sudah bukan rahasia lagi, kalau madu menjadi salah satu bahan favorit di dunia kecantikan. Kenapa sih madu? Ya tentu saja karena madu memiliki banyak kandungan yang penuh manfaat. Walaupun sebagian besar kandungannya gula, ada beberapa senyawa antioksidan yang terkandung di dalamnya, termasuk chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin.

Hampir semua industri kecantikan memiliki minimal 1 produk yang menggunakan madu sebagai bahan dasarnya. Sabun, scrub, masker, lotion, you name it. Banyak juga orang yang menggunakannya secara alami, terutama menggunakannya sebagai masker wajah. Dulu waktu saya masih SMP, masker madu ini sangat membantu melembapkan kulit. Tapi semakin lama, kulit saya kayaknya malah makin sensitif dengan bahan-bahan alami. Sekalinya pakai masker madu, kulit wajah saya jadi gatal-gatal. Tapi, sampai saat ini, saya tetap mengandalkannya sebagai perawatan bibir.

Bibir adalah bagian wajah yang paling jarang saya rawat. Saya gak punya produk lip care selain vaseline lip therapy. Walaupun saya bukan perokok, saya punya garis hitam di bibir yang kadang ganggu kalau sedang pakai produk lippen warna-warna nude. Kecintaan saya sama lip cream juga bikin bibir saya cepat kering. Kalau bibir udah kering gitu, saya jadi gak tega pakai lip cream, malah bikin tambah kering.

Menggunakan madu sebagai perawatan bibir memang bukan hal baru. Sudah ratusan artikel yang menuliskan bahwa madu dapat digunakan untuk melembapkan dan mencerahkan bibir. Saya sebenarnya masih percaya gak percaya, jadi agak males juga buat nyoba. Tapi akhir-akhir ini, karena banyak menghabiskan waktu di rumah, jadi saya punya kesempatan untuk membuktikannya. Dan ternyata, emang iya!

Ada 2 tips yang saya share di sini, dalam memanfaatkan madu untuk merawat bibir. Pertama adalah sebagai scrub, yang kedua sebagai lipbalm.

1. Madu Sebagai Lip Scrub

Untuk digunakan sebagai scrub, tentu kamu gak bisa hanya menggunakan madu. Kamu butuh bahan lain yang teksturnya kasar. Ada yang menggunakan gula pasir, kopi, ataupun gula palm. Di sini saya menggunakan gula palm. Entah kenapa saya rasa teksturnya lebih enak digunakan sebagai scrub, dibanding gula pasir.


Cara Penggunaan: 2 bahan ini tinggal dicampur, dan diaplikasikan ke bibir. Discrub selama kurang lebih 2 menit dan didiamkan selama 3 menit. Setelahnya langsung dibilas air.

  

Seketika bibir terasa lebih halus dan plumpy. Oh ya, terasa lebih pink juga. Katanya, kalau digunakan secara rutin, tips ini juga dapat membuat bibir menjadi pink alami. Jadi cocok banget buat kamu yang punya garis hitam di bibir, atau yang sering pakai lip cream.


Foto ini diambil setelah saya melakukan scrub bibir. Foto atas terlihat lebih kering karena memang produknya super kering. Biasanya malah lebih parah dari ini. Tapi seenggaknya, lip cream ini lumayan mampu menutupi garis hitam bibir walaupun hanya dengan 1 layer.

2. Madu Sebagai Lipbalm

Tips kedua ini pernah saya share di instastory. Karena saya orangnya mageran, saya males banget kalau harus sering oles-oles madu ke bibir pakai jari, lengket. Jadi saya masukkan madu ke dalam botol parfum bersih yang belum pernah dipakai, yang bentuknya roll on seperti ini, sehingga pengaplikasian madu menjadi lebih mudah.



Dengan ukuran sekecil ini dan bentuknya yang praktis, saya selalu bawa ini kemana-mana. Begitu juga di rumah. Kalau saya lagi nonton atau lagi nulis kayak sekarang, sesekali saya pakai ini. Lama-lama kayak jadi kebiasaan. Sekarang bibir saya jadi lebih bersahabat kalau pakai lip cream

Ada yang pernah coba juga? Atau kamu punya tips memanfaatkan madu yang lain? Share dong!

You May Also Like

5 comments

  1. Hasilnya bagus ya setelah di scrub. Tapi mungkin kudu rutin kali ya. Ak pernah coba gula pasir plus vaseline dijadiin lipscrub, tapi hanya sekali karna ak terlalu malas :-D

    ReplyDelete
  2. Curiga abis dijilatin ini mah abis manis semua bahannya 😂

    ReplyDelete
  3. Waaah aku juga tim pengguna madu untuk merawat bibir nih dan hasilnya bener-bener oke banget yaa

    ReplyDelete
  4. Heeee ._. saya baru tau kalau madu bisa juga jadi bahan untuk merawat bibir ._. bisa bagus gitu ya nanti bibirnya :D

    ReplyDelete
  5. Wah, aku ngga kepikiran buat nyampur madu sama gula palm buat dijadiin scrub bibir. Biasanya aku pake gula pasir, dan aku juga kurang suka sama teksturnya. Lain kali aku coba pakai gula palm ah. Thanks for sharing :)

    ReplyDelete