Tutorial Glass Skin Make Up untuk Kulit Berminyak

by - September 23, 2018

Sebelumnya saya gak pernah nyoba yang namanya glass skin make up. Thank God saya bisa berkesempatan untuk berkolaborasi dengan Beautisquad untuk mengangkat tema ini. 
Glass skin sebenarnya sudah dipopulerkan di Korea semenjak setahun yang lalu. Istilah glass skin sendiri mengacu pada kondisi kulit yang sangat halus, mulus, tanpa noda, sehat berkilau, licin, yang kata orang bisa bikin lalat kepeleset di muka saking licinnya (tapi saya yakin, ini hoax). Sebenarnya glass skin ini awalnya bukan suatu teknik make up, tapi lebih kepada kondisi kulit yang sehat dengan penggunaan skincare yang tepat.

Tapi, untuk kaum-kaum seperti saya, yang punya banyak flaw di wajah, glass skin ini gak bisa dicapai tanpa make up. Makanya, seiring berjalannya waktu, glass skin make up ini cukup menggugah orang-orang yang ingin tampil flawless, bening, dan bercahaya dalam sekejap.

Sebenarnya membuat make up yang glowy, dewy, basah-basah gitu sih bukan hal yang sulit. Apalagi buat yang kulitnya kering, kalian tinggal banyak-banyakin aja produk yang dikhususkan untuk kulit kering. Tapi untuk kulit berminyak sepertiku (yang super duper berminyak, loh ya), glass skin make up ini cukup tricky. Kenapa?
  1. Kalau pakai produk yang terlalu lembab, bukannya glass skin yang didapat, tapi "kilang minyak"skin.
  2. Kalau pakai produk matte yang biasa, jadi mulus sih, tapi jadi kurang bercahaya (Walaupun biasanya hasil make up matte di wajah saya hanya bertahan sejam saja, setelah itu sudah muncul bibit-bibit minyak)
Lalu, akhirnya setelah beberapa percobaan saya simpulkan ada 3 tips yang bisa kalian lakukan untuk membuat glass skin make up di kulit oily, tanpa membuatnya jadi "kilang minyak skin".

Sebelum saya mulai, ada baiknya saya perlihatkan foto bare face saya yang sebenarnya jauh dari flawless.


1. Gunakan produk base matte dan dewy secara imbang

Sebelum menggunakan make up, saya menggunakan moisturizer dari Wardah dan Farsali Rose Gold Elixir agar wajah ekstra lembap. Namun, setelahnya saya tetap menggunakan primer dari Benefit The Porefessional di bagian pipi dan hidung, untuk meringkas pori saya yang besar. Pori yang tersamarkan akan membuat tekstur wajah lebih halus.

Setelah itu saya mengguakan foundation dari Make Over, yang coveragenya medium. Foundation ini memiliki finish satin, jadi pas untuk kulit saya yang berminyak. Gak terlalu benyek. Kalau kalian punya dan suka, kalian juga bisa gunakan contour cream seperti saya, tapi gak usah terlalu banyak.

Harus digarisbawahi bahwa penggunaan produk yang teksturnya cream atau liquid, akan menghasilkan kulit yang lebih bercahaya dibandingkan dengan produk powder. Makanya, di sini saya gunakan blush on cream dari Innisfree.

Sebenarnya, itu sudah cukup untuk membuat kulit kalian terlihat dewy. Tapi, lagi-lagi, saya masih gak suka dengan hasil akhir yang terlalu benyek gini. Selain terlihat kucel, Gak nyaman juga rasanya. rambut saya jadi sering nempel di pipi saking lengketnya. Gak kebayang kan kaau rambut aja bisa nempel, apalagi debu-debu yang berterbangan? Yikes.

Muka benyek-benyek, rambut nempel-nempel, gak nyaman huhu.
Oleh karena itu, di sini saya tetap baking seluruh wajah (karenya emang saya minyakannya gak tanggung-tanggung, semuka-muka!), seperti yang biasa saya lakukan. Pikir saya, saya masih bisa mengandalkan highlighter dan minyak alami di wajah saya. Ternyata ada untungnya saya berpikir seperti itu. Hehe.  


Make up andalan. Saya biasanya berhenti sampai tahap ini. Super matte.

2. Gunakan produk yang menganduk shimmer dan lipgloss

Warna-warna shimmer akan memberikan kesan bercahaya. Tapi penggunaan produk shimmer juga harus hati-hati, karena shimmer akan menonjolkan tekstur kulit. Produk shimmering yang saya gunakan di sini adalah eyeshadow dan highlighter


Karena saya  meminimalisir penggunaan minyak di wajah, saya butuh produk yang akan membantu kulit saya lebih bercahaya. Eyeshadow dan highligher ini membuat kulit saya terlihat lebih licin dan silau *pret!* saat terkena cahaya. Karena saya gak punya highlighter yang mumpuni, Thank God, palet eyeshadow Inez ini multifungsi. Warna shimmernya bisa dipakai juga sebagai highlighter.

Selain itu, saya juga tambahkan lip gloss di atas lip cream yang biasa saya gunakan, untuk menciptakan efek hinyay tingkat kelurahan.

3. Glowy dengan Air

Karena setting spray khusus kulit kering bakal bikin kulit saya kembali minyakkan, dan setting spray untuk kulit berminyak bakal bikin kulit saya kurang bercahaya, saya memilih untuk menyemprot wajah dengan Evian Natural Mineral Water Spray. Evian ini adalah kunci glass skin make up saya, selain highlighter tentunya. Evian ini membuat wajah menjadi terlihat lebih basah, tanpa merusak make up. Dia seperti mengunci make up saya sekaligus menahan minyak saya tanpa berlebihan. Jadi pas.

Jadi, ini hasil akhirnya. Awalnya saya underestimate dengan glass skin make up, karena rasanya akan terasa berat dan lengket. Tapi, setelah saya coba 3 tips tadi, rasanya nyaman banget. Ringan, natural, dan kulit wajah terlihat lebih sehat. Mungkin ini akan jadi make up andalan saya yang baru. Kalau kalian gak punya, mungkin kalian bisa pakai air putih yang dimasukkan kedalam botol spray. Tapi ingat, nyemprotnya jangan terlalu dekat dengan wajah. Selamat mencoba!

Mudah kan? Ini hasil akhirnya.



Di tampilan kali ini, saya menggunakan produk-produk :

FACE :
Farsali Rose Gold Elixir
Wardah Aloe Hydramild Moisturizer Cream
Erha21 Acne Care Lab Sun Friendly
Benefit The Porefessional Face Primer
Make OverUltra Cover Liquid Matt Foundation 05
L.A Girl Pro Conceal Toast
Innisfree Smart Drawing Blush 03 
Make Over Blush On 03
Inez Color Contour Plus Eye Shadow 05 Venice 
LT Pro Translucent Powder
Evian Natural Mineral Water Facial Spray

EYES:
Inez Color Contour Plus Eye Shadow 05 Venice
Maybelline Hypersharp Liner
Maybelline Magunum Volum Express Mascara
Sofierce Fake Lashes
Blink Charm Eyelashes Glue

LIP
Vaseline Lip Therapy Aloe
Wardah Lip Cream 11 Oh So Nude
Wardah Wonder Shine Clear

Kalau kalian ingin tau step step lain untuk dapetin glass skin make up, kalian juga bisa liat hasil make upnya Lailatun Naimah :


Nah, yang ini hasil karya teman-teman Beautisquad yang lain :




Gimana menurut kalian? Apa kalian juga suka dengan glass skin make up? Atau lebih suka make up yang hasilnya matte?



You May Also Like

29 comments

  1. Beb mulus banget beb wajah kamu. Skin glass makeupnya juga pas banget, cantik banget. Mukaku pabrik minyak jd lebih suka matte look hahaha

    ReplyDelete
  2. cantik banget teteeehh.. suka deh sama tampilannya jadi mulus bercahaya gitu :D

    ReplyDelete
  3. Kulitnya sehat banget siihhh.. Mulus banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  4. Cakep deh teh Nisa, aku pake glass skin makeup kayaknya ga sebagus ituu

    ReplyDelete
  5. Suka banget sama hasilnya glass skin nyaa. :)) so flawlessss

    ReplyDelete
  6. cantik sekali, waaa bisa mulus gitu yaaa.. bagi bagi tips sehatnya dong tteh

    ReplyDelete
  7. Cantiknya.. Emang glass skin ini buat kita kelihatan fresh dan sehat ya

    ReplyDelete
  8. Cantik dan suka tampilannya gak glossy berlebihan kelihatan fresh

    ReplyDelete
  9. Wah sukaaaaa, bakal d cobain banget ini mah. Tfyi yaa teh nisaaa

    ReplyDelete
  10. Bare facenya aja udah cantik terus di make up jadi lebih cantik. Jauh pisan sama muka aku wkwkwk

    ReplyDelete
  11. Duh teteh. Itu barefacenya udah mulus banget teeh. Kata siapa banyak flawnya. Dipakein make up makin cantik deeh..

    ReplyDelete
  12. aku suka emang sama yang namanya si venice nya inez aku juga pake

    ReplyDelete
  13. Kalo Teteh mah, tanpa make up aja udah cakep, apalagi pake riasan seperti ini, makin kinclong, deh! Suka banget lihatnya, Teh! You are so gorgeous!

    ReplyDelete
  14. Cntik teh ih ♡
    Sama ume juga berminyak wajahnya dan klo meap an yg paling wajib adalah baking..

    ReplyDelete
  15. cantik sekali, kayaknya ditambahin sudut mata bakalan lebih keren

    ReplyDelete
  16. Mbaaa aku suka ih ama hasilnya. Dewy seger sehat gitu terlihatnya. Mungkin bisa aku coba.. Kulitku sih sbnrnya kombinasi. Aku sndiri lbh seneng makeup yg glowing gini drpd matte :). Suka bikin kering dan kusam malah

    ReplyDelete