Top 3 Cleanser Untuk Kulit Acne Prone

by - September 03, 2018

Sebelumnya, aku gak pernah berpikir kalau cleanser punya peran penting di dunia perskincarean. Aku gak pernah rela buat beli produk cleanser yang mahal, karena menurutku cleanser hanya dipakai dalam waktu yang sebentar dan gak akan banyak berpengaruh terhadap kondisi kulit, toh nantinya akan dibilas air lagi. Tapi, setelah trial-error produk-produk skincare untuk mengatasi kulitku yang acne prone, aku menemukan fakta bahwa gak sembarang cleanser dapat digunakan di jenis kulit acne prone sepertiku.


Berikut adalah top 3 cleanser favoritku selama 2 tahun terakhir dan berhasil mengurangi minyak tanpa membuat kulit kering, dan juga membantu mencegah timbulnya jerawat di kulit wajahku, yaitu Acne Cleanser Scrub Beta Plus Erha21, Corine de Farme Purity Micellar Water, dan Kose Speedy Cleansing Oil. Nah, di sini aku bakal cerita kenapa aku suka banget sama ketiga cleanser tersebut dan gak rela untuk ganti ke produk lain. Sengaja aku buat urutan dari yang menurutku paling penting dan aku paling suka, sampai ke produk yang aku suka tapi sebenarnya masih bisa aku skip.

1. Acne Cleanser Scrub Beta Plus Erha21 (90.000 untuk 60 gr)


Acne Cleanser Scrub Beta Plus (ACSBP) ini menjadi yang terfavorit untukku, kenapa? Karena aku belum pernah menemukan produk cleanser, terutama facial wash yang bereaksi dan memberikan manfaat di kulitku yang bermasalah. Produk ini memang sengaja diformulasikan untuk kulit-kulit yang mudah berjerawat. ACSBP ini termasuk ke dalam rangkaian Acne Care Labnya Erha21, yang bisa kamu beli bebas di apoteknya tanpa menggunakan resep dokter. Teksturnya kental dengan butiran scrub halus berwarna biru. Saat dipakai nyaris tidak berbusa, tipe facial wash yang ku suka. Untuk kulit berminyak sepertiku, aku membutuhkan produk sebesar biji jagung untuk diaplikasikan ke seluruh muka. Aku pernah menggunakannya dengan takaran yang lebih banyak, hasilnya malah membuat kulit terasa kering. Oh ya, penggunaannya cukup dipijat-pijat dengan gerakan memutar, tidak perlu digosok-gosok.


Karena formulanya gentle, tanpa busa, produk ini akan sulit kamu gunakan sebagai first cleanser, kecuali saat pagi hari. Jadi sangat perlu untuk membersihkan make up di wajah dengan micellar water atau oil, sehingga ACSBP ini hanya membersihkan sisa-sisa make up di wajahmu.

Sebenarnya aku sudah berniat untuk mengulas cleanser ini secara detail dan terpisah di postingan lain, tapi rasanya gak masalah kalau aku ulas di postingan ini.

Jadi, ACSBP ini mengandung bahan aktif berupa Salicylic Acid sebesar 2% dan Sulphur sebanyak 2,5%. Bahan-bahan aktif ini yang akan membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menyebabkan penyumbatan pori di wajah sehingga mencegah timbulnya jerawat, bahkan dapat mengobati kondisi kulit yang sedang berjerawat. 

Aku gunakan ACSBP ini sehari 2x sebagai cleanser terakhir. Menurutku, ACSBP ini memiliki peran sebanyak 40% terhadap kestabilan kondisi kulitku saat ini. Ya, sebanyak itu. Pernah suatu kali ACSBP ku habis dan aku lupa beli, aku pakai facial wash lain, kulit wajahku malah terasa kering dan ketarik, dan muncul whiteheads di area pipi. Hmm.

2. Corine de Farme Purity Micellar Water  (Harga : 190.000 untuk 500 ml)


Kalau kalian pembaca blog aku dari tahun 2016, kalian pasti sadar kalau micellar water ini pernah kuulas juga, dan betapa aku cintanya dengan produk ini. Jika kalian belum baca, kalian bisa klik DI SINI untuk informasi lebih detail tentang Micellar Water ini. Yang aku suka dari Micellar Water ini adalah formulanya yang ringan. Produk- produknya Corine de Farme memang diformulasikan untuk kulit-kulit sensitif yang mudah beralergi karena tidak mengandung alkohol, sabun, deterjen, ataupun bahan-bahan kimia yang berbahaya.

CDF ini adalah produk first cleanser dan kadang menjadi second cleanser, jika aku sedang memakai banyak make up. Di samping karena formulanya yang cocok untuk kulit acne proneku, CDF ini juga mampu untuk menghapus make up sehari-hari ku. Karena sehari-hari aku tidak pernah menggunakan complexion yang berat, satu kapas saja cukup untuk membersihkan semuanya. Bahkan aku pernah beberapa kali membersihkan wajah hanya menggunakan CDF ini tanpa mencucinya dengan facial wash, tapi kondisi kulit tetap baik-baik saja kok.

3. Kose Speedy Cleansing Oil (160.000 untuk 250 ml)


Produk cleansing oil adalah favoritku dalam membersihkan make up yang full complexion. Tentu saja, ini akan menjadi first cleanser. Selain karena lebih mudah mengangkat make up, aku punya pemikiran bahwa cleansing oil mampu untuk membersihkan kulit wajah sampai ke pori-pori, sehingga tidak akan ada pori-pori yang tersumbat oleh make up. Walaupun bentuknya minyak, tidak ada kesan lengket yang dirasakan setelah dibilas. Minyaknya juga tidak terlalu kental kok, mudah dibaurkan ke seluruh wajah. Seperti yang sudah kusampaikan sebelumnya, karena aku jarang banget pakai make up, Kose ini jarang aku pakai. Dari tahun 2016 sampai sekarang, aku baru 2x repurchase, karena segitu jarangnya kupakai. Mungkin bisa seminggu 1x atau 2x.

Sebenarnya aku bisa saja menggunakan Corine de Farme dalam membersihkan make up yang tebal, namun itu akan butuh waktu yang lebih lama, dan akan menghabiskan banyak kapas. Sementara dengan cleansing oil ini, aku hanya butuh air untuk membilasnya. Rasanya seperti pakai facial wash, tapi berbentuk minyak!

Produk ini juga pernah kuulas DI SINI, kamu bisa lihat postingannya kalau butuh informasi lebih detail. Meskipun dengan 1x pemakaian terlihat bersih, biasanya ada residu make up yang masih tertinggal. Maka dari itu aku masih menggunakan micellar water setelahnya, hanya sekedar untuk memastikan tidak ada sisa-sisa make up yang tertinggal.

Jadi biasanya urutan cleanser yang kupakai sehari-hari adalah :
Corine de Farme Purity Micellar Water > ACSBP Erha 21

Tapi kalau aku pakai complexion berat :
Kose Speedy Cleansing Oil > Corine de Farme Purity Micellar Water > ACSBP Erha21


Sampai sekarang, aku belum tergoda untuk mencoba cleanser lain, dan tampaknya tidak akan tergoda kecuali suatu hari ternyata kulitku punya problem di luar acne prone.

Kalau produk cleanser favorit kalian apa? Pernah coba salah satu produk di atas? Sharing yuk!


You May Also Like

1 comments

  1. Saya sih masih beli cleanser yang dipajang di alfamart, hihi. Tapi mungkin ada harga emang ada kualitas ya mba. Saya juga acne prone. Semoga kalau ada rejeki lebih bisa beli ini juga.

    ReplyDelete