5 Akun Instagram Indonesia yang Inspiratif

by - September 06, 2018


Sudah, sudah. Mau sampai kapan mantengin akun instagramnya "belam rahtu"? Saya sendiri, beberapa bulan yang lalu sudah berhasil unfollow semua akun gosip di Instagram. Selain karena berita kompornya yang bikin risih (terutama kolom komentarnya), lama-lama saya juga sadar, kok gak ada faedahnya. Apa yang bisa saya ambil dari mantengin akun ini? Selain buat tau artis-artis terbaru masa kini ya, karena tanpa mereka, saya gak akan pernah tau siapa Irish Bella.

Sebenarnya, kalau rajin jalan-jalan di Instagram, banyak banget akun Instagram yang bermanfaat buat difollow. Tapi biasanya saya hanya follow akun-akun yang memberikan informasi yang saya butuhkan. Kalian juga gitu gak? Jadi misalnya kalian butuh informasi seputar pendidikan, atau ingin belajar Bahasa Inggris, kalian bisa follow Fathia Izzati. Atau misalnya kalian ingin update informasi seputar kesehatan, kalian bisa follow Alodokter. Juga, misalnya kalian butuh informasi seputar kecantikan kulit, silahkan follow Affi Asegaf. Tapi kalau kalian tetap butuh informasi tentang berapa harga pakaian yang dipakai Syahrini ke mall, silahkan kembali follow "belam rahtu".

Jadi, di postingan ini juga saya akan mengulas tentang 5 akun Instagram yang sangat inspiratif dan memiliki informasi-informasi yang bermanfaat, setidaknya bagi saya. Kelima akun ini sama bagusnya, sama berfaedahnya, jadi urutan ini bukan atas dasar rank.

1. Jouska (@jouska_id)


Sebagai pengantin baru, saya dan suami sangat concern masalah pengelolaan keuangan. Jouska, sebagai konsultan keuangan, benar-benar mengubah pemahaman saya terhadap permasalahan ekonomi. Bagaimana cara kita mengelola uang dengan baik. Bagaimana menentukan skala prioritas dalam hidup, agar tidak keteteran. Bahkan banyak kasus-kasus yang dialami oleh followersnya, yang mereka share dan bahas.  Secara gak langsung, saya banyak belajar dari situ. 

Kalau kalian follow akunnya, Jouska ini sering mengadakan seminar. Tapi di luar itu, mereka juga sering sharing di akunnya tentang permasalahan ekonomi yang umum kita hadapi. Pembahasan Jouska ini gak melulu yang berat-berat. Gak selalu tentang investasi, asuransi, SBR, atau apapun itu yang asing di telinga. Dari mulai pembahasan mengenai investasi properti, sampai pertanyaan semacam "Mending beli gadget baru atau second?" pun dibahasnya. 

2. Proud Project #breakwalls (@proud.project)


Kalau kalian merasa bahwa dunia social media hanya membuat hati menjadi iri dan dengki, kalian harus follow akun ini. Akun ini berisi potret wajah orang-orang hebat yang dibaliknya tersimpan cerita-cerita inspiratif . Mostly kisahnya berisi tentang momen seseorang bangkit dari keterpurukan, dan alasan dibalik itu.


Salah satunya adalah Ibu Ita. Walaupun Ibu Ita ditinggal suaminya meninggal karena stroke dan sekarang banting tulang menjadi punggung keluarga, beliau masih bersyukur karena sekarang beliau bekerja dan belajar banyak hal. Walaupun bebannya berat, namun beliau tetap berjuang untuk keempat anaknya. Akun instagram ini membuat saya merasa tertampar kalau sedang galau-galauan atau males-malesan.

3. Andrea Gunawan (@catwomanizer)


Perempuan yang pintar selalu menjadi idola saya. Ya, Andrea adalah salah satunya. Konten Instagramnya memuat banyak hal, di antaranya mengenai kesehatan seksual, hubungan percintaan, dan berbagai problematika di masa dewasa awal. Karakternya kuat, pemikirannya terbuka, rasa percaya dirinya luar biasa. Bahkan saya sempat bilang, kalau Andrea ini "Woman Goal" banget.

Saya selalu mantengin Instastorynya. Percayalah, instastory dia jauh lebih bermanfaat daripada Instastory kebanyakan selebgram yang isinya hanya endorsement (no hard feeling!). Biasanya, di waktu-waku tertentu dia bakal mengangkat satu tema, dan banyak followersnya yang juga sharing berkaitan dengan tema tersebut. Lagi-lagi, belajar gratis!

4. Rumah Teduh Sahabat Iin (@rumah_teduh_sahabat_iin)

Akun ini dikelolah oleh Teh Iin. Saya sih belum pernah ketemu, tapi sering lihat di Instastory nya. Akun ini berisi aktivitas dari pasien-pasien di rumah teduh. Apaan sih rumah teduh itu? Rumah teduh ini merupakan rumah singgah bagi pasien dhuafa (dan keluarga yang mengantar) yang sedang berobat di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung.

Coba deh kalian cek akunnya. Penyakit yang diderita pasien rumah teduh sangat beragam, begitupun usia pasien. Teh Iin ini juga salah satu perempuan yang sangat inspiratif. Beliau mengelola semua operasional rumah teduh ini. Teh Iin mengantar, menemani, bahkan berkonsultasi langsung dengan dokter yang menangani kasus pasien rumah teduh. 

Ada kalanya pasien yang sudah parah dan memerlukan tindakan cepat, dibantu oleh Teh Iin beserta donatur melalui pengobatan regular (tanpa BPJS, karena akan memakan waktu lama jika menggunakan BPJS). Kebayang kan, kalau tidak ada bantuan dari rumah teduh sahabat iin, pasien yang harus dioperasi secepatnya, harus menunggu lama karena tidak ada biaya? 

Nah, kalau teman-teman ingin ikut membantu pasien di rumah teduh, kalian bisa langsung kontak Teh Iin melalui Instagramnya. Gak harus berupa uang kok, beberapa teman-teman banyak yang menyumbang detergen, sabun, odol, sembako, pokoknya apa saja yang kalian rasa kalian mampu, gak ada salahnya untuk berbagi, kan?

5. Inez Kristanti (@inezkristanti)



Psikolog klinis muda ini termasuk berani dalam mengangkat hal-hal yang tabu dibicarakan di Indonesia. Tapi justru membuat saya kagum. Pasalnya, generasi sekarang butuh untuk didengarkan tanpa dihakimi.

Beberapa waktu yang lalu, ia mengadakan seminar dengan topik seksualitas di kalangan remaja. "Dengan membekali diri kita dengan pengetahuan seksual dan reproduksi yang komprehensif, kita sudah mengambil satu langkah untuk menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab atas perilaku tubuh kita sendiri", ucapnya. Mengutip dari Inez lagi, "in Indonesia, sex is not taboo to be done, but it is taboo to be talked about".

Sebagai seorang yang pernah belajar ilmu psikologi, tentu saya anteng kalau sudah baca instastory nya. Semacam mendalami ilmu psikologi tanpa harus bayar mahal. Saya jadi tau alasan kenapa kaki menjadi salah satu fetish terbesar. Ada yang tau?

Ya, itulah 5 Akun Instagram yang selalu saya pantengin. Alih-alih kita enek baca komentar-komentar netizen di akun instagram gosip, mending cari ilmu baru aja, sist. Seriously, menurut saya, akun yang kita follow akan menentukan kualitas kita. Sekarang gak cuma "We are what we eat" atau "We are what we read", tapi juga "We are who we follow ". Setuju gak?


You May Also Like

20 comments

  1. Woww, mksih u/ info nya, penting bngedd inihh follow ig yg inspiring kayak beginii...

    ReplyDelete
  2. iya. dari pada follow perlambe an kan ya.. hehe

    ReplyDelete
  3. jouskaaa! the best emang buat kita gak buta soal financial. selain itu kadang suka heran sama yg dm-dm-an ke jouska bahas soal gaji, masih mudah gajinya fantastis edyaan parah. kemudian mikir, doi kerjanya apa ya bisa kek gitu :,,))) tp emang menginspirasi banget sih emang akun itu meskipun penghasilan gak kaya yg curhat disitu heuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya. followersnya kayaknya eksmud2 ya.

      Delete
  4. Nice info teh.. jd penasaran pengen follow juga. Hehee

    ReplyDelete
  5. Curious sama jesouka .. brb kepo hehe. Tyfi teh

    ReplyDelete
  6. rumah teduh sahabat iin, suka sedih pas lagi kepo in ig nya hiks

    ReplyDelete
  7. dari akun akun itu cuma tau akun instagramnya Inez Kristanti, ternyata banyak akun instagram yang isinya bermanfaat ya

    ReplyDelete
  8. Aku follower jouska ama proud.project 😊 semoga makin bnyak akun akun faedah seperti itu..😀

    ReplyDelete
  9. Hampir semuanya aku follow.. inspiratif banget memang.. banyak ilmu yang didapat, apalagi Jouska. Ilmunya berguna untuk ngatur financial kita. Hehe

    ReplyDelete
  10. Waah kalo aku suka banget sama akun ketimbang.ngemis
    Btw, Anis dulu kuliahnya psikologi di Unisba bukan sih? Kok aku kayaknya familiar ya sama kamu. 😂

    ReplyDelete
  11. aku baru follow jouska aja, yang lainnya wajib follow juga nih

    ReplyDelete
  12. Nice info teh! Oya, untuk akun yg catwomanizer mungkin yang baca harus very open mind ya teh, soalnya menurut aku ada beberapa hal yang di luar prinsipal sebagai muslim 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul. kalau aku sih suka karena banyak ilmu yang diambil. gak semua ilmu harus kita yakini dan lakuin, jadi aku sih santai-santai aja. gak ada salahnya memperluas wawasan hhe

      Delete
  13. Btw aku baru tau semua akun akun diatas kecuali proud project... Wajib di stalkingin nih

    ReplyDelete
  14. berguna banget sharingnya bakalan aku kepo in ah thx so much for sharing :)

    ReplyDelete
  15. We are who we follow, i agree with u darla, btw sejak awal saya ga pernah follow akun gosip dan heran kalo ada hijaber solehat yang bangga dy kepoin akun gosiip wkwkw hmmm baru tau nih akun2 nya makasih ya😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kaaaan. jempolnya kurang sopan, suka miris kok ya bisa mereka ngomong jahat-jahat kaya gitu. mostly mereka punya anak loh.

      Delete
  16. Aku baru tahu semua akun akun tsb.. Makasih ya suda sharing gonna see them all one by one!

    ReplyDelete