REVIEW : Purbasari Foundation Kuning Gading

by - August 21, 2018

Sebenarnya aku gak ada niat untuk bikin postingan ini, karena udah banyak orang yang review tentang produk ini, dan udah lama juga boomingnya. Jadi, tampaknya agak telat kalau aku bahas sekarang. Tapi, karena kemarin aku lagi iseng mainan produk make up yang udah lama disimpan di dalam box, sekalian aja aku bikin review produk ini. Produk keluaran brand lokal ini sekarang banyak mengeluarkan inovasi-inovasi yang menurutku patut diacungi jempol. Dari mulai lipstick matte, lip cream matte, bb cream, dan yang sekarang akan kubahas adalah foundationnya. Dengan harga 9.000, aku salah satu yang penasaran ingin coba!


Produk keluaran brand lokal ini sudah sering direview oleh para beauty enthusiast karena teksturnya yang ringan dan harganya yang super terjangkau. Mostly mereka cocok dan takjub dengan hasilnya, tapi ada juga yang merasa produk ini gak sebagus yang dikatakan orang-orang. Kalau menurutku?

KEMASAN

Terbuat dari plastik dengan tutup botol ulir, membuatku berpikir kalau produk ini akan aman. Gak akan bleberan karena tutup ulir cenderumg rapat. Tapi ternyata, aku gak tau kenapa si tutup botol dan botolnya kurang pas.



Kalian bisa lihat, tutupnya seperti kurang rapat dengan botolnya. Alhasil, foundation ini sering luber kemana-mana. Entah kemasannya memang seperti itu, atau aku sedang sial dapat kemasan yang seperti ini.


Kalau saja tutupnya rapat, aku gak ada masalah dengan kemasannya. Apalagi lubang botolnya kecil, jadi mempermudah untuk menakar jumlah foundation yang ingin dipakai.

KLAIM

Dalam kemasannya, diterangkan bahwa foundation ini memiliki formula ringan dan tahan lama yang menjadikan kulit halus, terawat, dan terlihat natural. Mengandung UV Filter untuk melindungi wajah dari efek buruk sinar matahari.

KANDUNGAN



Ternyata foundation ini masih mengandung alkohol dan fragrance. Sudah mengandung UV Filter, tapi tetap menurutku penggunaan sunscreen itu wajib hukumnya!

AROMA

Aku agak sulit mendeskripsikan wanginya. Yang jelas wanginya masih bisa ditolerir, karena gak sampai mengganggu. Lagipula menurutku wanginya masih seperti foundation lokal kebanyakan.

TEKSTUR DAN WARNA

Teksturnya creamy dan agak sedikit powdery. Hasil akhirnya matte. Penggunaan menggunakan sponge atau tangan lebih mudah diblend bagiku dibanding menggunakan brush. Sebenarnya foundation ini buildable. Coveragenya light to medium. Mampu meratakan warna wajah, tapi belum secanggih itu sampai menghilangkan noda kehitaman di wajah. Akan tetapi, penggunaan 2 layer dapat menghasilkan coverage medium to full.



Warna kuning gading ini benar-benar kuning! Walaupun undertone kulitku kuning, tapi tetap saja ini terlalu kuning buatku. Sebenarnya warna kuning ini bikin kulit terlihat lebih cerah. Tapi kalau gak di set dengan bedak dan bronzer, aku merasa kayak Winnie The Pooh.

HASIL PEMAKAIAN

Pada saat pemakaian, kondisi kulitku yang biasanya berminyak, saat itu sedang kering di bagian hidung dan sekitar mulut. Foundation yang aku aplikasikan di bagian tersebut sangat sulit untuk diblend. Hasilnya jadi patchy dan tidak rata.  Tapi, untuk bagian T-zone yang berminyak, pengaplikasian foundation tersasa sedikit lebih mudah.

Penggunaan Foundation Purbasari Tanpa Bedak
Untuk warnanya yang terlalu kuning, masih bisa diakali dengan penggunaan loose powder yang lebih gelap, atau penggunaan bronzer. Bronzer yang biasa kugunakan adalah Rimmel London, kalian bisa cek reviewnya DI SINI.

Setelah Penggunaan Bedak, dan Blush On
Baru 2 jam penggunaan, foundation ini sudah terlihat cakey dan berminyak. Untuk tone kulit menjadi lebih gelap, tanda bahwa foundation ini oxidize. Jika dilihat dari dekatpun, pori-pori di wajah bahkan terlihat lebih besar dari biasanya.


Tapi, karena harga foundation ini emang super duper murah banget, aku juga gak expect bakal sebagus foundation ratusan ribu. Mungkin buat yang kulitnya berminyak dan normal-normal aja, kamu bakal suka foundation ini.

KESIMPULAN

+ Harga terjangkau
+ Mengandung UV Filter
+ Shadenya banyak
+ Isinya banyak
+ Aroma tidak mengganggu
+ Coverage bisa dibuild up dari light to medium atau bahkan ke full coverage

- Oxidize
- Tutup kemasan tidak rapat, bikin bleberan
- Sulit diblend untuk bagian kulit yang kering
- Di bagian yang kering bikin patchy, di bagian yang berminyak bikin pori-pori besar.

Harga : Tergantug beli di mana. Aku titip beli di Borma, 9.000 aja.
Nilai : 2/5
Beli Lagi? Enggak.

You May Also Like

17 comments

  1. waw aku juga sering liat di youtube katanya emang bagus ya harganya terjangkau mau coba ah thanks teh infonya

    ReplyDelete
  2. Yah ternyata oxidize yah padahal sempet penasaran karena banyak yang pake

    ReplyDelete
  3. Udah coba pelembabnya blm teh yg wrna pink? 9rb an juga:) lumayan buat night cream..hehe

    ReplyDelete
  4. Ini lagi ramein digosipin nih, foundation yang murmer tapi kualitas oke katanya,

    ReplyDelete
  5. Wow ini foundation termurah yang pernah aku tau kayanya ya. Jadi pengen coba pake..

    ReplyDelete
  6. dari dulu pengen nyobain foundation ini belum sempet terus, makasih infonya ya teh..

    ReplyDelete
  7. aku belum prnh coba sih purbasari ini.. next mo beli ahhh

    ReplyDelete
  8. ini murah banget. aku belum pernah coba, tapi kayaknya warna kuning kurang cocok sama kulitku hehe

    ReplyDelete
  9. Very honest review nih. Mungkin dengan harganya yg cuma 9.000 jadi termaafkan lah yaa segala kekurangannya. Hehehe. Thank’s for sharing

    ReplyDelete
  10. iya aku setuju kalau dipake pas kulit sedang kering jadinya malah patchy, enggak enak banget deh. Ini mah buat yang kulitnya normal-normal aja tanpa cela hehehehh...
    tapi yah balik lagi deh ya harga segitu enggak bisa minta banyak

    ReplyDelete
  11. Warnanya menyesuaikan dengan kulit Indonesia ya teh... Tapi untuk make up2 kesempatan biasa yg ga memakan waktu lama mungkin ini bs jadi rekomen karena affordable bgt

    ReplyDelete
  12. Kayaknya aku gak bakalan cocok sama foundie ini. Kulit wajah oily soalnya. Tapi makasih ya reviewnya..

    ReplyDelete
  13. Yah.. yang oily bikin pori2 besar yah? Emmm.. aku oily.
    Tp bnyk yg bilang bagus dan murah nih

    ReplyDelete
  14. Aku punya yang natural, penasaran karena liat review orang-orang yang katanya bagus. Cuma karena aku pakenya campur sama yang lain jadi nggak keliatan oily banget hehe

    ReplyDelete
  15. Fondi termurahhh yg pernah adaaa yahh ini.. Tp karna murah jd dimaklumi semua kekurangannya haha..

    ReplyDelete