kursor

Poka Dotted Bow Tie Pink Ribbon

Friday, 23 January 2015

DAILY SKINCARE (Perjuangan Melepas Krim Dokter) Part I

Beauties, yang namanya cewek emang repot banget ya. Pengen muka dimacem-macemin. Padahal kalo kita liat kulit wajah cowok yang lebih sering keringetan, kena panas matahari, mukanya tetep aja mulus gitu. Lah kita pake pelembab, sun block, oil control dan segala macem, muka malah jadi gak karuan. Nah itu masalahnya, cewek tuh terlalu ngotak ngatik muka emang. Kadang suka mikir, kalo kulit muka ini bisa ngomong kayanya udah teriak teriak "STOOOOPPP. Don't you ever dare gimme another chemical product anymore!"

Aku juga termasuk kok. Mulai pake kosmetik dari SD, walaupun waktu SD cuma pake bedak tabur aja. Terus SMP pake facial foam, pelembab, bedak tabur, dan lipgloss. SMA mulai pake pelembab yang mengandung whitening karena pengen juga bening nan putih kaya temen-temen (belum bisa nerima takdir kulit sawo matang). Bencana pun dimulai semenjak aku pake pelembab P****. Pertama aku pake karena temenku juga pake, dan hasilnya bagus di dia. Tapi emang kulitku dari dulu (bahkan sampai sekarang) gak pernah cocok sama produk kosmetik berembel "whitening/brightening/lightening" dan baru bisa nerima takdir kulit begini waktu ahir masa kuliah. Pokoknya selama aku pake pelembab itu, komedo bermunculan, ada whitehead, blackhead, jerawat, pokoknya paket lengkap dah. Sampai akhirnya aku ke dokter kulit yang SpKK, bukan dokter kulit klinik kecantikan ya. Doi cuma ngasih obat jerawat totol.

Setelah  pake itu, komedo dan jerawat ilang semua. Tapi teteeeep aja bandel, gampang banget kepengaruh temen, akhirnya nyoba pelembab O***, dan itupun sama. Di kulit temenku cocok tapi di aku nggak sama sekali. Dari situlah aku yakin kalo kulitku tergolong sensitif. Pokoknya muka udah gak karuan, semua obat jerawat dipakepun gak ada hasilnya. Udah desperados banget deh. Akhirnya  aku nyerah, pergilah ke klinik kecantikan yang cukup terkenal. Semenjak saat itu aku merawat kulit wajahku dari krim-krim yang dokter kasih. 

Bertahun-tahun pake, jarang ada masalah, kecuali kalo aku bandel nyoba produk baru (berharap kali ini cocok), baru jerawat nya muncul lagi. Setelah bertahun-tahun pake, aku mikir sampai kapan aku bakal pakai krim ini, -__________- Dan semenjak itu, tepatnya di akhir masa kuliah, aku memutuskan untuk berhenti dari krim krim dokter. Ini adalah perjuangan terberat. Pasti kalian yang pernah pake krim dokter pun ngerasain kan?

Tapi, seperti yang aku baca di artikel-artikel, untuk melepas ketergantungan dari krim dokter, kita nggak bisa langsung melepas semuanya. Kulit kita bakal kaget. Kalo diilustrasiin nih, mending diputusin setelah hubungan memang sudah renggang dibanding diputusin saat lagi hot-hotnya (duh!). Jadi pertama aku lepas facial washnya, aku ganti dengan facial foam biasa (aku coba wardah), setelah itu aku coba lepas night creamnya dan diganti dengan olive oil. lalu paginya aku pakai pelembab wardah dan sunblock wardah. Terus berhasil? Nggak segampang itu teman-teman. Kulitku ngambek, break out, dan aku gak tau produk yang mana yang bikin break out. DESPERATE? WORSE THAN THAT! Tiap liat kaca pengen nangis kayanya. Pokoknya udah galau segalau-galaunya dan nyaris mau balik lagi ke klinik.

Masa-masa itu juga masanya aku interview kerja, dan pada akhirnya aku diterima sebagai HRD di suatu perusahaan. Sehari-hari aku masih menggunakan pelembab dan sunblock Wardah, dan BB cream Wardah, ditambah bedak Marcks. Selama aku kerja, waktuku untuk memperhatikan wajah menjadi berkurang, tapi anehnya justru berangsur-angsur keadaan kulit wajahku membaik. Tidak pernah ada jerawat, paling hanya komedo. Sekalinya jerawat muncul hanya pada saat aku datang bulan. Akhirnya aku berkesimpulan bahwa ini semua karena aku jarang "ngoprek" kulit wajahku. Maksudnya ngoprek disini seperti megangin kulit muka (karena penasaran), ngaca, meriksain setiap detail kulit muka. Aku gak tau saat megang kulit mukaku, ada berapa bakteri yang nempel disitu? Terus saat aku ngaca, terus liat muka yang udah gak karuan, aku stress, siapa yang tau kalo stress itu memperparah kondisi kulitku?

Jadi setelah itu, aku lebih cuek dengan kondisi mukaku. Skincare yang kupakai masih tetap seperti yang dulu. Kalo ada niat untuk ganti skincare karena tergiur oleh iklan, selalu kutahan. Makin kesinipun aku semakin mengandalkan Homemade Treatment untuk perawatan kulitku. Aku selalu masker dengan bahan-bahan alami yang aku racik dan ternyata sangat cocok.

Kalian jangan mikir kalo aku nemuin skincare-skincare yang cocok ini hanya dalam waktu singkat. NO! Aku cobain hampir semua skincare lokal dan beberapa skincare luar, gak cuma satu produknya aja, tapi satu paket. Kebayang kan sakit hatinya kalo ternyata gak cocok, nangis bombay mesti ngelepas. Kalo yang murah sih masih bisa maafin, tapi kalo yang mahal... duuuuh ngenesnya gak ada dua.
Untungnya semua produk yang aku pakai sekarang harganya terjangkau dan mudah didapat. Aku juga heran, pakai yang mahal-mahal gak pernah ampuh. Bersyukur jadinya gak usah keluar duit banyak-banyak lagi buat ke dokter. Untuk produk-produknya, aku review di postingan ke 2, klik DISINI. Kecup.

41 comments:

  1. Kebetulan aku blm pernah pake krim dokter (dan ga berencana pake), tapi aku tau sih gimana perasaan desperatenya ngeliat muka yang ga mulus2 >_< untungnya aku ngga pernah break out parah sih, cuma pernah purging lumayan parah dan lama T_T Untunglah skarang udah lepas dari krim dokter ya :')
    Thanks for sharing! <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu mah gak pake krim dokter juga udah flawless, aku BIG NO sih kalo kamu nyoba-nyoba yang begitu, jauh jauh pokoknya! hahaha. iya ce, mudah-mudahan kulitnya bisa terus adaptasi..

      Delete
  2. Perjuangan untuk menyembuhkan breakout memang butuh usaha dan kesabaran. Kalo aku pake benzolac, dulu beli produknya p**lach***e, tpi mahal, kemari beli benzolac di apotek aja. Produk wardah memang aman walau efeknya ga wow, cuma ya jarang breakout. Sekarang minum te***en, dari m***nt, 2-3 hari sekali karena mahal juga :), kulit muka jadi kenyal dan bersih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sis. hhi.
      emang kuncinya mesti sabar. walaupun proses sembuhnya lama, tapi demi kebaikan kulit ya harus mau.
      seneng deh kalo udah punya skincare andalan, kaya udah nemu jodoh buat si kulit :p

      Delete
  3. Kalo udh trlanjur pke krim dr ya emang rada bedat nglepas, apa lg klo jrwt timbul bawaannya pgn cepeg musnah aja pke krim dr ketimbang krim biasa haha

    Xoxo
    http:// leeviahan.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuuuuuul banget. kita-kita ni cewe suka pengennya yang instan-instan aja yak. hhi.

      thanks for stopping by, dear.

      Delete
  4. iyah, susah kalo udah tergantung... ak juga mulai balik yg ke alami2 aja, jadi pengen coba olive oil. thanks for sharing :)
    @freddy_friday blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya. kasian kulit kalo dikasih macem-macem.
      thanks for stopping by.

      Delete
  5. Kalau kita lagi cuek, malah berhasil. Kadang-kadang emang gitu ya XD Kalau lagi ditelatenin banget, malah kulitnya kenapa-napa. Aku pernah kayak gitu kok. :)) Walau bukan karena krim dokter. Dulu jerawatan parah karena salah produk. Untung lama-lama lepas, pake metode alami. Hihi. Salam kenal! :)

    citraramya.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya emang, tricky.
      perawatan harus, penting malah. tapi jangan berlebihan juga kali ya, apalagi kalo banyak bahan dasar kimianya.
      hihi.

      salam kenal juga, makasih udah mampir. :)

      Delete
  6. Hai salam kenal…
    Sama nih kayak aku, kalo dicuekin kulit jd bagus, tapi kan gak bisa dibiarin bare juga kan??
    Apalagi kulit aku kering-sensitif, jd cari produk susaaaahhhh, gak bisa macem2, tapi kalo dibiarin bare juga yang ada malah kering… dan pastinya bahaya buat kulit ^^

    http: //dkwp.blogspot. com

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul. yang penting mesti pinter-pinter milih produknya.
      sesuain sama kondisi kulit juga.

      thanks for stopping by, dear :)

      Delete
  7. Aku juga kalo urusan kulit kayaknya lebih cocok bikin sendiri deh.
    Dari dokter selain suka tetep ga cocok dan ketergantungannya itu yang ngeri sih...

    Salam kenal yaaa..
    Aku baru pertama kali kesini nih. Dan baru saja memfollowmu.
    Mari bertemannnn...

    Ninneta
    www.ninneta.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. lebih percaya sama yang alami hehe.
      wah makasih yaa.
      nice to know you :)

      Delete
  8. Parah kayak ini tuh pengalaman aku banget sekarang. Aku juga lagi sibuk sibuknya lamar lamar kerja dan lagi berhenti pake krim dokter yang udah aku pake dari jaman kuliah. Ini juga lagi breakout parah banget sampe pengen nangis, dan lagi sering2 nya liatin muka di kaca sambil ngoprek. Sekarang juga aku pake yg alami alami aja. Ini pengalaman semuanya cocok banget sama kehidupan aku skrg wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya sebagian besar cewek pernah mengalami ya. hehe.
      good luck ya. thanks for stopping by!

      Delete
  9. Aku pernah pake LBC trus krim dokter. Aku lepas semuanya.. Nyoba pake the body shop. Kulitku shock mungkin ya? Jeriwi" dimn". Kata mba" yg jual the body shop, katanya krim dokter gunanya menekan jerawat biar nda tumbuh jd tumbuhnya di dlm jd pas nda pake cream, keluar semua deh.

    ReplyDelete
  10. Hallo sis! Aku lagi mau berenti pakai krim dokter nih, soalnya kemarin seminggu gak pakai night cream nya (karena masalah biaya.hiks) muka ku jd jerawatan mungil mungil banyak dan ngeselin. Disitulah aku sadar kalau aku ketergantungan, dan gak bisa dibiarkannn! Kalau ganti sabun muka nya pakai sabun bayi boleh gak ya? Adakah yg pernah coba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai dear,

      kalau gitu kamu harus mengenal jenis kulitmu dulu. karena gak semua yang berjerawat itu tipe kulit berminyak. lalu kamu sesuaikan deh saat milih sabun. tapi setau aku sih sabun bayi kurang direkomendasikan untuk wajah, tertuama yang sedang berjerawat. lebih baik kamu pakai sabun acnes tapi kamu bisa googling juga cari yang cocok, nanti juga ketemu sabun yang jodoh. semangat! :)

      Delete
  11. Hallo sis! Aku lagi mau berenti pakai krim dokter nih, soalnya kemarin seminggu gak pakai night cream nya (karena masalah biaya.hiks) muka ku jd jerawatan mungil mungil banyak dan ngeselin. Disitulah aku sadar kalau aku ketergantungan, dan gak bisa dibiarkannn! Kalau ganti sabun muka nya pakai sabun bayi boleh gak ya? Adakah yg pernah coba?

    ReplyDelete
  12. Halo kak. Aku jg pengguna krim estetika dan berusaha lepas. Aku baru lepas 3hari, dan sudah mulai ada bruntus2�� Mau tanya kak, dl kamu berapa lama kak antara lepas krim dengan wajah kembali normal ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku gak tau ya karena kondisi kulit orang beda-beda.
      tapi aku emang lama sih, hampir sebulan lebih.
      jadi emang harus ekstra sabaaaar.

      Delete
  13. Aku juga pengen lepas krim dokter nih, sebulan pertama pakai krim dokter kulit muka ku kinclong, eh pas masuk bulan kdua dan ketiga malah kulit muka jadijerawatan parah gitu numpuk di satu tempat, padahal tadinya sblm pakai krim dokter tuh muka ku baik2 ajah, palingan jerawat nongol 1-2 pas mau dateng bulan. rencananya aku mau balik lagi pakai skin care ku yg dulu (P*ND's) tapi ini krim dokter masih banyak, sayang juga sih kl dibuang gitu aja, secara lumayan juga harganya..hehe😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe. Kalau sama kulit wajah harus hati-hati yaaa. Jangan karena sayang sama obatnya aja, sayang sama muka juga hihi.
      Semangat!

      Delete
  14. Cocook bgt ni artikelnya.. br skitar 2 minggu lepas krim dokter n skrg lg bruntusan.. smpet syok pgn balik lg.. krna sblmnya muka trmasuk ga brmasalah cuma pgn biar tmbh kinclong aja.. smga cpt balik lg yaa mukakuu huhuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin aamiin. Jangan stres yaaa, biar kondisi kulitnya gak makin parah.
      Let it go aja, harus stay happy dan tetap PD ya!

      Delete
  15. Aku juga lagi lepas krim dokter udah 3 mingguan, wajah aku gak sebagus dulu. Aku pke krim dokter udah 7 tahun. Wajah aku skrng kusam ��perwtanx skrng yng alami, aku masker tiap hri pke lemon sama susu. Ekstra sabarr bangetrt liat muka akuu yng skrng ����

    ReplyDelete
  16. Aku juga lagi lepas krim dokter udah 3 mingguan, wajah aku gak sebagus dulu. Aku pke krim dokter udah 7 tahun. Wajah aku skrng kusam ��perwtanx skrng yng alami, aku masker tiap hri pke lemon sama susu. Ekstra sabarr bangetrt liat muka akuu yng skrng ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. kalau udah agak mendingan, coba skin care yang ringan. emang harus trial error dulu sih sedihnya. tp jangan ganti produk sekaligus, nanti km gk tau produk mana yg gak cocok.

      Delete
  17. hallo kak, aku mau lepas krim dokter jerawat kecil2 jd banyak. cara pertama merawat kulit muka biar gk kaget lepas krim dokter gmna ya ka? infonya ya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan langsung dilepas, pertama ganti facial washnya dulu, selang beberapa minggu kamu ganti pelembabnya.. gitu terus sampai akhirnya km bisa lepas semuanya. kalau km lepas sekaligus nanti kulitnya kaget

      Delete
  18. Hai kak, aku juga lg berjuang lepas dr krim dokter nih (pake krim dokter sejak 2010, lama bgt ya). Udah sebulan lebih gapernah pake krim malamnya, trs udah seminggu ini gapernah pake krim paginya tp sampe skrg masih pake fw dr dokter. Mukaku yg awalnya berminyak jd kering bgt (walaupun ga sampe ngelupas) trs jd kasar gitu kalo dipegang huhu so sad. Dan kadang muncul gatel kadang hilang hiks. Rencananya mau pake NR Aloe vera gel masih pesen di althea tp smp skrg blm dtg (gegara beacukai lg ketat huhu). Baiknya ak lgsg isi kekosongan skincare aku atau nunggu muka netral ga merasa gatal lg yah kak? Karena semenjak lepas dr krim dokter mukaku bare gapake produk apa2 cuma pake bedak marcks klo mau keluar rumah. Mohon pencerahannya kak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! maaf aku sangat telat responnya. Mudah mudahansekarang kulitmu sudah oke ya. kalau belum, kamu sudah coba aloe veranya? karena itu bagus untuk menetralkan kulitmu.

      Delete
  19. Halo kak mohon bantuannya ya hehe, aku udah pake krim dokter sekitar 2tahun lebih terus pengen berhenti tapi banyak yang nyaranin brentinya jangan sekaligus dan harus selang seling, terus aku pengen coba produk tea tree bodyshop karena udah seminggu aku berhenti krim malam dan mukaku bruntusan di bagian dagu dan akhirnya dari situ aku tau kalau mukaku udah ketergantungan banget, tapi kalau mau coba yang alami aku takut banyakin di gak cocoknya di awal dan takut bakal balik lagi ke klinik. Mohon sarannya ya kak😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai Vco (virgin coconut oil)
      trus jgn pake produk apapun dulu
      klo mau make up ckup pake pelembab dan bedak bayi...
      pengalamanku seperti itu

      Delete
    2. pakai Vco (virgin coconut oil)
      trus jgn pake produk apapun dulu
      klo mau make up ckup pake pelembab dan bedak bayi...
      pengalamanku seperti itu

      Delete
  20. aku breakout setelah pake krim N***green selama 1 tahun
    perjuangannya panjang hampir kurang lebih 3 bulan kulit jadi sangat kering dan bersisik. alhamdulillah setelah rutin minum suplemen natur e dan perawatan wajah pake minyak zaitun, dan juga hanya pake produk bayi dari sabun muka, bedak. sekarang mulus seperti semula.. semangattt

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah.. seneng dengernya. selamat ya!

      Delete
  21. aku baru dua bulan pake krim dokter kak, tapi ini langsung paksa berenti karna berat sekali dimuka. memang sih muka jadi kinclong dan glowing. terus ini sudah 1minggu muka mulai muncul merah2 terus kasar gitu. bisa sembuh ga ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya allah bisa..mudah-mudahan cepat membaik ya kondisi kulitnya. aamiin

      Delete