kursor

Poka Dotted Bow Tie Pink Ribbon

Friday, 23 January 2015

DAILY SKINCARE (Perjuangan Melepas Krim Dokter) Part II

Oke, cerita tentang penderitaanku selesai sudah di Part I.
Sekarang aku mau share tentang perawatan sehari-hari yang akhirnya membuat kulit mukaku membaik.

Ini dia sekumpulan kecil prajurit-prajuritku. Sedikit memang, walaupun meja riasku penuh oleh skincare-skincare lain (mau dibuang sayang, dipake ogah). Prinsipku sekarang, semakin sedikit skincare yang aku pakai berarti semakin baik kondisi kulitku.


 Yuk kita bahas satu persatu!

1. FACIAL WASH : JF SULFUR (Blemish Care)



Pernah suatu hari aku curhat sama temenku yang ambil kuliah farmasi. Ada gak sih obat jerawat yang aman tapi ampuh kaya krim krim dokter gitu? Temenku cuma jawab, "Gak usah pake macem-macem deh. Jerawat mah dipakein sabun JF sulfur aja gih.". Aku gak langsung beli, semua orang tau JF sulfur ni obat jerawat tapi aku belum pernah liat review yang bombastis gimana gitu. Sampai akhirnya aku liat JF sulfur ini,ada banyak jenisnya, aku iseng ambil yang acne care dan blemish care. Maksudnya si acne care ini buat ngusir si jerawat-jerawat yang ada, dan si blemish care buat ngilangin bekas jerawatnya nanti (optimis kalo si jerawat bakal ilang).

Ternyata setelah aku pakai si acne care, DAMN! kulitku KERIIIIING PARAH! Mending kalo kering terus jerawatnya ngempesin dan ilang. Ini udah kering, jerawat dan komedo malah tambah banyak. Yakin gak cocok, aku ganti lagi dengan facial foam yang lain-lain. Yang paling mendekati cocok adalah Tea Tree nya Body Shop, tapi tetep aja kurang nampol. Tiba-tiba waktu si TBS abis, dan belum sempet beli yang baru, aku baru inget si JF sulfur yang Blemish Care ini. Aku coba dan ternyata enak banget. Abis cuci muka, kulit gak kering dan lebih kerasa halus. Love it! Aku udah 3x repurchase, gak mau berpaling kemana-mana. Sekarang ada sabun JF sulfur yang modelnya ditube pun aku gak mau pindah. Terlanjur jatuh hati.

Where To Buy : Dep. Store/ Drug Store
Price : Around 12.000 IDR


2. PEMBERSIH DAN PENYEGAR : SARIAYU KENANGA





Masalah cleansing begini sih aku gak terlalu paham ya, gak terlalu banyak ganti juga. Dari dulu aku pakainya sebenernya Viva, karena Ibuku pakai itu. Sebenernya sih aku gak terlalu masalah sama Viva, cuma lama-lama ngerasa kalo si Viva cleansing milk ini teksturnya terlalu kental dan aku ngerasanya doi malah ninggalin sisa cleansing milknya itu, walaupun aku udah pake tonernya ya. Terus kemarin aku dapet duo Sariayu ini, dan saat ducoba, teksturnya lebih cair dan lebih adem di muka. Akhirnya jatuh cinta deh.

Where To Buy : Dep. Store/ Drug Store
Price : Around 10.000 IDR (1 item)

3. DAY CREAM : WARDAH MOISTURIZER CREAM



Mencari krim siang yang cocok tuh tricky banget buat kulitku, dimana kulitku ini suppeeeer oily, tapi kalo gak pake pelembab ya kucelnya kaya anak belum dimandiin berapa hari gitu. Moisturizer nya wardah ada dua. Satu yang cream, satu lagi bentuk gel. Seharusnya yang cream buat kulit kering, yang gel buat yang oily. Nah, makanya banyak yang bilang skincare itu cocok-cocokkan. Aku pakai yang gel malah break out paraaaaaaah. Kalo yang cream memang oily sih tapi gak masalah selama dia gak munculin komedo atau jerawat.

Untuk moisturizer cream mungkin produk lokal udah semua kucoba, gak ada yang cocok. Day creamnya TBS yang tea tree pun gak karuan hasilnya, bikin kusem parah.
Sebenernya moist cream wardah inipun gak terlalu top sih, karena emang bikin berminyak, cuma aku bakal bertahan dulu sampai bisa nemu yang emang bener cocok (tapi agak takut sih nyoba-nyoba lagi).

Where To Buy : Dep.Store/ Drug.Store/Wardah's Counter
Price : Around 18.000 IDR

3. SUNBLOCK : WARDAH SUNSCREEN GEL



Entah aku pakai sunscreen ini berapa tahun lamanya. Gak semua orang bilang sunscreen ini bagus. Ada yang bilang bikin berminyak, kusem, break out. Tapi gak di aku. Aku pantang pakai make up (walaupun bedak doang) sebelum pakai sunscreen ini. Bedak rasanya lebih nempel dan wajah lebih halus aja gitu. Untuk sunscreen mungkin akan terasanya di efek jangka panjang ya, untuk efek jangka pendeknya sih selama dia gak bikin jerawatan dan komedoan aku anggap itu cocok.

Where To Buy : Dep.Store/ Drug.Store/Wardah's Counter
Price : Around 33.000 IDR

4. NIGHT CREAM : OVALE ESSENTIAL VITAMIN FACE LIGHTENING






Ini adalah satu satunya produk berembel "LIGHTENING" yang cocok di kulitku, and I don't know why. I'm so in love with this cute lil thing. Aku bisa aja lupa pake day cream, tapi kalo lupa pake ini sebelum tidur mmmm... kayanya mending bangun lagi tengah malem buat cuci muka dan langsung pake ini, baru balik lagi tidur. Baru 1x dipakai aja efeknya udah kerasa. Bukan di lightening nya ya, tapi lembabnya ituloh. Tiap bangun pagi jerawat dan beruntusan yang ada tuh menghilang, muka alus, tapi sama sekali gak berminyak. This is MAGIC! Vitamin C nya TBS yang bentuknya mirip inipun kalah sukses. Pokoknya ini the best skincare product I've ever used deh! Yang bikin aku semakin suka adalah bentuknya yang kapsul gini bikin si essencenya tuh lebih higienis. Gak model krim colak colek pake tangan yang nggak tau kalo ternyata di creamnya itu udah numpuk berapa bakteri. Hiiy.

Where To Buy : Dep.Store/Drug.Store
Price : Around 15.000 (for 7 capsules) around 50.000 (for 30 capsules)

Udah, segitu aja skincare yang aku pakai. Ada sih beberapa yang aku pakai juga sekali-kali tapi hanya menjadi additional aja. Seperti potrylium jellynya Vaseline, lalu Pure Argan Oil. Kalo yang semacam itu aku pakai di daerah tertentu aja, misal di bulu mata (biar makin lebat), di bibir (agar lembab). Oh iya, juga tambahan Homemade Masker (yang nanti kapan-kapan aku share), yaitu Masker Strawberry + Honey , masker ini sukses bikin halus dan cerah kulit. Gak pake boong!

Selain skincare yang kamu pakai, untuk melepas ketergantungan krim Dokter, masih banyak yang harus diperhatiin, di antaranya :

1. MAKE UP : Pakai make up seminimal mungkin. Selama ini yang aku pakai (setelah pelembab dan sunscreen) hanya concealer dari Sephora, BB Cream Wardah dan Bedak Marcks (seperti yang ada di gambar awal), dengan tambahan eyeliner dan lippen. Kalo cuma ke luar rumah buat beli pulsa, atau nemenin ibu ke pasar, gak usah lah dandan yang ribet-ribet, kecuali kalo kamu lagi ngegebet mang pulsa (yang emang kadang-kadang ada yang ganteng).



MY DAILY MAKE UP

2. KUATKAN IMAN. Tahan godaan. Sekalinya kamu dapet skincare yang cocok, jangan pernah tergiur ganti-ganti produk hanya karena temen kamu cocok pake produk yang lain dan hasilnya lebih oke (inget pepatah SKINCARE ITU COCOK-COCOKKAN). 
Intermezzo sedikit, sebenernya kalau dipikir-pikir aku banyak pake merk Wardah, tapi kenapa untuk Acne Series nya sama sekali gak ada yang cocok? Semuanya bikin jerawatan. (Yapp, jawabannya itu. SKINCARE ITU COCOK-COCOKKAN.)

3. PERHATIKAN POLA HIDUP. Dari mulai makan. Perbanyak makan sayur dan buah. Gak usah buah  yang mahal-mahal, sehari makan satu tomat juga oke kok. Minum air minimal 2 liter sehari. Minum susu tiap pagi, dan minum green tea hangat di malam hari. Jangan lupa juga olahraga, gak usah yang berat-berat, nyapu, ngepel, beresin kamar juga bisa ngeluarin keringat kamu.

4. THINK POSITIVE. Beauty is inside. Semakin kamu mikirin muka kamu, semakin kamu stress, semakin parah nantinya kondisi kulitmu. Harus yakin kalau mukamu akan segera membaik. Karena akupun pernah mengalami kondisi kulit muka yang parah. YNWA. :p

5. Kalau kondisi mukamu sudah membaik, ingat untuk tetap merawatnya, tapi tidak perlu berlebihan. Biarkan kulitmu bernapas juga.

6. Jangan lupa berdoa. It'll make you prettier, inside and outside.

Mungkin temen-temen penasaran dengan kondisi kulitku sekarang. Kalo dibadingin dengan kala aku pake krim dokter yaaa beda lah ya. Waktu masih pake krim dokter ya muka flawless, tekstur dan warna kulit rata. Tapi waktu udah berhenti, ya balik lagi ke semula -___- kenikmatan sesaat banget emang krim dokter tuh. Kalo sekarang ya gak seflawless dulu, jerawat ya masih nongol walaupun gak separah dulu. Komedo juga masih ada. Tapi aku lebih nerima keadaan kulitku sekarang, gak papa gak seflawless dulu yang penting aku bebaaaashhhh.

Ini foto terbaru ku, cuma pake BB cream dan marcks (foto diambil setelah 4 jam), aslinya gak seputih ini ya,, biasa efek cahaya matahari dan kamera jaman sekarang. >.<

Sekian postingan kali ini, semoga berhasil ya buat kalian yang pengen lepas dari krim dokter. Good luck! I'll be waiting for your story! Kecup.



30 comments:

  1. Anisaa... haha aku ngakak baca yg pas mang pulsa ganteng... hihihi.. wah post kamu bermanfaat banget... aku juga lagi proses berenti dr dr kulit (eva mulia) krn lama lama aku ngerasa kulitku makin tipis dan sensitif, aku skg jg everyday makeup cm pake concealer sama bedak tabur ristra aja. Emang sih rasanya kaya ga rata gitu, ga seflawless pake foundie...tp aku sendiripu berasa kasian ama kulitku kalo tiap hari bedak segambreng... nice post nis! Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha bener looh shaa. dulu deket rumahku mang pulsanya ganteng :))
      nah iya sha, aku juga ngerasa gitu. apalagi kalo krimnya udah abis dan belum sempet beli, selang berapa hari gak pake tu krim aja muka udah gak enak dipegang. tapi kayanya kulitmu sih udah flawless sha *envy*

      Delete
  2. story dan skincare yang kamu pake mirip sama skincare yang aku pake..
    bener loh, udah pernah ngerasain break out parah bekas dokter rasanya takut buat gontai ganti skincare kaya gitu..
    kadang nyesel juga sih pernah ngerasain nikmatnya krim dari dokter kalo ngeliat kondisi kulit yg sekarang T___T

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget.
      ketergantungannya bikin nyesek.
      :(

      Delete
  3. aku gapernah coba pake krim dokter :")
    facial aja malah yang ada jadi bruntusan, makanya sekarang cuma pake skincare yang udah bener-bener cocok :D

    Oia aku lagi adain sale nih di blog, mampir yaa thankyou :)

    Fairuz Inas
    fairinas.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah keren.
      bagus. jangan deh coba-coba pake krim dokter kalo bisa.

      okee, ntar aku mampir hehe.
      thanks for stopping by.

      Delete
  4. Terus terang bc ini bikin aku lega, sarannya ga effort bgt hahaha, keep posting :)

    ReplyDelete
  5. hai anisa kalau boleh tau timbul beruntusannya setelah berapa hari setelah lepas dari krim dokter ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo kak. mmm mungkin tiap orang beda beda, tapi kalau di aku sih sekitar 1-2 mingguan lepas dari krim dokter.

      Delete
  6. hai kak, mau tanya nih kalo mau beli sabun jf sulfur blemish care dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di dept. store biasa ada kok. kaya di griya/yogya/hypermart.

      Delete
  7. Berarti ini mending pake yg blemish care ya dari pada pada pake yg acne care? Soalnya aku barusan beli yg acne care soalnya di wajahku ada jerawat bruntusan nih. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kurang tau juga ya karena skincare cocok cocokkan. Cocok di aku belum tentu di kamu. Tapi emang trial error sih, aku jg mesti coba sana sini sampai akhirnya dapat yang cocok. Hhe.

      Delete
    2. Aku kurang tau juga ya karena skincare cocok cocokkan. Cocok di aku belum tentu di kamu. Tapi emang trial error sih, aku jg mesti coba sana sini sampai akhirnya dapat yang cocok. Hhe.

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Berarti ini mending pake yg blemish care ya dari pada pada pake yg acne care? Soalnya aku barusan beli yg acne care soalnya di wajahku ada jerawat bruntusan nih. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sudah coba semuanya sih, yg acne care aku gak cocok. kulit wajah langsung kering, tapi beruntus tetap gak hilang. kalau yang blemish lebih lembut dan lebih ampuh buatku :)

      Delete
  10. hai anisa.. baru nemu blog ini udah cinta aja sama cerita kamu wkwk bermanfaat banget. ohiya sebenrnya masalah yang paling berat adalah menemukan cara untuk hilangin bekas jerawat. kamu ngilangin bekas jerawatnya pake apaan ? yang kirakira drugstore yah, thankyou :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kartika!
      Thank you supportnya ya.
      Kalau aku sekarang sih gak maksain bekas jerawat cepat hilang karena sebenernya dia akan hilang dengan sendirinya. Takutnya kalau pake produk macem-macem malah bikin breakout dan malah nongol jerawat yang baru. Paling rutin scrub sama maskeran aja untuk mengangkat kulit mati. Semangat!

      Delete
  11. Kak jadinya kamu pakai skincare apa yaa soalnya muka aku bruntusan komedoan berminya gitu ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau skincare usahain cari yg oil free dan hindari mineral oil. Itu versi aku ya karena aku bukan dokter. Jangan luoa makan sayuran, hindari makanan berminyak, dan minum air putih yg banyak. Semangat ya cantik!

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Kak jadinya kamu pakai skincare apa yaa soalnya muka aku bruntusan komedoan berminya gitu ??

    ReplyDelete
  14. Haloo kak, cobain MS Glow yuk, udah bnyak testimoninya, sudah ada BPOM juga, dulu namanya cantik skincare, bisa cek di IG : msglowcenter

    ReplyDelete
  15. Haloo kak, cobain MS Glow yuk, udah bnyak testimoninya, sudah ada BPOM juga, dulu namanya cantik skincare, bisa cek di IG : msglowcenter

    ReplyDelete
  16. Thank u anisa, postingannya inspiring banget buatku yg mau lepas dr krim dokter hihi ;3

    ReplyDelete
    Replies
    1. glad that I can help you. Semangat terus!

      Delete
  17. Hai kak, aku juga lg berjuang lepas dr krim dokter nih (pake krim dokter sejak 2010, lama bgt ya). Udah sebulan lebih gapernah pake krim malamnya, trs udah seminggu ini gapernah pake krim paginya tp sampe skrg masih pake fw dr dokter. Mukaku yg awalnya berminyak jd kering bgt (walaupun ga sampe ngelupas) trs jd kasar gitu kalo dipegang huhu so sad. Dan kadang muncul gatel kadang hilang hiks. Rencananya mau pake NR Aloe vera gel masih pesen di althea tp smp skrg blm dtg (gegara beacukai lg ketat huhu). Baiknya ak lgsg isi kekosongan skincare aku atau nunggu muka netral ga merasa gatal lg yah kak? Karena semenjak lepas dr krim dokter mukaku bare gapake produk apa2 cuma pake bedak marcks klo mau keluar rumah. Mohon pencerahannya kak:)

    ReplyDelete
  18. Kak saya sdh memakai cream racikan krng lbh 2 tahun dan saya berniat ingin berhenti krn cream yg sy pake tdk mengandung spf,sy takut klo nanti kulit sy jd rusak gara2 sinar uv, belum terlambat kan kalo sy berhenti dan nyari skin care yang cocok? .. mohon bimbingannya yaa trmksh ��

    ReplyDelete