kursor

Poka Dotted Bow Tie Pink Ribbon

Thursday, 30 October 2014

HOMEMADE : Masker Bengkoang

Sejarang-jarangnya aku mainan make up, tapi gak akan pernah ngelewatin ritual yang satu ini. Yap, maskeran!
Rasanya kalo udah maskeran tuh kaya menyucikan kembali muka dari dosa-dosa selama ini (panas-panasan, kena debu, dsb dsb). Selama ini, aku belum nemu masker drugstore yang cocok, jadi aku selalu pakai bahan-bahan alami, karena kerasa aja bedanya. Kalau pake masker-masker yang sudah tersedia di drugstore, setelah dibilas, tekstur muka tuh keset banget which is aku gak suka. 
Sudah banyak berbagai macam bahan alami yang aku jadiin masker, yaaa tinggal ke dapur, comot sana sini juga jadi. Tapi yang jadi andalanku ada 3, masker lemon + brown sugar + madu, masker putih telur, dan masker bengkoang.

Hmm, yang terakhir sih di drugstore juga banyak ya. Banyak banget masker bengkoang yang dijual di pasaran. Tapi aku masih mikir-mikir juga makenya. Prinsipku, kalau masih bisa pakai yang alami, kenapa nggak. Jadi akhirnya aku browsing sana sini, dan menemukan cara membuat masker bengkoang, dan akhirnya berhasil! Yeppieieieee. Masker inipun masih jadi andalanku sampai sekarang.

Okei, bahan-bahan yang kamu perluin untuk bikin masker bengkuang adalah bengkoang dan..... udah sih itu aja. Iya, kamu cuma butuh bengkoang, bebbas berapa banyaknya, tergantung berapa banyak masker yang ingin kamu buat.

Setelah itu, kamu blender, parut, atau apapun itu. Kalo aku sendiri, aku pakai juicer. nanti kamu akan dapat airnya seperti ini :


Nanti.. jika ditunggu beberapa menit, akan terdapat dua bagian. Bagian bawah dan atas. Bagian bawah adalah endapan atau sarinya. Jadi ada dua cara untuk mendapatkan masker bengkuang. Kamu bisa langsung menggunakan endapannya tersebut (airnya dibuang saja) sebagai masker, atau kamu ingin menjadikannya masker bubuk.


Untuk menjadikannya sebagai masker bubuk, berarti ada tahapan selanjutnya yaitu pengeringan! Jadi, endapan tersebut kamu jemur hingga mengeras dan menjadi seperti ini :



Tampak seperti masker umumnya kan? :p jadi kalau dalam bentuk bubuk begini (walaupun belum bubuk2 amat), kamu bisa simpan dan pakai kapanpun kamu mau!

Hasilnya? Wajah lembut, halus, dan tentu aja...cerah! Walaupun tidak signifikan, tapi yang penting aman kan? Kamu bisa pakai masker ini 2x dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat, dear.
XOXO!

18 comments:

  1. Wah makasi tips cara buat masker bubuknya. Aku baru tau cara pembuatannya karena artikel yang kamu buat.

    www.aloha-bebe.com

    ReplyDelete
  2. Aku suka pakai ini. Tapi ga pake proses pengeringan. Kalau dikeringin gini lebih praktis yak. Besok coba ah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. Dl jga ak pk endapannya.. Cm pgn praktis jd dikeringin. Ayo ayo dicoba :D

      Delete
  3. Terimakasih informasinya :)
    http://goo.gl/fU53I1

    ReplyDelete
  4. Kaak, kalo untuk buah lain seperti tomat, wortel dll nya cara nya seperti itu juga kah ?
    Terus kalo mau ditambah madu gmn yaa untuk jadi masker bubuk nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo yuan.
      aku belum pernah coba sih. tapi mungkin bisa ya karena tomat juga kalau di jus kan ada endapannya.
      tapi kalau untuk madu, aku gak yakin takutnya malah gak jadi.

      makasih ya udah mampir.

      Delete
  5. Pernah nyoba bikin blushon dari wortel gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah belum pernah, malah aku belum pernah denger sih.
      thanks infonya ya.

      Delete
  6. Replies
    1. Halo Miftakhul. Untuk masker kayaknya lebih bagus seminggu maks 2x. Kasian juga kulitnya kalau tiap hari dimasker. Takutnya nanti malah jd kering.. :)

      Delete
    2. Bekas2 jerawat bruntusan biar cepet ilang pakai apa kak? ._.

      Delete
  7. Sangat bermanfaat makasih mba.
    Namun , menurut mbak apakah baik apabila memakai masker bengkoang handmade ini digunakan semalaman?/ diangkat lebih dari 30 menit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Melvin.
      Kalau menurutku yang namanya masker jangan terlalu lama digunakan karena bisa bikin kulit kering juga. Pakai sewajarnya aja, sekitar 15-20 menit. :)

      Delete
    2. Waktu mau nge- blender bengkoang nya pake air atau ngga?

      Delete